Ujian Akhir Pembatik Level 2 Tahun 2023 dan Jawabannya
Soal 1: Kemampuan-kemampuan yang diperlukan untuk menghadapi abad 21 antara lain ...
Soal 3: Pelaksanaan pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka melalui beberapa tahapan, yaitu ...
Soal 4: Aspek peserta didik yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran terdiferensiasi antara lain ...
Soal 6: Dari pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan tujuan pengintegrasian TIK dalam pembelajaran, adalah ...
Soal 8: Sikap moral dan komitmen profesional berkenaan dengan dampak pembelajaran pada pebelajar, pembelajaran, dan orang lain merupakan komponen utama dari sikap refleksi yaitu ...
Soal 10: Kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran untuk meninjau kembali dengan lebih rinci pembelajaran yang sudah dilakukan adalah pengertian dari ...
a. Komunikasi, penyelesaian masalah, kreativitas, inovasi
b. Komunikasi, berpikir kritis, kolaborasi, kreativitas
c. Literasi, numerasi, digitalisasi, kolaborasi
d. Literasi, komunikasi, numerasi, digitalisasi
e. TIK, kepribadian, literasi, kolaborasi
Pembahasan:
Kemampuan-kemampuan yang diperlukan untuk menghadapi abad 21 adalah kemampuan-kemampuan yang dapat membantu kita untuk belajar, bekerja, dan hidup di dunia yang semakin kompleks dan berubah dengan cepat. Kemampuan-kemampuan tersebut antara lain:
- Komunikasi: Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dengan orang lain, baik secara lisan maupun tertulis.
- Berpikir kritis: Kemampuan untuk berpikir secara logis dan sistematis untuk memecahkan masalah.
- Kolaborasi: Kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan yang sama.
- Kreativitas: Kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru dan inovatif.
Soal 2: Metode pembelajaran yang memiliki karakteristik di mana peserta didik diberikan suatu permasalahan terstuktur untuk dipecahkan, merupakan metode ...
a. Case based learning
b. Product based learning
c. Simulation based learning
d. Resources based learning
e. Colaborative based learning
Pembahasan:
Pada metode pembelajaran berbasis kasus (case based learning), peserta didik diberikan situasi atau kasus nyata yang relevan dengan materi pembelajaran. Mereka harus menganalisis kasus tersebut, mengidentifikasi masalah, mencari solusi, dan membuat keputusan berdasarkan pengetahuan yang telah dipelajari. Metode ini mendorong peserta didik untuk menghubungkan teori dengan praktik, serta mengembangkan keterampilan analitis dan pemecahan masalah.
a. Pengembangan, perlakukan, evaluasi pembelajaran
b. Pengembangan, praktik baik, penilaian pembelajaran
c. Penentuan, praktik baik, evaluasi pembelajaran
d. Perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran
e. Perencanaan, pelaksanaan, refleksi pembelajaran
Pembahasan:
Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) merupakan salah satu upaya untuk melakukan transformasi pendidikan di Indonesia. IKM memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik.
Pelaksanaan pembelajaran dalam IKM melalui beberapa tahapan, yaitu:
Perencanaan: Pada tahap ini, guru melakukan perencanaan pembelajaran yang meliputi:
- Menentukan kompetensi dasar yang akan dicapai
- Menetapkan materi pembelajaran
- Menentukan kegiatan pembelajaran
- Menentukan asesmen pembelajaran
Pelaksanaan: Pada tahap ini, guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat.
Refleksi: Pada tahap ini, guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Refleksi bertujuan untuk mengevaluasi ketercapaian kompetensi dasar, efektivitas kegiatan pembelajaran, dan kesesuaian asesmen pembelajaran.
a. Karakter, cara belajar, dan ekonomi
b. Bakat, keterampilan, dan pengetahuan
c. Kesiapan, minat, dan profil belajar
d. Gaya belajar, kemampuan, dan bakat
e. Asal, lingkungan, dan masyarakat
Pembahasan:
Pembelajaran terdiferensiasi adalah pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik individu siswa. Guru dapat melakukan pembelajaran terdiferensiasi dengan memperhatikan aspek-aspek berikut:
Kesiapan: Tingkat kesiapan siswa untuk belajar materi tertentu. Siswa yang sudah siap untuk belajar materi tertentu dapat diberikan pembelajaran yang lebih menantang, sedangkan siswa yang belum siap dapat diberikan pembelajaran yang lebih mudah.
Minat: Minat siswa terhadap materi yang akan dipelajari. Siswa yang tertarik dengan materi yang akan dipelajari akan lebih mudah untuk belajar dan memahami materi tersebut.
Profil belajar: Cara belajar siswa yang berbeda-beda. Ada siswa yang lebih mudah belajar dengan cara melihat, mendengar, membaca, atau melakukan sesuatu. Guru dapat memberikan pembelajaran yang disesuaikan dengan profil belajar siswa.
Soal 5: Berdasarkan Permendikbudristek Nomor 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses, yang tidak termasuk suasana belajar dalam pelaksanaan pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka adalah ...
a. Pembelajaran interaktif
b. Pembelajaran kolaboratif
c. Pembelajaran menyenangkan
d. Pembelajaran menantang
e. Pembelajaran inspiratif
Pembahasan:
Pembelajaran interaktif adalah pembelajaran yang melibatkan interaksi antara guru dan siswa. Pembelajaran interaktif dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan menggunakan metode tanya jawab, diskusi, atau presentasi. Pembelajaran interaktif dapat membantu siswa untuk belajar lebih aktif dan efektif.
a. Membangun keterampilan TIK peserta didik
b. Melatih kecakapan berkomunikasi peserta didik
c. Mendorong peserta didik untuk berkolaborasi aktif
d. Mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien
e. Mengajarkan peserta didik untuk beralih teknologi
Pembahasan:
Beralih teknologi bukanlah tujuan pengintegrasian TIK dalam pembelajaran. Tujuan pengintegrasian TIK dalam pembelajaran adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Soal 7: Metode pembelajaran yang melibatkan rotasi peserta didik antara beberapa area pembelajaran yang berbeda di dalam kelas adalah ...
a. Discovery learning
b. Blended learning
c. Station rotation learning
d. Hybrid learning
e. Problem based learning
Pembahasan:
Station rotation learning adalah metode pembelajaran yang melibatkan rotasi peserta didik antara beberapa area pembelajaran yang berbeda di dalam kelas. Setiap area pembelajaran memiliki fokus yang berbeda, dan peserta didik dapat memilih area pembelajaran yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka. Station rotation learning dapat membantu peserta didik untuk belajar dengan cara yang lebih aktif dan mandiri, serta untuk mengembangkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi.
a. Open mindedness
b. Close mindedness
c. Whole heartedness
d. Consistency
e. Responsibility
Pembahasan:
Responsibility adalah sikap bertanggung jawab atas tindakan dan akibat yang ditimbulkan oleh tindakan tersebut. Dalam konteks pendidikan, responsibility adalah sikap bertanggung jawab atas pembelajaran siswa. Guru yang memiliki responsibility akan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa, dan akan selalu mengevaluasi pembelajarannya untuk memastikan bahwa pembelajaran tersebut efektif dan berdampak positif bagi siswa.
Guru yang memiliki responsibility akan selalu terbuka terhadap masukan dari siswa, orang tua, dan rekan sejawat. Guru yang memiliki responsibility akan selalu belajar dan meningkatkan kemampuannya sebagai guru. Guru yang memiliki responsibility akan selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik bagi siswanya.
Soal 9: Pelaksanaan pembelajaran terdiferensiasi dimana guru memberikan variasi materi, menggunakan kontrak belajar, atau menyajikan materi dengan berbagai moda pembelajaran merupakan aspek pembelajaran terdiferensiasi ...
a. Konten
b. Produk
c. Proses
d. Lingkungan
e. Kemampuan
Pembahasan:
Pembelajaran terdiferensiasi adalah pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik individu siswa. Guru dapat melakukan pembelajaran terdiferensiasi dengan memperhatikan aspek-aspek berikut:
- Konten: Guru dapat memberikan variasi materi, menggunakan kontrak belajar, atau menyajikan materi dengan berbagai moda pembelajaran.
- Proses: Guru dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar dengan cara yang berbeda-beda, sesuai dengan gaya belajar mereka.
- Produk: Guru dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk menghasilkan karya yang berbeda-beda, sesuai dengan minat dan kemampuan mereka.
- Lingkungan: Guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung, sehingga siswa dapat belajar dengan nyaman dan aman.
- Kemampuan: Guru dapat memberikan dukungan kepada siswa yang membutuhkan bantuan, dan tantangan kepada siswa yang siap untuk belajar lebih maju.
a. Penilaian
b. Asesmen
c. Ujian
d. Refleksi
e. Praktik Baik
Pembahasan:
Refleksi dalam konteks pembelajaran adalah proses di mana peserta didik dan juga guru merenungkan dan mengevaluasi pengalaman belajar. Ini melibatkan peninjauan terhadap apa yang telah dipelajari, bagaimana itu dipahami, serta bagaimana proses pembelajaran dapat ditingkatkan di masa depan. Refleksi membantu peserta didik dan guru untuk memahami kemajuan mereka, mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, dan membuat perencanaan untuk pengembangan lebih lanjut.
SOAL BERIKUTNYA SIMAK (DISINI)