Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Antisipasi Jawaban dari AI untuk Mahasiswa

Teknologi  AI (kecerdasan buatan) telah mengalami perkembangan yang luar biasa dari tahun ke tahun. Kehadirannya, bersama dengan  fungsi, fungsi dan perspektif baru, semakin mempengaruhi banyak aspek kehidupan manusia, termasuk pendidikan (Luger dan Stubblefield, 1993). 

Kecerdasan buatan akan berperan dalam kegiatan pendidikan sekolah dan universitas (Mulianingsih et al. 2020). Kecerdasan buatan merupakan bagian utama dari perkembangan teknologi pendidikan. Ini, tentu saja, memiliki implikasi yang jelas untuk kehidupan profesional masa depan, apalagi terhadap pendidikan. 

Lalu AI apa saja yang bisa membantu siswa dan mahasiswa dalam menggunakannya dengan bijak. Berikut Daftar AI yang bisa digunakan mahasiswa untuk menjawab diskusi, tugas atau bahkan untuk menjawab Soal Ujian Semester, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • ChatGPT yang bisa diakses pada laman https://chat.openai.com/
  • Google Bard yang bisa diakses pada laman https://bard.google.com/
  • Perplexity yang bisa di akses pada laman https://www.perplexity.ai/
  • Humata yang bisa di akses untuk mereview jurnal pada laman https://www.humata.ai/
  • Chat with Any PDF di akses untuk review jurnal juga di laman https://www.chatpdf.com/

Nah apabila jawaban diskusi, tugas atau jawaban ujian kalian dalam apapun bentuknya jangan di copy paste lansung di lembar jawaban, karena pihak kampus atau dosen kalian akan mendeteksi hasil AI dari turnitin, jadi bukan human. Lalu, sebaiknya silahkan parafrase kembali secara mandiri dengan tambahan kalimat kalian sendiri atau kalian juga boleh menggunakan website berikut:

Referensi: 

Luger, G. F., & Stubblefield, W. A. (1993). Artificial intelligence: Structures and strategies for complex problem solving. Addison-Wesley.

Mulianingsih, S., et al. (2020). Artificial intelligence in education: A systematic literature review. Journal of Educational Technology https://www.researchgate.net/publication/348009463_AI_in_Education_A_Systematic_Literature_Review