Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembahasan Soal Ujian Akhir Pembatik Level 3 Tahun 2023

Ujian Akhir PembaTIK Level 3 Tahun 2023 akan diadakan pada tanggal 20 atau 21 September 2023. Peserta dapat memilih salah satu tanggal tersebut sesuai dengan waktu yang tersedia.

Di bawah ini terdapat beberapa contoh soal dan jawaban Ujian Akhir yang dapat digunakan untuk persiapan. Berikut rangkuman pembahasan soal Ujian Akhir PembaTIK 2023 level 3 yang dapat digunakan sebagai referensi.

Soal 1

Pembelajaran inovatif yang menekankan pada pemahaman siswa melalui pengalaman praktis dan aplikasi dalam situasi yang relevan merupakan bentuk pembelajaran....
a. Game Based Learning
b. Crossover Learning
c. Project Based Learning
d. Discovery Inquiry Learning
Jawaban : C

Soal 2

Strategi pembelajaran yang bertujuan mengakomodir kebutuhan belajar peserta didik yang berbeda beda disebut...
a. Pembelajaran Bermakna
b. Pembelajaran Berkonsep
c. Pembelajaran Terpusat Siswa
d. Pembelajaran Terdiferensiasi
Jawaban : D

Soal 3

Sebuah wadah di PMM agar para guru dapat melihat semua konten (bukti karya, video inspirasi, artikel pendek, dan cerita praktik) yang dikurasi oleh Tim PMM, guru juga dapat memahami praktik baik dari guru lainnya dan juga bisa membaca, melihat atau menonton karya dari guru lain. Menu terbaru yang dimaksud adalah...
a. Ide Praktik
b. Bukti Karya
c. Pelatihan Mandiri
d. Komunitas
Jawaban : A

Soal 4

Pak Fadil mengajar sosiologi pada fase E. Pak Fadil kesulitan dalam membuat modul ajar. Fitur apa yang terdapat di PMM yang dapat diunduh pak Fadil sebagai referensi pembuatan modul ajar yang akan disesuaikan dengan kondisi sekolah Pak Fadil...
a. Asesmen Murid
b. Perangkat Ajar
c. Pelatihan Mandiri
d. Video Inspirasi
Jawaban : B

Soal 5

Langkah pertama dalam perencanaan audio pembelajaran adalah ....
A. pencarian ide
B. rembuk naskah
C. telaah materi
D. penyusunan JM
Jawaban: C

Soal 6

Unsur-unsur program audio yang tepat adalah ...
A. tutur kata, musik dan sound efek
B. bahasa, musik, dan lagu
C. tutur kata, musik, dan naskah
D. bahasa, naskah, dan lagu
Jawaban : A

Soal 7

Format program audio yang tepat, kecuali ....
A. uraian
B. isian
C. diskusi
D. dialog
Jawaban : B

Soal 8

Salah satu kriteria pengkaji bahasa adalah ....
A. pernah membuat naskah audio
B. memiliki latar belakang pendidikan apapun
C. pernah menyutradarai produksi audio dan layak siar
D. mempunyai pengetahuan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Jawaban : D

Soal 9

GBIM dan JM adalah penjabaran materi atau tujuan pembelajaran yang sebelumnya sudah ditentukan dalam ....
A. Naskah
B. Latihan
C. Modul Ajar
D. Capaian Pembelajaran
Jawaban: C

Soal 10

Hasil akhir dari kegiatan pra produksi adalah ....
A. Kumpulan klip video dan suara yang siap diedit
B. Storyboard
C. Video pembelajaran yang siap dimanfaatkan
D. Naskah video pembelajaran yang telah disetujui oleh pengkaji
E. GBIM
Jawaban : D

Soal 11

Dalam penyusunan naskah soal fiksi/drama, format paling tepat yang digunakan adalah ...
A. Satu kolom
B. Dua kolom
C. Wide margin
D. Kombinasi antara wide margin dengan dua kolom
Jawaban : C

Soal 12

Berikut ini manfaat dan keuntungan penggunaan video dalam pembelajaran, kecuali ...
A. Dapat menggambarkan proses secara tepat dan dapat dilihat secara berulangulang
B. Mampu menunjukkan objek yang secara normal tidak dapat dilihat peserta didik
C. Mampu mendorong dan meningkatkan motivasi peserta didik untuk tetap melihatnya
D. Mampu menggantikan fungsi guru di kelas dalam proses pembelajaran
Jawaban : D

Soal 13

Apabila kita akan menonjolkan penampakan seekor Iguana yang berada pada rimbunnya dedaunan di tengah hutan, teknik pengambilan gambar yang paling tepat adalah ...
A. Teknik zoom
B. Teknik extreme close up
C. Teknik out of focus
D. Mengatur proporsi iguana dan pepohonan secara berimbang
Jawaban : C

Soal 14

Diantara beberapa pernyataan berikut, pernyataan yang paling tepat diantaranya adalah ...
A. GBIM berisi gambaran atau deskripsi tentang pesan atau informasi yang akan disampaikan
B. Gagasan video pembelajaran bersumber pada kurikulum, karena didalamnya terdapat tujuan pembelajaran yang akan dicapai
C. JM disusun sebagai penjabaran kompetensi dan indikator hasil belajar yang akan dicapai
D. Penulisan GBIM dapat menggunakan format satu kolom, dua kolom, maupun wide margin
Jawaban : B

Soal 15

Penyampaian materi berikut yang tidak tepat ditampilkan dalam media video pembelajaran, diantaranya...
A. Merangkai dan menggunakan alat uji elektrolit
B. Proses meletusnya gunung berapi
C. Perkembangbiakan mamalia laut
D. Daur hidup kupu-kupu
Jawaban: A

Soal 16

Pada tahapan pasca produksi, hal yang tidak dilakukan pada tahap ini diantaranya ...
A. Preview
B. Mixing
C. Rembuk naskah
D. Distribusi
Jawaban : C

Soal 17

Komponen multimedia pembelajaran interaktif yang harus ada adalah, kecuali ....
A. judul
B. tujuan
C. materi
D. simulasi
E. latihan / soal
Jawaban : D

Soal 18

Media berikut yang tidak dapat digunakan dalam membuat multimedia pembelajaran interaktif yaitu ....
A. Articulate Storyline
B. Kinemaster
C. Google Site
D. Canva for Education
E. Ispring
Jawaban : B

Soal 19

Berikut adalah tahapan pengembangan MPI:
1. Pra produksi
2. Pasca produksi
3. Produksi
Urutan yang tepat yaitu ...
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 2
C. 2, 3, dan 1
D. 2, 1, dan 3
E. 3, 2, dan 1
Jawaban : B

Soal 20

Kegiatan yang bertujuan untuk melihat apakah media video pembelajaran sudah sesuai dengan perencanaan awal (naskah) yang disusun merupakan bagian dari ...
A. Preview
B. Mixing
C. Rembuk naskah
D. Editing
Jawaban : A

Soal 21

Aplikasi pembuatan Edugame berikut yang dibuat untuk pemula, kecuali..
A. Smart App Creator
B. Adventure Maker Studio
C. Construct
D. Articulate Storyline
E. Cam Studio
Jawaban: E

Soal 22

Edugame adalah permainan yang dibuat dengan tujuan pembelajaran yang bukan hanya bermaksud menghibur sehingga diharapkan bisa menambah wawasan pengetahuan. Pengertian di atas berdasarkan pengertian dari ....
A. Alya
B. Marc Prensky
C. Novia Desta
D. Handriyantini
E. Mark Antony
Jawaban: C

Soal 23

Konten yang dimasukkan ke dalam page, sebaiknya dilengkapi juga dengan audio narator. Jadi tidak hanya teks dan gambar. Langkah yang tepat yaitu ....
A. pergi ke menu Insert lalu klik Audio.
B. pergi ke menu Insert lalu klik Musik.
C. pergi ke menu Insert lalu klik Open.
D. pergi ke menu Insert lalu klik Interaction.
E. pergi ke menu Insert lalu klik Touch.
Jawaban: A

Soal 24

Multimedia interaktif adalah alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif, yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video adalah pengertian multimedia Interaktif menurut ....
A. Hofstetter
B. Robin dan Linda
C. Daryanto
D. Mc. Comick
E. Mahmoud & Auoter
Jawaban : B

Soal 25

Referensi background yang bisa anda gunakan dalam pengembangan MPI, kecuali....
A. www.pexels.com
B. www.dafont.com
C. www.freepik.com
D. pngtree.com
E. pngtree.com
Jawaban : B

Soal 26

Media yang tidak dapat dimanfaatkan untuk membuat multimedia pembelajaran interaktif adalah ....
A. Canva for Education
B. Google Slide
C. Google Site
D. Google Doc
E. Smart Apps Creator
Jawaban : D

Soal 27

Proses memadukan gambar dan suara menjadi kesatuan video yang enak dilihat dan didengar disebut dengan....
A. Rendering
B. Editing
C. Mixing
D. Recording
E. Trimming
Jawaban : C

Soal 28

Naskah yang terdapat gambaran secara lengkap setiap adegan bahkan shot (gambaran), misalnya bagaimana gerakan, di mana posisi objek, dan melakukan apa, kemudian dimana posisi kamera bagaimana cara pengambilan gambarnya, kemudian di mana lampu dan bagaimana suasana yang ingin diciptakan disebut ....
A. GBPM
B. Jabaran Materi
C. Storyboard
D. Naskah video pembelajaran
E. Naskah yang sudah dikaji
Jawaban: C

Soal 29

Bagian yang penting dalam articulate storyline digunakan untuk memisahkan objek (konten) yang satu dengan lainnya adalah ....
A. Slide
B. Layer
C. Scene
D. Trigger
E. Menu
Jawaban : B

Soal 30

Fitur Smart Apps Creator yang digunakan untuk menambahkan website adalah....
A. Timer
B. Counter
C. Hotspot
D. Button
E. Website
Jawaban : D