Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Essay dengan AI untuk Beasiswa Unggulan

Untuk membuat essay dengan AI sebagai persyaratan untuk mengajukan beasiswa unggulan adalah sebagai berikut:

  • Pertama kali silahkan kunjungi laman ChatGPT di laman https://chat.openai.com/
  • Kemudian ketikkan promt untuk pembuatan essay nya yaitu misalnya: " Saya Andika, seorang Mahasiswa Baru di Kampus Universitas A, Fakultas Bahasa, Sastra dan Seni, Program studi Pendidikan Bahasa Indonesia.  Saya berasal dari Kota B di Provinsi C. Buatkan saya sebuah karya tulis berupa essay menggunakan Bahasa Indonesia, dengan ketentuan: a) Judul/tema: “Kontribusiku untuk Indonesia setelah menyelesaikan studi”; b) essay terdiri dari 1 500 kata; c) essay meliputi; deskripsi diri, deskripsi peran apa yang akan dilakukan, dan deskripsi cara mewujudkan peran tersebut" 

  • Kemudian silahkan salin hasil essay tersebut ke microsoft word, lakukan parafrase atau edit dulu dengan kata-kata sendiri atau ditambahkan dengan kalimat sendiri agar tidak terdeteksi hasil dari AI, karena kemdikbudristek akan mendeteksi hasil essay kalian. 

  • Setelah selesai diedit dan diparafrase baru pastekan ke kolom pembuatan essay di laman beasiswa unggulan.
Catatan : Jangan copy paste hasil dari AI secara utuh, dipastikan kalian akan gagal dalam seleksi administrasi beasiswa unggulan. AI hanya membantu konsep pembuatanb essay, namun bagaimana kontribusi kalian nanti silahkan dikembangkan sesuai harapan kalian, jangan dipakai seutuhnya dari AI. Tetap harus diedit dan diparafrase.