Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul Ajar PJOK Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Mata pelajaran PJOK merupakan singkatan dari Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, mapel ini pada hakikatnya adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik untuk menghasilkan perubahan holistik dalam kualitas individu, baik dalam hal fisik, mental, serta emosional.

Adapun Capaian Pembelajaran PJOK Fase A adalah:

Pada akhir fase A, peserta didik dapat menunjukkan berbagai aktivitas pola gerak dasar dan keterampilan gerak sebagai hasil peniruan dari berbagai sumber, memahami konsep dan prinsip gerak yang benar, memahami dan mempraktikkan aktivitas jasmani untuk pengembangan kebugaran dan pola perilaku hidup sehat, menunjukkan perilaku awal tanggung jawab personal dan sosial, serta menerima nilai-nilai aktivitas jasmani.

Adapun Capaian Pembelajaran PJOK Fase A per Elemen sebagai berikut:

Elemen Keterampilan Gerak

Pada akhir fase A peserta didik menunjukkan kemampuan dalam menirukan aktivitas pola gerak dasar, aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, dan aktivitas permainan dan olahraga air (kondisional).

Elemen Pengetahuan Gerak

Pada akhir fase A peserta didik memahami prosedur dalam melakukan pola gerak dasar, aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, dan aktivitas permainan dan olahraga air (kondisional).

Elemen Pemanfaatan Gerak

Pada akhir fase A peserta didik memahami prosedur dan mampu mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan. Peserta didik juga memahami prosedur dan mampu mempraktikkan pola perilaku hidup sehat berupa mengenali nama dan fungsi anggota tubuh, serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Elemen Pengembangan Karakter dan Internalisasi Nilai- nilai Gerak

Pada akhir fase A peserta didik menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam menyimak arahan dan umpan balik yang diberikan guru, mulai dapat menghormati orang lain, serta menerima ragam keriangan yang didapat melalui aktivitas jasmani.

Modul ajar PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka merupakan salah satu perangkat ajar yaitu berupa dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta rencana penilaian yang dibutuhkan dalam satu unit atau satu topik berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). 

Adapun Modul Ajar PJOK Kelas 1 SD/MI Fase A bisa di unduh di bawah ini:

  • CP PJOK Kelas 1 klik (Disini).
  • ATP PJOK Kelas 1 klik (Disini).
  • Prosem PJOK Kelas 1 klik (Disini).
  • Prota PJOK Kelas 1 klik (Disini).
  • Aplikasi Penilaian IKM (Disini)
  • Jurnal Harian Kelas 1 (Disini)
  • Modul Ajar PJOK Kelas 1 Semester 1 klik (Disini)
  • Modul Ajar PJOK Kelas 1 Semester 2 klik (Disini)