THE Integrasi Teori dan Praktek Pembelajaran
1. Perhatikan Langkah-langkah pembelajaran Siswa kelas 2 SD berikut!
1. Siswa menyiapkan alat-alat yang akan digunakan dalam mengikuti proses pembelajaran
2. Siswa melakukan tanya jawab dengan guru terkait materi yang sudah dibahas pada pertemuan sebelumnya
3. Siswa mengamati contoh donat, puding yang disajikan oleh guru pada power point yang ditayangkan melalui LCD
4. Siswa bersama guru melakukan kegiatan tanya jawab terkait gambar cerita yang ditayangkan
5. Siswa menyimak tayangan vidio tentang praktik membuat kartu pecahan pada power point
6. Siswa menyimak petunjuk atau rambu-rambu dalam menyusun produk pembuatan kartu pecahan
7. Siswa menyusun langkah-langkah praktek membuat pecahan dalam LKPD yang telah disiapkan
8. Guru memonitoring kegiatan siswa dalam menyelesaikan proyek (membuat kartu pecahan) dan melakukan penilaian
9. Siswa mempresentasikan perkembangan proyek yang dibuatnya bersama kelompok
10. Setelah semua siswa melakukan presentasi terhadap kartu pecahan, siswa menyimpulkan cara bentuk-bentuk pecahan, mengurutkannya dan membandingkannya
Berdasarkan tahapan pembelajaran tersebut, selanjutnya Anda analisis berdasarkan teori belajar konstruktivisme dilihat dari segi: a) prinsip belajar; b) implikasi dan aplikasi dalam pembelajarannya!
2. Bu Intan bertugas di sekolah perkotaan dengan sarana TIK sangat memadai. Permasalahan yang dihadapi adalah kondisi kepemilikan gawai siswa yang heterogen serta keinginan siswa untuk segera kembali masuk sekolah seperti biasa. Solusi yang diambil adalah pembelajaran dilakukan dengan mengunjungi siswa yang tidak punya gawai dan menerapkan pembelajaran daring bagi siswa yang memiliki akses internet. Platform yang digunakan adalah Google Classroom dengan kombinasi konten yang disediakan pada blog pribadi. Untuk mengatasi kerinduan siswa ke sekolah, Bu Intan juga menyelenggarakan tatap muka secara daring.
Berdasarkan kasus tersebut, selanjutnya Anda analisis:
a. bentuk pembelajaran yang dilakukan Bu Intan jika dikaitkan dengan respons, stimulus, dan kebiasaan pada teori belajar Behavioristik!
b. asumsi dasar dari teori belajar Behavioristik dikaitkan dengan pembelajaran yang dilakukan Bu Intan!
3. Cermati Teks Berikut:
Berdasarkan teks tersebut, selanjutnya Anda analisis proses pembelajarannya kemudian tentukan beberapa kecerdasan majemuk yang dikembangkan dan berikan alasannya!
4. Cermati proses pembelajaran berikut!
Berdasarkan tahapan kegiatan pembelajaran tersebut, selanjutnya Anda analisis:
a. prinsip-prinsip pembelajaranya berdasarkan prinsip pembelajaran Tyler atau Gagne (pilih salah satu)!
b. implikasinya terutama bagi guru! Dukung analisis Anda dengan beberapa referensi!