Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Pretest Pedagogik Umum PPG Daljab 2023


Soal 1
Menurut Piaget, tahap perkembangan intelektual siswa sekolah menengah termasuk ke dalam tahap …

A. sensorik motorik
B. pra-operasional
C. operasional konkret
D. operasional formal

Jawaban: D

Soal 2
Dalam pembelajaran di kelas, terdapat beberapa siswa yang mampu menentukan banyaknya titik sudut
pada bangun ruang berbentuk kubus dengan cara membayangkannya. Potensi siswa tersebut dari aspek kecerdasannya tergolong ke dalam kecerdasan …

A. kinestetik
B. spasial-visual
C. matematika-logis
D. intrapersonal

Jawaban: B

Soal 3
Pembelajaran akan lebih efektif jika guru mengetahui terlebih dahulu karakteristik siswa terutama dari
kemampuan awal yang dimilikinya. Berikut merupakan cara untuk menentukan kemampuan awal siswa, kecuali …
A. memberikan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari terdahulu pada awal
pembelajaran
B. memberikan pretes pada awal pembelajaran menggunakan instrumen yang memadai tentang materi
yang telah dipelajari terdahulu
C. pada awal pembelajaran, siswa diminta untuk menuliskan kesulitan-kesulitan belajar tentang materi
yang telah dipelajarinya terdahulu
D. pada awal pembelajaran, siswa diminta untuk menuliskan testimoni tentang pembelajaran yang telah
dilaksanakan sebelumnya

Jawaban: D

Soal 4
Struktur materi ajar atau pengetahuan berupa prosedur fisik idealnya dapat disampaikan oleh guru
dalam pembelajaran melalui metode …

A. demonstrasi
B. inkuiri
C. pengamatan
D. eksperimen

Jawaban: A

Soal 5
Tujuan pembelajaran dari kompetensi dasar mata pelajaran dijabarkan langsung dari …

A. Kompetensi dasar
B. Kurikulum
C. Indikator
D. Standar Kopetensi

Jawaban: C

Soal 6
Berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Departemen Pendidikan Nasional tahun 2010- 2014, untuk
dapat memberikan pelayanan prima. Salah satu yang perlu dilakukan adalah pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) yang dilakukan melalui pendayagunaan ICT di bidang pendidikan yang mencakup peran dibawah ini, kecuali ...

A. ICT Sebagai Substansi Pendidikan
B. Alat Bantu Pembelajaran, Fasilitas Pendidikan
C. Standar Kompetensi, Penunjang Administrasi Pendidikan
D. Alat Bantu Manajemen Satuan Pendidikan, dan Infrastruktur Pendidikan.
E. Pengembangan bakat dan daya kreativitas siswa

Jawaban: E

Soal 7
Pemanfaatan fasilitas internet dalam pembelajaran yang digunakan untuk berkorespondensi antara
seseorang dengan lainnya di mana pun dan kapan pun meraka berada. Dengan fasilitas ini mereka dapat saling mengirim dan menerima surat, gambar, suara, dan video. Fasilitas ini dapat pula mengirim lampiran berupa file yang berisi teks atau gambar. Selain itu, dengan fasilitas ini, pengguna dapat pula mengarsipkan surat-surat yang diangap penting dengan menyimpannya pada folder yang disediakan untuk itu disebut dengan …

A. Teleconverence
B. Email
C. Website
D. Chatting
E. Browsing

Jawaban: B

Soal 8
Kegiatan guru dalam: melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam; belajar dari aneka sumber. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain. Memfasilitasi terjadinya interaksi antar-peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya. Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan disebut kegiatan …

A. Elaborasi
B. Eksplorasi
C. Konfirmasi
D. Browsing
E. Contextual teaching learning

Jawaban: B

Soal 9
Salah satu contoh kegiatan guru dalam kegiatan elaborasi dalam komunikasi pembelajaran dengan para
siswa, yaitu …

A. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupunhadiah terhadap keberhasilan peserta didik
B. Menfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
C. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
D. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
E. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar

Jawaban: B

Soal 10
Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal, yaitu dengan alur sebagai berikut …

A. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2.penyiapan kondisi psilogis peserta didik 3 respons peserta didik untuk merespons; 4. reaksi guru terhadap respons peserta didik.
B. reaksi guru terhadap respons peserta didik; 2. penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 3.memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 4. respons peserta didik untuk merespons.
C. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2.respons peserta didik untuk merespons; 3. reaksi guru terhadap respons peserta didik; 4. penyiapan kondisi psilogis peserta didik.
D. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2.respons peserta didik untuk merespons; 3. reaksi guru terhadap respons peserta didik; 4. penyiapan kondisi psilogis peserta didik.
E. penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 2. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 3. respons peserta didik untuk merespons; 4. reaksi guru terhadap respons peserta didik.

Jawaban: E