Soal Ujian Akhir Level 2 Pembatik 2023
Soal 1: Berikut ini adalah manfaat dari penggunaan media pembelajaran berteknologi digital dalam pembelajaran bagi guru dan peserta didik, kecuali ….
a. memudahkan komunikasi antara guru dan peserta didik walau tidak bertatap muka langsung
b. meningkatkan interaksi dan kolaborasi dalam pembelajaran
c. memberikan suasana yang nyaman dan tenang di dalam kelas sehingga peserta didik tidak akan ramai
d. membantu guru dalam memfasilitasi peserta didik untuk dapat menggali idenya (berpikir kritis) dalam pembelajaran
e. menciptakan pembelajaran yang efisien karena materi dapat diakses di mana saja dan kapan saja
b. meningkatkan interaksi dan kolaborasi dalam pembelajaran
c. memberikan suasana yang nyaman dan tenang di dalam kelas sehingga peserta didik tidak akan ramai
d. membantu guru dalam memfasilitasi peserta didik untuk dapat menggali idenya (berpikir kritis) dalam pembelajaran
e. menciptakan pembelajaran yang efisien karena materi dapat diakses di mana saja dan kapan saja
Soal 2: Bu Ani adalah seorang guru yang sudah mengajar selama hampir 20 tahun dan telah memanfaatkan berbagai media pembelajaran yang bervariasi di dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Bu Ani menyadari bahwa murid zaman sekarang sangat menyukai media pembelajaran yang interaktif sehingga beliau berusaha menggunakan media interaktif dari sumber belajar untuk media mengajar di kelas. Metode ACTION yang harus dipertimbangkan dalam memilih media pembelajaran sesuai kondisi tersebut adalah ….
a. Access
b. Technology
c. Interactivity
d. Cost
e. Novelty
Soal 3: Perhatikan gambar berikut!
Video : https://guru.kemdikbud.go.id/video-inspirasi/playlists/video/?id=51&video=NiE6vRQQz7U
Gambar di atas merupakan salah satu contoh media pembelajaran video dalam bentuk ….
a. animasi tradisional
b. animasi 2D
c. animasi 3D
d. stop motion
e. motion graphic
b. animasi 2D
c. animasi 3D
d. stop motion
e. motion graphic
Soal 4: Perhatikan tabel berikut :
Pasangan yang tepat antara tahapan pembuatan multimedia dengan penjelasannya adalah ….
DDD a. 1-a, 2-b, 3-c
b. 1-b, 2-c, 3-a
c. 1-b, 2-a, 3-c
d. 1-c, 2-b, 3-a
e. 1-c, 2-a, 3-b
Soal 5: Menurut Foreman, beberapa prinsip yang harus diterapkan dalam sebuah game edukasi adalah …
a. active learning, motivation, novelty
b. motivation, action, social
c. active learning, scaffolding, feedback active
d. social, action, transfer
e. technology, interactivity, motivation
Soal
a. pasal 39 ayat (2)
b. pasal 39 ayat (3)
c. pasal 40 ayat (1)
d. pasal 44 ayat (1)
e. pasal 58 ayat (3)
Soal 7: Berikut adalah pernyataan yang BENAR, berdasarkan Cone Of Experience Edgar Dale ….
a. 20 % pemahaman akan diterima oleh peserta didik dengan membaca
b. 70 % pemahaman akan diterima oleh peserta didik dengan melihat dan membaca
c. 50 % pemahaman akan diterima oleh peserta didik dengan melihat dan menulis
d. 90 % pemahaman akan diterima dengan baik oleh peserta didik dengan mempraktikkan
e. 30 % pemahaman akan diterima oleh peserta didik dengan mendengar
Soal 8 : Media yang berupa media yang dapat diproyeksikan (projected visual) dan media yang tidak diproyeksikan (non projected visual) adalah termasuk media ….
a. media Audio
b. media Visual
c. media Audio-Visual
d. media Interaktif
e. media Kombinasi
a. Modul Ajar, Modul Project, Bahan Ajar, Buku Murid
b. Tems, Sway, Augmented Reality, Virtual Reality
c. Sumber Belajar, Pelatihan Mandiri, Perangkat Ajar, Video Inspiratif
d. Kelas Maya, Asesmen Murid, Edugame, Sway
e. Bukti Karya, Laboratorium Maya, Jelajah Angkasa, Virtual Reality
Soal 10: Berikut adalah contoh pemilihan media pembelajaran untuk siswa dengan gaya belajar Auditori, kecuali ….
a. post card
b. siniar
c. podcast
d. radio
e. telepon
SOAL BERIKUTNYA SIMAK (DISINI)