Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Ujian Akhir Pembatik Level 3 2023



Ujian Akhir Pembatik Level 3 Tahun 2023 dimulai dari tanggal 20 hingga 21 September 2023 (Peserta dapat memilih salah satu dari dua tanggal tersebut)

Untuk sesi terakhir, yaitu Ujian Akhir, peserta memiliki fleksibilitas untuk memilih waktu di antara dua tanggal tersebut. Di bawah ini terdapat beberapa contoh Soal Ujian Akhir dan jawabannya yang mungkin dapat membantu dalam persiapan menghadapi Ujian Akhir dalam rentang waktu yang telah ditentukan. 

Berikut ini adalah rangkuman Ujian Akhir PembaTIK 2023 level 3 yang dapat digunakan sebagai referensi.

Soal 1

Dibawah ini adalah hal yang berkaitan dengan pembelajaran dan AI, yaitu...
a. pembelajaran yang mengakomodir pada kebutuhan murid
b. AI menjadi alat yang dapat membantu guru membuat konten pembelajaran
c. AI dapat menggantikan guru mendidik siswa di sekolah
d. pembelajaran membutuhkan AI dalam mengoreksi soal dan membentuk karakter siswa
Jawaban : B

Soal 2

Pertanyaan: "Pak Fadil mengajar sosiologi pada fase E. Pak Fadil kesulitan dalam membuat modul ajar. Fitur apa yang terdapat di PMM yang dapat diunduh pak Fadil sebagai referensi pembuatan modul ajar yang akan disesuaikan dengan kondisi sekolah Pak Fadil..."
Pilihan Jawaban:
A. Asesmen Murid
B. Perangkat Ajar
C. Pelatihan Mandiri
D. Video Inspirasi
Kunci Jawaban: B (Perangkat Ajar)

Soal 3

Pertanyaan: "Sebuah wadah di PMM agar para guru dapat melihat semua konten (bukti karya, video inspirasi, artikel pendek, dan cerita praktik) yang dikurasi oleh Tim PMM, guru juga dapat memahami praktik baik dari guru lainnya dan juga bisa membaca, melihat atau menonton karya dari guru lain. Menu terbaru yang dimaksud adalah..."
Pilihan Jawaban:
A. Ide Praktik
B. Bukti Karya
C. Pelatihan Mandiri
D. Komunitas
Kunci Jawaban: A (Ide Praktik)

Soal 4

Pertanyaan: "Strategi pembelajaran yang bertujuan mengakomodir kebutuhan belajar peserta didik yang berbeda-beda disebut..."
Pilihan Jawaban:
A. Pembelajaran Bermakna
B. Pembelajaran Berkonsep
C. Pembelajaran Terpusat Siswa
D. Pembelajaran Terdiferensiasi
Kunci Jawaban: D (Pembelajaran Terdiferensiasi)

Soal 5

Dibawah ini adalah kecerdasan buatan (artificial Intelligence / AI) yang dapat digunakan dalam mendukung kegiatan pembelajaran, yaitu...
a. Chat GPT, Podcast, Tiktok
b. Chat GPT, Pictory, Snack Video
c. Chat GPT, Kinemaster, Capcut
d. Chat GPT, D-ID, Pictory
Jawaban : D

Soal 6

Pertanyaan: "Pembelajaran inovatif yang menekankan pada pemahaman siswa melalui pengalaman praktis dan aplikasi dalam situasi yang relevan merupakan bentuk pembelajaran...."
Pilihan Jawaban:
A. Game Based Learning
B. Crossover Learning
C. Project Based Learning
D. Discovery Inquiry Learning
Kunci Jawaban: C (Project Based Learning)

Soal 7

Pertanyaan: "Dibawah ini adalah hal yang berkaitan dengan pembelajaran dan AI, yaitu..."
Pilihan Jawaban:
A. pembelajaran yang mengakomodir pada kebutuhan murid
B. AI menjadi alat yang dapat membantu guru membuat konten pembelajaran
C. AI dapat menggantikan guru mendidik siswa di sekolah
D. pembelajaran membutuhkan AI dalam mengoreksi soal dan membentuk karakter siswa
Kunci Jawaban: B (AI menjadi alat yang dapat membantu guru membuat konten pembelajaran)

Soal 8

Pertanyaan: "Keunggulan multimedia interaktif dibandingkan media presentasi adalah ...."
Pilihan Jawaban:
A. kontrol pada pengguna
B. kontrol pada penyaji
C. materi point per point
D. navigasi sederhana
E. evaluasi berupa penugasan
Kunci Jawaban: A (kontrol pada pengguna)

Soal 9

Pertanyaan: "Hasil akhir dari kegiatan produksi adalah ...."
Pilihan Jawaban:
A. storyboard
B. video pembelajaran yang siap dimanfaatkan
C. prototipe Multimedia PembeIajaran Interaktif
D. kumpulan clip video dan suara yang siap diedit
E. naskah multimedia pembelajaran yang telah disetujui oleh pengkaji
Kunci Jawaban: C (prototipe Multimedia PembeIajaran Interaktif)

Soal 10

Pertanyaan: "Dibawah ini adalah kecerdasan buatan (artificial Intelligence / AI) yang dapat digunakan dalam mendukung kegiatan pembelajaran, yaitu..."
Pilihan Jawaban:
A. Chat GPT, Podcast, Tiktok
B. Chat GPT, Pictory, Snack Video
C. Chat GPT, Kinemaster, Capcut
D. Chat GPT, D-ID, Pictory
Kunci Jawaban: D (Chat GPT, D-ID, Pictory)

Soal 11

Pertanyaan: "Media pembelajaran digital dalam inovasi pembelajaran merupakan..."
Pilihan Jawaban:
a. proses belajar berdiferensiasi untuk menciptakan suasana dan proses pembelajaran yang kondusif terhadap peserta didik dengan menggunakan perantara internet atau teknologi digital
b. proses belajar pada peserta didik yang dirancang, dikembangkan, dan dikelola dengan kreatif dan menerapkan berbagai macam pendekatan ke arah yang lebih baik untuk menciptakan suasana dan proses pembelajaran yang kondusif terhadap peserta didik dengan menggunakan perantara internet atau teknologi digital
c. proses belajar pada peserta didik yang dirancang, dan dikembangkan, dengan menggunakan artificial intelligence untuk menciptakan suasana dan proses pembelajaran yang kondusif terhadap peserta didik dengan menggunakan perantara internet atau teknologi digital
d. proses belajar pada peserta didik yang dirancang, dikembangkan, dan dikelola dengan kreatif melalui media sosial dengan menggunakan perantara internet atau teknologi digital
Kunci Jawaban: B

Soal 12

Pertanyaan: "Dibawah ini adalah hal yang berkaitan dengan pembelajaran dan AI, yaitu..."
Pilihan Jawaban:
A. pembelajaran yang mengakomodir pada kebutuhan murid
B. AI menjadi alat yang dapat membantu guru membuat konten pembelajaran
C. AI dapat menggantikan guru mendidik siswa di sekolah
D. pembelajaran membutuhkan AI dalam mengoreksi soal dan membentuk karakter siswa
Kunci Jawaban: B

Soal 13

Pertanyaan: "Pada sajian multimedia gambar dapat memiliki fungsi untuk ...."
Pilihan Jawaban:
A. memvisualisasikan konsep verbal
B. memvisualisasikan video
C. mempermudah penyampaian pesan
D. memperindah media
E. menambah makna teks
Kunci Jawaban: A (memvisualisasikan konsep verbal)

Soal 14

Pertanyaan: "Referensi background yang bisa anda gunakan dalam pengembangan MPI, kecuali ...."
Pilihan Jawaban:
A. www.pexels.com
B. www.dafont.com
C. www.freepik.com
D. pngtree.com
E. pngtree.com
Kunci Jawaban: B (www.dafont.com)

Soal 15

Pertanyaan: "Pak Fadil mengajar sosiologi pada fase E. Pak Fadil kesulitan dalam membuat modul ajar. Fitur apa yang terdapat di PMM yang dapat diunduh pak Fadil sebagai referensi pembuatan modul ajar yang akan disesuaikan dengan kondisi sekolah Pak Fadil..."
Pilihan Jawaban:
A. Asesmen Murid
B. Perangkat Ajar
C. Pelatihan Mandiri
D. Video Inspirasi
Kunci Jawaban: B (Perangkat Ajar)

Soal 16

Pertanyaan: "Sebuah wadah di PMM agar para guru dapat melihat semua konten (bukti karya, video inspirasi, artikel pendek, dan cerita praktik) yang dikurasi oleh Tim PMM, guru juga dapat memahami praktik baik dari guru lainnya dan juga bisa membaca, melihat atau menonton karya dari guru lain. Menu terbaru yang dimaksud adalah..."
Pilihan Jawaban:
A. Ide Praktik
B. Bukti Karya
C. Pelatihan Mandiri
D. Komunitas
Kunci Jawaban: A (Ide Praktik)

Soal 17

Pertanyaan: "Strategi pembelajaran yang bertujuan mengakomodir kebutuhan belajar peserta didik yang berbeda-beda disebut..."
Pilihan Jawaban:
A. Pembelajaran Bermakna
B. Pembelajaran Berkonsep
C. Pembelajaran Terpusat Siswa
D. Pembelajaran Terdiferensiasi
Kunci Jawaban: D (Pembelajaran Terdiferensiasi)

Soal 18

Pertanyaan: "Pembelajaran inovatif yang menekankan pada pemahaman siswa melalui pengalaman praktis dan aplikasi dalam situasi yang relevan merupakan bentuk pembelajaran...."
Pilihan Jawaban:
A. Game Based Learning
B. Crossover Learning
C. Project Based Learning
D. Discovery Inquiry Learning
Kunci Jawaban: C (Project Based Learning)

Soal 19

Pertanyaan: "Keunggulan multimedia interaktif dibandingkan media presentasi adalah ...."
Pilihan Jawaban:
A. kontrol pada pengguna
B. kontrol pada penyaji
C. materi point per point
D. navigasi sederhana
E. evaluasi berupa penugasan
Kunci Jawaban: A (kontrol pada pengguna)

Soal 20

Pertanyaan: "Hasil akhir dari kegiatan produksi adalah ...."
Pilihan Jawaban:
A. storyboard
B. video pembelajaran yang siap dimanfaatkan
C. prototipe Multimedia PembeIajaran Interaktif
D. kumpulan clip video dan suara yang siap diedit
E. naskah multimedia pembelajaran yang telah disetujui oleh pengkaji
Kunci Jawaban: C (prototipe Multimedia PembeIajaran Interaktif)

Soal 21

Pertanyaan: "Dibawah ini adalah kecerdasan buatan (artificial Intelligence / AI) yang dapat digunakan dalam mendukung kegiatan pembelajaran, yaitu..."
Pilihan Jawaban:
A. Chat GPT, Podcast, Tiktok
B. Chat GPT, Pictory, Snack Video
C. Chat GPT, Kinemaster, Capcut
D. Chat GPT, D-ID, Pictory
Kunci Jawaban: D (Chat GPT, D-ID, Pictory)

Soal 22


Pertanyaan: "Dibawah ini adalah hal yang berkaitan dengan pembelajaran dan AI, yaitu..."
Pilihan Jawaban:
A. pembelajaran yang mengakomodir pada kebutuhan murid
B. AI menjadi alat yang dapat membantu guru membuat konten pembelajaran
C. AI dapat menggantikan guru mendidik siswa di sekolah
D. pembelajaran membutuhkan AI dalam mengoreksi soal dan membentuk karakter siswa
Kunci Jawaban: B (AI menjadi alat yang dapat membantu guru membuat konten pembelajaran)

Soal 23

Pertanyaan: "Pada sajian multimedia gambar dapat memiliki fungsi untuk ...."
Pilihan Jawaban:
A. memvisualisasikan konsep verbal
B. memvisualisasikan video
C. mempermudah penyampaian pesan
D. memperindah media
E. menambah makna teks
Kunci Jawaban: A (memvisualisasikan konsep verbal)

Soal 24

Pertanyaan: "Referensi background yang bisa anda gunakan dalam pengembangan MPI, kecuali ...."
Pilihan Jawaban:
A. www.pexels.com
B. www.dafont.com
C. www.freepik.com
D. pngtree.com
E. pngtree.com
Kunci Jawaban: B (www.dafont.com)

Soal 25

Pertanyaan: "Pak Fadil mengajar sosiologi pada fase E. Pak Fadil kesulitan dalam membuat modul ajar. Fitur apa yang terdapat di PMM yang dapat diunduh pak Fadil sebagai referensi pembuatan modul ajar yang akan disesuaikan dengan kondisi sekolah Pak Fadil..."
Pilihan Jawaban:
A. Asesmen Murid
B. Perangkat Ajar
C. Pelatihan Mandiri
D. Video Inspirasi
Kunci Jawaban: B (Perangkat Ajar)

Soal 26

Pertanyaan: "Sebuah wadah di PMM agar para guru dapat melihat semua konten (bukti karya, video inspirasi, artikel pendek, dan cerita praktik) yang dikurasi oleh Tim PMM, guru juga dapat memahami praktik baik dari guru lainnya dan juga bisa membaca, melihat atau menonton karya dari guru lain. Menu terbaru yang dimaksud adalah..."
Pilihan Jawaban:
A. Ide Praktik
B. Bukti Karya
C. Pelatihan Mandiri
D. Komunitas
Kunci Jawaban: A (Ide Praktik)

Soal 27

Pertanyaan: "Strategi pembelajaran yang bertujuan mengakomodir kebutuhan belajar peserta didik yang berbeda-beda disebut..."
Pilihan Jawaban:
A. Pembelajaran Bermakna
B. Pembelajaran Berkonsep
C. Pembelajaran Terpusat Siswa
D. Pembelajaran Terdiferensiasi
Kunci Jawaban: D (Pembelajaran Terdiferensiasi)

Soal 28

Pertanyaan: "Pembelajaran inovatif yang menekankan pada pemahaman siswa melalui pengalaman praktis dan aplikasi dalam situasi yang relevan merupakan bentuk pembelajaran...."
Pilihan Jawaban:
A. Game Based Learning
B. Crossover Learning
C. Project Based Learning
D. Discovery Inquiry Learning
Kunci Jawaban: C (Project Based Learning)

Soal 29

Pertanyaan: "Keunggulan multimedia interaktif dibandingkan media presentasi adalah ...."
Pilihan Jawaban:
A. kontrol pada pengguna
B. kontrol pada penyaji
C. materi point per point
D. navigasi sederhana
E. evaluasi berupa penugasan
Kunci Jawaban: A (kontrol pada pengguna)

Soal 30

Pertanyaan: "Hasil akhir dari kegiatan produksi adalah ...."
Pilihan Jawaban:
A. storyboard
B. video pembelajaran yang siap dimanfaatkan
C. prototipe Multimedia PembeIajaran Interaktif
D. kumpulan clip video dan suara yang siap diedit
E. naskah multimedia pembelajaran yang telah disetujui oleh pengkaji
Kunci Jawaban: C (prototipe Multimedia PembeIajaran Interaktif)

Soal 31

Pertanyaan: "Dibawah ini adalah kecerdasan buatan (artificial Intelligence / AI) yang dapat digunakan dalam mendukung kegiatan pembelajaran, yaitu..."
Pilihan Jawaban:
A. Chat GPT, Podcast, Tiktok
B. Chat GPT, Pictory, Snack Video
C. Chat GPT, Kinemaster, Capcut
D. Chat GPT, D-ID, Pictory
Kunci Jawaban: D (Chat GPT, D-ID, Pictory)

Soal 32


Keunggulan multimedia interaktif dibandingkan media presentasi adalah ....
A. kontrol pada pengguna
B. kontrol pada penyaji
C. materi point per point
D. navigasi sederhana
E. evaluasi berupa penugasan
Jawaban: A

Soal 33

Platform yang dapat dimanfaatkan untuk membagikan audio adalah sebagai berikut, kecuali....
A. Soundku
B. Jamendo
C. Soundtrap
D. Soundcloud
Jawaban: A

Soal 34

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pengisi suara adalah ....
A. jenis kelamin, format program, dan karakteristik suara
B. format program, umur, dan karakteristik suara
C. jenis kelamin, umur, dan karakteristik suara.
D. naskah, umur, dan karakteristik suara.
Jawaban : C

Soal 35

Berikut yang bukan tahapan produksi video pembelajaran diantaranya
A. Pembentukan tim
B. Pengambilan gambar dan suara
C. Manajemen produksi yang efektif dan efisien
D. Menginventarisir berbagai masalah pembelajaran
Jawaban : D

Soal 36

Fungsi efek "Reverb" pada aplikasi audacity adalah ....
A. menghapus suara bising
B. menggemakan suara
C. melambatkan suara
D. menstabilkan suara
Jawaban : B

Soal 37

Berikut ini yang tidak termasuk kedalam tahap "Pra Produksi" adalah ....
A. editing dan mixing
B. pembentukan tim
C. pemilihan pemain
D. rembuk naskah
Jawaban: A

Soal 38

Media pembelajaran digital dalam inovasi pembelajaran merupakan...
a. proses belajar berdiferensiasi untuk menciptakan suasana dan proses pembelajaran yang kondusif terhadap peserta didik dengan menggunakan perantara internet atau teknologi digital
b. proses belajar pada peserta didik yang dirancang, dikembangkan, dan dikelola dengan kreatif dan menerapkan berbagai macam pendekatan ke arah yang lebih baik untuk menciptakan suasana dan proses pembelajaran yang kondusif terhadap peserta didik dengan menggunakan perantara internet atau teknologi digital
c. proses belajar pada peserta didik yang dirancang, dan dikembangkan, dengan menggunakan artificial intelligence untuk menciptakan suasana dan proses pembelajaran yang kondusif terhadap peserta didik dengan menggunakan perantara internet atau teknologi digital
d. proses belajar pada peserta didik yang dirancang, dikembangkan, dan dikelola dengan kreatif melalui media sosial dengan menggunakan perantara internet atau teknologi digital
Jawaban: B

Soal 39

Aplikasi proses produksi video pembelajaran daring dengan banyak templat dan
telah terintegrasi dengan akun pembelajaran (belajar.id) adalah ....
A. Powtoon
B. Canva
C. Zoom
D. Loom
E. Filmora
Jawaban : B

Soal 40

Teknik perekaman suara yang terpisah antara audio dan video di sebut ....
A. single system
B. double system
C. separate system
D. mixed system
Jawaban : B

Soal 41

Berikut yang bukan merupakan komponen GBIM adalah ... .
A. Tempat/lokasi
B. Referensi
C. Tujuan/indikator
D. Materi dan sub materi pokok
Jawaban: A

Soal 42

Aplikasi video conference berikut lazim digunakan untuk membuat video pembelajaran, kecuali ...
A. Zoom meeting
B. Call group
C. Webex meeting
D. Google meet
Jawaban: B

Soal 43

Drill and practice merupakan jenis multimedia pembelajaran interaktif berdasarkan ....
A. materi Pembelajaran
B. latihan Pembelajaran
C. tujuan Pembelajaran
D. gaya Pembelajaran
E. metode Pembelajaran
Jawaban : C

Soal 44

Pada proses pra produksi hal yang perlu dipersiapkan adalah ....
A. storyline
B. kamera
C. lighting
D. laptop
E. HP
Jawaban: A

Soal 45

Komponen-komponen dasar dalam pengembangan gim edukasi yang harus dipahami diantaranya, kecuali ....
A. karakteristik Edugame
B. jenis-Jenis Edugame
C. tahapan Pengembangan Edugame
D. tahapan Penggunaan Edugame
E. mengenal Aplikasi Pembuat Edugame
Jawaban : D

Soal 46

Pemicu suatu animasi bergerak dengan menggunakan tombol berupa objek merupakan fungsi fitur ....
A. Slide
B. Layer
C. Scene
D. Trigger
E. Menu
Jawaban : D

Soal 47

Fitur di Articulate yang digunakan untuk menginput file berjenis .mp3 adalah ....
A. Audio
B. Caption
C. Character
D. Video
E. Web Object
Jawaban: A

Soal 48

Hasil publikasi MPI menggunakan articulate storyline dapat dijalankan melalui, kecuali ....
A. desktop, berupa file aplikasi (.exe)
B. web browser, berupa file HTML5
C. video tutorial
D. smartphone Android, dengan mengkonversinya menjadi APK
E. LMS (Learning Management System) seperti Moodle, berupa file SCORM
Jawaban: C

Soal 49

Fungsi utama dari navigasi atau menu-menu dalam multimedia pembelajaran interaktif yaitu ....
A. memperindah tampilan MPI
B. mengarahkan siswa untuk menuju materi yang diinginkan
C. menambah keunikan MPI
D. membedakannya dengan media lain
E. memperjelas isi materi
Jawaban: B

Soal 50

Tahapan pengembangan MPI meliputi ....
A. Ide, GBIM & JM, Penyusunan naskah, Pengkajian naskah
B. rembuk naskah, casting, hunting, crew meeting, syuting
C. editing, mixing, preview, uji coba, revisi, distribusi
D. membuat storyboard, hunting, syuting
E. menentukan topik, menyusun GBIM JM, menyusun naskah
Jawaban: E

Soal 51

Hasil akhir dari kegiatan produksi adalah ....
A. storyboard
B. video pembelajaran yang siap dimanfaatkan
C. prototipe Multimedia PembeIajaran Interaktif
D. kumpulan clip video dan suara yang siap diedit
E. naskah multimedia pembelajaran yang telah disetujui oleh pengkaji
Jawaban: C

Soal 52

Pertanyaan: "Dibawah ini adalah hal yang berkaitan dengan pembelajaran dan AI, yaitu..."
Pilihan Jawaban:
A. pembelajaran yang mengakomodir pada kebutuhan murid
B. AI menjadi alat yang dapat membantu guru membuat konten pembelajaran
C. AI dapat menggantikan guru mendidik siswa di sekolah
D. pembelajaran membutuhkan AI dalam mengoreksi soal dan membentuk karakter siswa
Kunci Jawaban: B (AI menjadi alat yang dapat membantu guru membuat konten pembelajaran)

Soal 53

Pada sajian multimedia gambar dapat memiliki fungsi untuk ....
A. memvisualisasikan konsep verbal
B. memvisualisasikan video
C. mempermudah penyampaian pesan
D. memperindah media
E. menambah makna teks
Jawaban: A

Soal 54

Di bawah ini jenis-jenis media pembelajaran berteknologi digital, kecuali ...
a. Video dan Animasi
b. Game Based Learning
c. SMS
d. Augmented Reality
Jawaban: C

Soal 55

Fitur yang digunakan untuk menginput file berjenis .mp3 adalah...
A. Audio
B. Caption
C. Character
D. Video
E. Images
Jawaban: A

Soal 56

Bukan merupakan manfaat multimedia pembelajaran interaktif adalah ....
A. proses pembelajaran menjadi menarik
B. waktu mengajar lebih pendek
C. pemahaman siswa dapat ditingkatkan
D. tidak membutuhkan banyak materi
E. belajar mandiri dapat dilakukan dimana saja
Jawaban : D

Soal 57

Berikut ini yang bukan merupakan fungsi GBPM dalam proses penulisan naskah video pembelajaran adalah ....
A. acuan dalam membuat naskah video pembelajaran
B. memuat kompetensi dasar
C. memuat referensi yang digunakan
D. memuat tampilan dua kolom berupa video dan audio
Jawaban: E

Soal 58

Pemicu suatu animasi bergerak dengan menggunakan tombol berupa objek merupakan fungsi fitur ....
A. Slide
B. Layer
C. Scene
D. Trigger
E. Show and Hide
Jawaban: D

Soal 59

Pictory merupakan salah satu artificial Intelligence (AI) yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. Di bawah ini pengertian yang benar tentang Pictory yaitu ....
a. platform yang menggunakan teknologi AI untuk membuat gambar dan video secara otomatis berdasarkan teks, artikel atau skenario yang diberikan
b. merupakan platform dengan fitur pembuatan video karakter AI berbicara seperti manusia pada umumnya
c. Merupakan program dengan teknologi canggih yang dapat memproduksi tulisan yang tidak pasaran. Para pembuatnya bertujuan untuk membantu pengguna mendapatkan penghargaan dan pujian akan tulisan yang dibuat
d. Merupakan inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran digital
Jawaban: A

Soal 60

Apabila kita akan menonjolkan penampakan seekor Iguana yang berada pada rimbunnya dedaunan di tengah hutan, teknik pengambilan gambar yang paling tepat adalah ...
A. Teknik zoom
B. Teknik extreme close up
C. Teknik out of focus
D. Mengatur proporsi iguana dan pepohonan secara berimbang
Jawaban : C