Download Modul Ajar PJOK Kelas 7 Kurikulum Merdeka
Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) pada hakikatnya adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani untuk menghasilkan perubahan holistik (menyeluruh) dalam kualitas individu, baik dalam hal fisik, mental, serta emosional. PJOK memperlakukan peserta didik sebagai satu kesatuan yang utuh, tidak memisahkan kualitas fisik dan mental peserta didik.
PJOK merupakan media untuk mendorong perkembangan keterampilan motorik, kemampuan fisik, pengetahuan, sikap sportif, pembiasaan pola hidup sehat dan pembentukan karakter (mental, emosional, spiritual dan sosial) dalam rangka mencapai tujuan sistem Pendidikan Nasional. PJOK diberikan di sekolah dengan harapan melahirkan “insan pendidikan yang terdidik secara jasmani
Capaian Pembelajaran PJOK pada akhir fase ini, yaitu peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar, melakukan latihan aktivitas jasmani dan kebugaran untuk kesehatan sesuai dengan prinsip latihan, menunjukkan perilaku tanggung jawab personal dan sosial serta memonitornya secara mandiri, selain itu juga dapat mempertahankan nilai-nilai aktivitas jasmani (physical educated person)”.
PJOK memfasilitasi keinginan peserta didik untuk belajar keterampilan melalui berbagai permainan, cabang olahraga, pemahaman akan konsep gerak, prinsip-prinsip, strategi, dan taktik, turut berpartisipasi dalam aktivitas-aktivitas yang bermanfaat bagi dirinya, peningkatan kesehatan dan derajat kebugaran, tanggung jawab personal dan sosial serta menghargai aktivitas fisik untuk kesehatan, kesenangan, tantangan, ekspresi diri, dan atau interaksi sosial.
Profil Pelajar Pancasila memiliki enam dimensi utama yaitu 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) Mandiri, 3) Bernalar Kritis, 4) Kreatif, 5) Bergotong-royong, dan 6) Berkebinekaan global. Enam dimensi tersebut kemudian dirangkum dalam satu rangkaian profil yang tidak terpisahkan, sebagai berikut. “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.”
Sumbangsih mata pelajaran PJOK dalam mengembangkan Profil Pelajar Indonesia terlihat pada aktivitas pembelajaran. Pengembangan pelajar sepanjang hayat tertuang dalam kegiatan pembelajaran PJOK yaitu agar peserta didik terbiasa aktif berolahraga, yang selanjutnya menjadi sebuah kebiasaan dan kebutuhan bergerak. Pengembangan kompetensi global dalam kegiatan pembelajaran PJOK dikembangkan dengan belajar berkelompok, membaca grafik, membaca jadwal pertandingan, penampilan unjuk kerja, presentasi, memecahkan masalah dalam gerak maupun strategi bermain, literasi jasmani.
Secara umum, tujuan dari pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) adalah untuk menciptakan individu yang memiliki pemahaman, pengetahuan, dan kompetensi dalam aspek jasmani. Individu ini harus memiliki motivasi tinggi, kepercayaan diri, dan keterampilan yang memadai untuk menghargai serta mengambil tanggung jawab dalam berpartisipasi secara teratur dalam aktivitas jasmani. Adapun karakteristik individu yang diharapkan mencakup:
1) Kemampuan untuk menguasai pola-pola gerakan dasar (fundamental movement patterns) serta beragam keterampilan motorik dengan baik.
2) Kemampuan untuk menerapkan pengetahuan terkait dengan konsep, prinsip, prosedur, taktik, dan strategi dalam konteks gerakan, kinerja, dan gaya hidup aktif.
3) Kemampuan untuk memahami dan menerapkan pengetahuan serta keterampilan terkait aktivitas jasmani dan kebugaran untuk menjaga dan meningkatkan tingkat kesehatan.
4) Perilaku yang menunjukkan tanggung jawab, baik secara pribadi maupun sosial, yang menghargai diri sendiri dan orang lain.
5) Penghargaan terhadap nilai-nilai aktivitas jasmani, seperti kesehatan, kesenangan, tantangan, ekspresi diri, dan interaksi sosial.
Secara umum, tujuan dari pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) adalah untuk menciptakan individu yang memiliki pemahaman, pengetahuan, dan kompetensi dalam aspek jasmani. Individu ini harus memiliki motivasi tinggi, kepercayaan diri, dan keterampilan yang memadai untuk menghargai serta mengambil tanggung jawab dalam berpartisipasi secara teratur dalam aktivitas jasmani. Adapun karakteristik individu yang diharapkan mencakup:
1) Kemampuan untuk menguasai pola-pola gerakan dasar (fundamental movement patterns) serta beragam keterampilan motorik dengan baik.
2) Kemampuan untuk menerapkan pengetahuan terkait dengan konsep, prinsip, prosedur, taktik, dan strategi dalam konteks gerakan, kinerja, dan gaya hidup aktif.
3) Kemampuan untuk memahami dan menerapkan pengetahuan serta keterampilan terkait aktivitas jasmani dan kebugaran untuk menjaga dan meningkatkan tingkat kesehatan.
4) Perilaku yang menunjukkan tanggung jawab, baik secara pribadi maupun sosial, yang menghargai diri sendiri dan orang lain.
5) Penghargaan terhadap nilai-nilai aktivitas jasmani, seperti kesehatan, kesenangan, tantangan, ekspresi diri, dan interaksi sosial.
Dengan demikian, tujuan utama dari pembelajaran PJOK adalah untuk menciptakan individu yang mampu menjalani gaya hidup sehat dan aktif, sambil menghargai pentingnya aktivitas jasmani dalam berbagai aspek kehidupan.
Modul ajar PJOK (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan) adalah seperangkat dokumen atau rancangan pembelajaran yang dikembangkan untuk membantu guru dalam menerapkan pembelajaran PJOK.
Link Download Modul Ajar PJOK Kelas 7 Kurikulum Merdeka ada di bawah ini:
- CP dan ATP PJOK Kelas 7 klik (Disini)
- Modul Ajar PJOK Kelas 7 semester 1 dan 2 klik (Disini)
- PPT Materi PJOK Kelas 7 semester 1 dan 2 klik (Disini)
- Buku Ajar PJOK Kelas 7 klik (Disini)