Kunci Jawaban Ujian Pembatik Level 2 Tahun 2023
Soal 1: Tujuan dari digitalisasi sekolah dalam konteks implementasi kurikulum merdeka?
a. Meningkatkan efisiensi pengelolaan sumber daya sekolah
b. Menyediakan akses internet gratis bagi siswa
c. Mengurangi peran guru dalam proses pembelajaran
d. Membuat sekolah terlihat lebih modern
e. Memperluas cakupan materi pembelajaran yang tersedia
Pembahasan:
Tujuan dari digitalisasi sekolah dalam konteks implementasi kurikulum merdeka adalah memperluas cakupan materi pembelajaran yang tersedia. Dengan menggunakan teknologi digital, sekolah dapat mengakses berbagai sumber belajar yang lebih luas, seperti buku digital, video pembelajaran, dan simulasi. Hal ini dapat membantu siswa untuk belajar lebih efektif dan efisien. Selain itu, digitalisasi sekolah juga dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan sumber daya sekolah, seperti keuangan, administrasi, dan dokumentasi.
Soal 2: Bentuk dukungan sinergi antara Kemendikbudristek dan pemerintah daerah dalam implementasi Kurikulum Merdeka adalah……………………..
a. Pemerintah daerah memberikan dana tambahan untuk pelaksanaan kurikulum
b. Kemendikbudristek memberikan bimbingan teknis kepada pemerintah daerah
c. Pemerintah daerah berperan aktif dalam mengembangkan platform digital
d. Kemendikbudristek memberikan sanksi kepada pemerintah daerah yang tidak melaksanakan kurikulum
e. Pemerintah daerah membantu dalam pendampingan langsung implementasi kurikulum
b. Kemendikbudristek memberikan bimbingan teknis kepada pemerintah daerah
c. Pemerintah daerah berperan aktif dalam mengembangkan platform digital
d. Kemendikbudristek memberikan sanksi kepada pemerintah daerah yang tidak melaksanakan kurikulum
e. Pemerintah daerah membantu dalam pendampingan langsung implementasi kurikulum
Pembahasan:
Pemerintah daerah membantu dalam pendampingan langsung implementasi kurikulum, ini juga merupakan bentuk dukungan sinergi yang sangat penting antara Kemendikbudristek dan pemerintah daerah dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka.
Pendampingan langsung ini melibatkan pemerintah daerah dalam memberikan dukungan praktis, arahan, dan bantuan kepada sekolah-sekolah di wilayah mereka dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.
Soal 3: Pengolahan hasil asesmen melibatkan analisis secara kuantitatif dan/atau kualitatif terhadap hasil asesmen. Pengolahan hasil asesmen mencakup perbandingan pencapaian hasil belajar peserta didik dengan:
a. Standar Kualitas Pendidikan
b. Kurikulum Nasional
c. Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
d. Nilai Rata-rata Kelas
e. Hasil Ujian Nasional
Pembahasan:
Pengolahan hasil asesmen mencakup perbandingan pencapaian hasil belajar peserta didik dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah standar yang digunakan untuk mengukur apakah peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dapat berupa nilai, persentase, atau deskripsi.
Berikut adalah beberapa manfaat dari membandingkan pencapaian hasil belajar peserta didik dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran:
- Mengetahui apakah peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
- Mengetahui kekuatan dan kelemahan peserta didik dalam belajar.
- Mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk membantu peserta didik belajar lebih baik.
- Meningkatkan kualitas pembelajaran.
Soal 4: Cara mengakses perangkat ajar secara offline pada Platform Merdeka Mengajar adalah ...
a. Pengguna harus terkoneksi dengan jaringan internet untuk mengakses perangkat ajar.
b. Pengguna perlu mengaktifkan akses offline untuk dapat mengakses perangkat ajar secara offline.
c. Pengguna hanya dapat mengakses perangkat ajar secara offline jika telah mengunduhnya sebelumnya.
d. Semua jawaban di atas benar.
e. Hanya jawaban b dan c benar.
Pembahasan:
Untuk mengakses perangkat ajar secara offline pada Platform Merdeka Mengajar, pengguna perlu melakukan hal-hal berikut:
- Mengaktifkan akses offline.
- Mengunduh perangkat ajar yang akan diakses secara offline.
Pengguna dapat mengaktifkan akses offline dengan cara berikut:
- Buka aplikasi Platform Merdeka Mengajar.
- Klik menu "Profil".
- Scroll ke bawah dan klik "Pengaturan".
- Pada bagian "Akses Offline", geser tombol ke kanan untuk mengaktifkan
a. Modul Ajar/RPP+
b. Bahan Ajar
c. Modul Projek
d. Jawaban a,b,c benar
d. Hanya bahan ajar dan modul projek
Soal 6: Diferensiasi konten dalam pembelajaran terdiferensiasi dilakukan dengan cara:
a. Memberikan konten yang sama kepada semua peserta didik
b. Menyediakan sumber belajar yang variatif sesuai dengan materi ajar yang dipelajari
c. Menggunakan berbagai metode pengajaran yang fleksibel
d. Mempertimbangkan preferensi gaya belajar peserta didik
e. Menggunakan PMM sebagai sumber belajar digital
Pembahasan:
Diferensiasi konten dalam pembelajaran adalah pendekatan di mana guru memberikan materi atau sumber belajar yang berbeda kepada siswa berdasarkan karakteristik dan kebutuhan belajar mereka. Dengan menyediakan sumber belajar yang variatif sesuai dengan materi ajar yang dipelajari, guru memberikan peluang bagi siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik dengan pendekatan yang sesuai untuk masing-masing siswa. Pendekatan ini membantu mengatasi perbedaan kecepatan, gaya belajar, dan tingkat pemahaman di antara siswa.
Soal 7: Keuntungan utama penggunaan sumber belajar digital dalam pembelajaran ……….
a. Memfasilitasi kolaborasi dan interaksi antara siswa.
b. Membatasi variasi metode pengajaran yang dapat digunakan.
c. Meningkatkan dominasi guru dalam proses pembelajaran.
d. Membatasi akses siswa terhadap sumber informasi yang relevan.
e. Tidak ada manfaat khusus yang diperoleh dari penggunaan sumber belajar digital.
Pembahasan:
Keuntungan utama penggunaan sumber belajar digital dalam pembelajaran adalah memfasilitasi kolaborasi dan interaksi antara siswa. Sumber belajar digital dapat digunakan untuk menghubungkan siswa dari berbagai latar belakang dan pengalaman, sehingga mereka dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka satu sama lain. Hal ini dapat membantu siswa untuk belajar lebih efektif dan efisien, serta untuk mengembangkan keterampilan kerja sama dan komunikasi.
Soal 8: Pak Guru Andi pada pembelajaran minggu depan ingin menggunakan model flipped classroom, maka sumber belajar dari Platform Merdeka Mengajar dapat didapatkan dari fitur ……
a. Video inspirasi
b. Pelatihan Mandiri
c. Perangkat Ajar
d. Wahana game
e. Ide Praktik
Soal 9: Manakah pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan karakteristik Model Pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning - PjBL)?
a. Siswa bertanggung jawab untuk mendapatkan dan mengelola informasi yang dikumpulkan.
b. Siswa secara teratur melihat kembali apa yang mereka kerjakan.
c. Pemecahan masalah ditentukan sebelumnya oleh guru.
d. Hasil akhir berupa produk dan dievaluasi kualitasnya.
e. Siswa sebagai perancang proses untuk mencapai hasil.
Pembahasan:
Pernyataan yang tidak sesuai dengan karakteristik Model Pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning - PjBL) adalah c. Pemecahan masalah ditentukan sebelumnya oleh guru.
Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa, di mana siswa belajar dengan melakukan proyek yang nyata dan bermakna. Dalam PjBL, siswa bertanggung jawab untuk menentukan masalah yang akan dipecahkan, merancang proses untuk memecahkan masalah tersebut, dan mengevaluasi kualitas solusi yang mereka temukan. Guru berperan sebagai fasilitator, yang memberikan dukungan dan bimbingan kepada siswa selama proses pembelajaran.
Oleh karena itu, pernyataan yang tidak sesuai dengan karakteristik PjBL adalah pemecahan masalah ditentukan sebelumnya oleh guru. Pemecahan masalah harus ditentukan oleh siswa sendiri, agar mereka dapat belajar dengan cara yang lebih bermakna dan aplikatif.
Soal 10: Manfaat penggunaan sumber belajar digital dalam Project Based Learning (PjBL)?
a. Tidak memberikan pengalaman pembelajaran yang berbeda.
b. Tidak memfasilitasi kolaborasi antara siswa.
c. Tidak memungkinkan pembuatan konten kreatif oleh peserta didik.
d. Tidak memastikan aksesibilitas dan inklusi bagi siswa dengan kebutuhan belajar khusus.
e. Memungkinkan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu siswa.
Pembahasan:
Sumber belajar digital dapat diakses dan digunakan oleh siswa di mana saja dan kapan saja, sehingga siswa dapat belajar sesuai dengan kecepatan dan gaya belajar mereka masing-masing. Misalnya, siswa yang memiliki gaya belajar visual dapat menggunakan video tutorial untuk belajar, sedangkan siswa yang memiliki gaya belajar auditori dapat menggunakan podcast untuk belajar. Sumber belajar digital juga dapat dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan belajar individu siswa. Misalnya, siswa yang mengalami kesulitan dengan konsep tertentu dapat menggunakan sumber belajar digital yang dilengkapi dengan penjelasan yang lebih detail.
Dengan menggunakan sumber belajar digital, guru dapat memberikan pembelajaran yang lebih disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu siswa. Hal ini dapat membantu siswa untuk belajar lebih efektif dan efisien, serta untuk mencapai hasil belajar yang lebih tinggi.
SOAL BERIKUTNYA SIMAK (DISINI)