Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Contoh SK Panitia ANBK 2023


Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. 

Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau disingkat ANBK merupakan program penilaian terhadap mutu satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan dari dasar hingga menengah menggunakan fasilitas berupa komputer baik diselenggarakan dengan moda daring atau semi daring. Pada tahun 2023, pelaksanaan ANBK wajib dilaksanakan oleh seluruh satuan pendidikan dari dasar, hingga menengah. 

Untuk berjalananya kegiatan ANBK di satuan pendidikan, harus dibentuk panitia oleh masing-masing satuan pendidikan atau sekolah. Panitia dibentuk melalui Surat Keputusan oleh Kepala Satuan Pendidikan.

SK Panitia ANBK adalah Surat Keputusan yang diterbitkan oleh Kepala Sekolah untuk membentuk panitia pelaksana Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). SK ini berisi tentang susunan panitia, tugas dan tanggung jawab masing-masing panitia, serta anggaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan ANBK. Minimal Susunan di SK Panitia ANBK 2023 terdiri dari:
  • Penanggung Jawab atau Koordinator: Kepala Sekolah
  • Proktor: Guru atau Operator Sekolah
  • Teknisi: Tenaga Teknis atau Guru 
  • Seksi Perlengkapan: Tenaga Kependidikan
  • Seksi Keamanan: Tenaga Kependidikan
  • Dan panitia lainnya yang dirasa perlu
Berikut kami bagikan contoh SK Panitia ANBK 2023 atau Asesmen Nasional baik untuk jenjang SD/MI hingga SMA sederajat. Dan untuk download contoh SK Panitia ANBK 2023 silahkan klik (Disini).