Kunci Jawaban Ujian Akhir Pembatik Level 2 2023
Untuk mempersiapkan Ujian Akhir Pembatik Level 2 Tahun 2023, silahkan pelajari beberapa soal di bawah ini. Di akhir halaman ada link untuk kunci jawaban Ujian Akhir Pembatik Level 2 Tahun 2023. Berikut soal-soal untuk persiapan Ujian Pembatik Level 2 2023 beserta kunci jawaban:
Modul 5:
1. Faktor yang menjadi pendukung utama dalam pelaksanaan pembelajaran digital adalah…
a. kebutuhan peserta didik untuk memperoleh pembelajaran yang kontekstual dan relevan
b. meningkatnya kemampuan profesional guru setelah mengikuti program pelatihan
c. berkembangnya teknologi terbaru yang masih belum dioptimalkan penggunaannya
d. berkembangnya kebijakan dinas pendidikan untuk memberikan bantuan TIK di sekolah
e. tumbuhnya motivasi kepala sekolah untuk menjadikan sekolahnya sebagai sekolah penggerak atau sekolah contoh
a. kebutuhan peserta didik untuk memperoleh pembelajaran yang kontekstual dan relevan
b. meningkatnya kemampuan profesional guru setelah mengikuti program pelatihan
c. berkembangnya teknologi terbaru yang masih belum dioptimalkan penggunaannya
d. berkembangnya kebijakan dinas pendidikan untuk memberikan bantuan TIK di sekolah
e. tumbuhnya motivasi kepala sekolah untuk menjadikan sekolahnya sebagai sekolah penggerak atau sekolah contoh
2. Guru menggunakan fasilitas kelas digital Google Classroom dan Google Form untuk memberikan pengayaan dan remedial bagi peserta didik yang membutuhkan, di luar jam mengajarnya. Contoh di atas adalah penerapan pembelajaran digital sesuai fungsi ….
a. personalisasi
b. akselerasi
c. subtitusi
d. suplemen
e. komplemen
a. personalisasi
b. akselerasi
c. subtitusi
d. suplemen
e. komplemen
3. Salah satu aktivitas belajar di kelas digital (LMS) adalah peserta didik mempelajari materi tertentu secara mandiri dan asinkron melalui video pembelajaran yang ditautkan di LMS tersebut. Ranah (domain) TPACK yang dominan pada aktivitas belajar tersebut adalah ….
a. TK (technological knowledge)
b. PK (pedagogical knowledge)
c. TPK (technological and pedagogical knowledge)
d. TCK (technological and content knowledge)
e. PCK (pedagogical and content knowledge)
a. TK (technological knowledge)
b. PK (pedagogical knowledge)
c. TPK (technological and pedagogical knowledge)
d. TCK (technological and content knowledge)
e. PCK (pedagogical and content knowledge)
4. Pada masa pandemi, banyak peserta didik yang merasakan kurangnya interaksi belajar dengan teman sebaya. Salah satu aktivitas pembelajaran digital yang dapat dirancang guru untuk meningkatkan interaksi antar peserta didik adalah ….
a. melaksanakan pembelajaran berbasis masalah dan hasilnya dipresentasikan oleh tim melalui aplikasi vicon
b. memberikan tugas observasi lingkungan rumah individu dan didokumentasikan (foto dan video)
c. memberikan soal kuis sebagai persiapan belajar melalui aplikasi digital dan memberikan hadiah kepada pemenang
d. merekam video penjelasan materi kemudian membagikannya kepada grup komunikasi peserta didik
e. memanfaatkan siaran radio daerah untuk menjangkau peserta didik yang sulit mengakses internet
a. melaksanakan pembelajaran berbasis masalah dan hasilnya dipresentasikan oleh tim melalui aplikasi vicon
b. memberikan tugas observasi lingkungan rumah individu dan didokumentasikan (foto dan video)
c. memberikan soal kuis sebagai persiapan belajar melalui aplikasi digital dan memberikan hadiah kepada pemenang
d. merekam video penjelasan materi kemudian membagikannya kepada grup komunikasi peserta didik
e. memanfaatkan siaran radio daerah untuk menjangkau peserta didik yang sulit mengakses internet
5. Pembelajaran digital pun dapat dilakukan di kelas konvensional, tidak selalu jarak jauh. Contoh penerapan pembelajaran digital secara klasikal yang tepat adalah sebagai berikut, kecuali ….
a. pemanfaatan sumber belajar digital di kelas
b. melakukan asesmen daring dengan aplikasi google form di kelas
c. melakukan diskusi melalui konferensi video di kelas
d. pencarian referensi materi melalui internet browser di kelas
e. penggunaan aplikasi kuis daring sebagai ice-breaking sebelum memulai kelas
6. Salah satu peranan yang dapat dilakukan oleh dinas pendidikan daerah sebagai pemangku kebijakan untuk mendukung implementasi pembelajaran digital adalah ….a. pemanfaatan sumber belajar digital di kelas
b. melakukan asesmen daring dengan aplikasi google form di kelas
c. melakukan diskusi melalui konferensi video di kelas
d. pencarian referensi materi melalui internet browser di kelas
e. penggunaan aplikasi kuis daring sebagai ice-breaking sebelum memulai kelas
a. mendaftarkan semua sekolah di daerahnya menjadi sekolah penggerak
b. mendata semua guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik sebagai penerima bantuan TIK
c. memastikan infrastruktur dan perangkat pembelajaran digital merata aksesnya
d. mengganti kurikulum yang berlaku dengan membuat desentralisasi kurikulum digital
e. memastikan semua sekolah memiliki web sekolah dan pendataan terpusat
b. mendata semua guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik sebagai penerima bantuan TIK
c. memastikan infrastruktur dan perangkat pembelajaran digital merata aksesnya
d. mengganti kurikulum yang berlaku dengan membuat desentralisasi kurikulum digital
e. memastikan semua sekolah memiliki web sekolah dan pendataan terpusat
7. Guru harus terampil menggunakan teknologi digital sehingga dapat memanfaatkan kelebihan teknologi dalam mengelola pembelajaran dengan lebih efisien. Berikut adalah contoh pemanfaatan teknologi digital oleh guru dalam mengelola pembelajaran, kecuali ….
a. mengumpulkan portofolio hasil belajar siswa di LMS
b. mengikuti program keprofesian berkelanjutan secara daring
c. melakukan asesmen diagnostik melalui platform Merdeka Mengajar
d. mengoreksi hasil ujian menggunakan program aplikasi digital
e. berkolaborasi dengan pihak sekolah dan dinas membuat e-rapor
a. mengumpulkan portofolio hasil belajar siswa di LMS
b. mengikuti program keprofesian berkelanjutan secara daring
c. melakukan asesmen diagnostik melalui platform Merdeka Mengajar
d. mengoreksi hasil ujian menggunakan program aplikasi digital
e. berkolaborasi dengan pihak sekolah dan dinas membuat e-rapor
8. Evaluasi pembelajaran digital tidak hanya dilakukan di akhir proses belajar, tapi perlu dilakukan sepanjang proses persiapan hingga implementasinya. Salah satu tujuannya adalah untuk mengetahui kesiapan dan kebutuhan peserta didik dalam penyusunan kegiatan belajar. Evaluasi ini termasuk dalam jenis evaluasi ….
a. program
b. eksternal
c. diagnostik
d. formatif
e. sumatif
a. program
b. eksternal
c. diagnostik
d. formatif
e. sumatif
9. Evaluasi yang dilakukan guru untuk mengukur capaian pengetahuan hasil belajar dengan memanfaatkan teknologi digital seperti Google Form akan membantu meningkatkan efektivitas proses dalam hal ….
a. pengelolaan (pengolahan dan portofolio)
b. daya tarik belajar bagi peserta didik
c. pencarian sumber belajar digital
d. memudahkan mengecek keikutsertaan
e. peningkatan mutu pendidikan
a. pengelolaan (pengolahan dan portofolio)
b. daya tarik belajar bagi peserta didik
c. pencarian sumber belajar digital
d. memudahkan mengecek keikutsertaan
e. peningkatan mutu pendidikan
10. Salah satu bentuk kolaborasi yang berkelanjutan (sustainable) antar pemangku kepentingan (stakeholders) di daerah supaya implementasi pembelajaran digital terjadi secara optimal dan relevan/kontekstual sesuai dengan potensi lokal adalah...
a. meningkatkan anggaran pendidikan daerah untuk dibelanjakan perangkat TIK yang paling terbaru
b. menerapkan kurikulum digital berbasis pendekatan TPACK untuk seluruh sekolah tanpa terkecuali
c. memperbaiki sarana dan prasarana sekolah, memastikan semua sekolah memiliki aliran listrik
d. mengembangkan beragam bahan belajar digital secara terpusat lalu didistribusikan ke seluruh sekolah
e. meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan TPACK melalui program pelatihan berkelanjutan
Modul 6:a. meningkatkan anggaran pendidikan daerah untuk dibelanjakan perangkat TIK yang paling terbaru
b. menerapkan kurikulum digital berbasis pendekatan TPACK untuk seluruh sekolah tanpa terkecuali
c. memperbaiki sarana dan prasarana sekolah, memastikan semua sekolah memiliki aliran listrik
d. mengembangkan beragam bahan belajar digital secara terpusat lalu didistribusikan ke seluruh sekolah
e. meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan TPACK melalui program pelatihan berkelanjutan
1. Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran baru nanti, kemendikbudristek menyiapkan 3 jalur pilihan sesuai satuan pendidikan yang sudah disesuaikan dengan kondisi dan situasi dari masing-masing satuan Pendidikan, yaitu:
a. Mandiri Belajar, Mandiri Berbagi dan Mandiri Berubah
b. Mandiri Belajar, Mandiri Berubah dan Mandiri Berkolaborasi
c. Mandiri Berubah, Mandiri Berbagi dan Mandiri Bergotong-Royong
d. Mandiri Berubah, Mandiri Berbagi dan Mandiri Bekerjasama
e. Mandiri Berubah, Mandiri Berkolaborasi dan Mandiri Bergotongroyong
a. Mandiri Belajar, Mandiri Berbagi dan Mandiri Berubah
b. Mandiri Belajar, Mandiri Berubah dan Mandiri Berkolaborasi
c. Mandiri Berubah, Mandiri Berbagi dan Mandiri Bergotong-Royong
d. Mandiri Berubah, Mandiri Berbagi dan Mandiri Bekerjasama
e. Mandiri Berubah, Mandiri Berkolaborasi dan Mandiri Bergotongroyong
2. Manfaat dengan adanya pusat sumber belajar adalah...
a. Penyimpanan, pelayanan, penyajian dan kolaborasi
b. Penyimpanan, pelatihan, pembaharuan dan berbagi
c. Penyimpanan, pelayanan, pemasaran, kolaborasi
d. Pelayanan, pelatihan, pemasaran dan pembaharuan
e. Pembaharuan, pemasaran, kolaborasi, pembaharuan
a. Penyimpanan, pelayanan, penyajian dan kolaborasi
b. Penyimpanan, pelatihan, pembaharuan dan berbagi
c. Penyimpanan, pelayanan, pemasaran, kolaborasi
d. Pelayanan, pelatihan, pemasaran dan pembaharuan
e. Pembaharuan, pemasaran, kolaborasi, pembaharuan
3. Platform Merdeka Mengajar memiliki fitur/menu yang dapat membantu pengembangan kompetensi guru dan menunjang kegiatan belajar mengajar, yaitu:
a. Asesmen Murid, Komunitas, Bukti Karya dan Sumber Belajar
b. Perangkat Ajar, Pelatihan Mandiri, Sumber Belajar dan Edugame
c. Asesmen Murid, Pelatihan Mandiri, Perangkat Ajar dan Komunitas
d. Perangkat Ajar, Pelatihan Mandiri, Edugame dan Bukti Karya
e. Asesmen Murid, Sumber Belajar, Bukti Karya dan Video Inspirasi
a. Asesmen Murid, Komunitas, Bukti Karya dan Sumber Belajar
b. Perangkat Ajar, Pelatihan Mandiri, Sumber Belajar dan Edugame
c. Asesmen Murid, Pelatihan Mandiri, Perangkat Ajar dan Komunitas
d. Perangkat Ajar, Pelatihan Mandiri, Edugame dan Bukti Karya
e. Asesmen Murid, Sumber Belajar, Bukti Karya dan Video Inspirasi
4. Menu Perangkat Ajar pada PMM merupakan menu yang memuat berbagai materi pendukung dalam kegiatan pembelajaran Guru di sekolah berupa:
a. Modul Kelas
b. Sumber Belajar
c. Edugame
d. Modul dan Bahan Ajar
e. Praktik Baik
a. Modul Kelas
b. Sumber Belajar
c. Edugame
d. Modul dan Bahan Ajar
e. Praktik Baik
5. Diferensiasi konten dalam pembelajaran terdiferensiasi dilakukan dengan cara:
a. Memberikan konten yang sama kepada semua peserta didik
b. Menyediakan sumber belajar yang variatif sesuai dengan materi ajar yang dipelajari
c. Menggunakan berbagai metode pengajaran yang fleksibel
d. Mempertimbangkan preferensi gaya belajar peserta didik
e. Menggunakan PMM sebagai sumber belajar digital
a. Memberikan konten yang sama kepada semua peserta didik
b. Menyediakan sumber belajar yang variatif sesuai dengan materi ajar yang dipelajari
c. Menggunakan berbagai metode pengajaran yang fleksibel
d. Mempertimbangkan preferensi gaya belajar peserta didik
e. Menggunakan PMM sebagai sumber belajar digital
6. Asesmen yang bertujuan untuk mengetahui kesiapan belajar peserta didik dalam mempelajari materi dan pencapaian tujuan pembelajaran, merupakan:
a. Asesmen Kelas
b. Asesmen Sekolah
c. Asesmen Sumatif
d. Asesmen Nasional
e. Asesmen Awal
a. Asesmen Kelas
b. Asesmen Sekolah
c. Asesmen Sumatif
d. Asesmen Nasional
e. Asesmen Awal
7. Asesmen yang dilakukan untuk memastikan ketercapaian keseluruhan tujuane pembelajaran merupakan:
a. Asesmen Kelas
b. Asesmen Sekolah
c. Asesmen Sumatif
d. Asesmen Nasional
e. Asesmen Awal
Tes Akhir Modul a. Asesmen Kelas
b. Asesmen Sekolah
c. Asesmen Sumatif
d. Asesmen Nasional
e. Asesmen Awal
1. Pendapat dari Slameto tentang lingkungan belajar yaitu …
a. prestasi belajar peserta didik dapat dipengaruhi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat
b. segala yang ada di sekeliling individu yang memiliki pengaruh tertentu
c. merupakan sesuatu yang ada di luar individu, walaupun ada juga yang mengatakan bahwa ada lingkungan yang terdapat dalam individu
d. semua yang ada di lingkungan peserta didik yang dapat memberikan pengaruh kepada tingkah laku individu
e. suatu pemicu perubahan tingkah laku pada individu melalui interaksi dengan lingkungannya
a. prestasi belajar peserta didik dapat dipengaruhi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat
b. segala yang ada di sekeliling individu yang memiliki pengaruh tertentu
c. merupakan sesuatu yang ada di luar individu, walaupun ada juga yang mengatakan bahwa ada lingkungan yang terdapat dalam individu
d. semua yang ada di lingkungan peserta didik yang dapat memberikan pengaruh kepada tingkah laku individu
e. suatu pemicu perubahan tingkah laku pada individu melalui interaksi dengan lingkungannya
2. Salah satu kelemahan dari pembelajaran dalam jaringan (daring) yaitu ...
a. Peserta didik dapat mengakses sumber belajar melimpah dari internet
b. Pembimbingan dapat dilangsungkan dengan baik kepada tiap peserta didik
c. Mudah melakukan pemantauan terhadap aktivitas peserta didik dalam belajar
d. Keberhasilan sulit dicapai jika fasilitas kuota dan perangkat tidak tersedia
e. Kemandirian dan interaksi peserta didik dapat terdorong lebih baik
a. Peserta didik dapat mengakses sumber belajar melimpah dari internet
b. Pembimbingan dapat dilangsungkan dengan baik kepada tiap peserta didik
c. Mudah melakukan pemantauan terhadap aktivitas peserta didik dalam belajar
d. Keberhasilan sulit dicapai jika fasilitas kuota dan perangkat tidak tersedia
e. Kemandirian dan interaksi peserta didik dapat terdorong lebih baik
3. Metode pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran secara daring dikenal dengan istilah …
a. hybrid learning
b. blended learning
c. flipped learning
d. simulation learning
4. Fitur pada LMS yang menyediakan chart atau hasil yang dapat memudahkan pendidik melacak perkembangan peserta didiknya adalah fitur ….
a. antarmuka
b. laporan
c. ruang diskusi
d. konferensi video
e. ujian daring
a. antarmuka
b. laporan
c. ruang diskusi
d. konferensi video
e. ujian daring
5. Salah satu LMS yang dapat diakses menggunakan akun pembelajaran adalah…
a. Moodle
b. Microsoft Teams
c. Schoology
d. Kelas Maya
e. Google Classroom
6. Berikut ini yang bukan merupakan tujuan pengintegrasian TIK dalam pembelajaran, adalah ...a. Moodle
b. Microsoft Teams
c. Schoology
d. Kelas Maya
e. Google Classroom
a. Mencapai tujuan pembelajaran dengan efisien
b. Membangun keterampilan TIK peserta didik
c. Melatih kemampuan komunikasi peserta didik
d. Mengajak peserta didik berkolaborasi aktif
e. Mencapai prestasi belajar yang terbaik
b. Membangun keterampilan TIK peserta didik
c. Melatih kemampuan komunikasi peserta didik
d. Mengajak peserta didik berkolaborasi aktif
e. Mencapai prestasi belajar yang terbaik
7. Salah satu metode pembelajaran yang disarankan untuk membangun keterampilan abad 21 melalui pemberian berbagai ragam dan jenis bahan belajar yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran adalah metode ...
a. Resources based learning
b. Colaborative based learning
c. Simulation based learning
d. Project based learning
e. Problem based learning
a. Resources based learning
b. Colaborative based learning
c. Simulation based learning
d. Project based learning
e. Problem based learning
8. Berdasarkan Permendikbudristek Nomor 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses, yang bukan merupakan karakteristik pelaksanaan pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka adalah ...
a. Pembelajaran interaktif
b. Pembelajaran kolaboratif
c. Pembelajaran inspiratif
d. Pembelajaran menyenangkan
e. Pembelajaran menantang
a. Pembelajaran interaktif
b. Pembelajaran kolaboratif
c. Pembelajaran inspiratif
d. Pembelajaran menyenangkan
e. Pembelajaran menantang
9. Pelaksanaan pembelajaran dimana membedakan kegiatan peserta didik dalam aktivitas mereka, merupakan pembelajaran terdiferensiasi yang menggunakan aspek ....
a. Konten
b. Produk
c. Proses
d. Lingkungan
e. Kemampuan
a. Konten
b. Produk
c. Proses
d. Lingkungan
e. Kemampuan
10. Kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran untuk meninjau kembali dengan lebih rinci pembelajaran yang sudah dilakukan, adalah pengertian dari ....
a. Asesmen
b. Evaluasi
c. Refleksi
d. Praktik Baik
e. Pengembangan
a. Asesmen
b. Evaluasi
c. Refleksi
d. Praktik Baik
e. Pengembangan