Pembahasan Soal Ujian Akhir Pembatik Level 3 Tahun 2023
Ujian Akhir PembaTIK Level 3 Tahun 2023 akan diadakan pada tanggal 20 atau 21 September 2023. Peserta dapat memilih salah satu tanggal tersebut sesuai dengan waktu yang tersedia.
Di bawah ini terdapat beberapa contoh soal dan jawaban Ujian Akhir yang dapat digunakan untuk persiapan. Berikut rangkuman pembahasan soal Ujian Akhir PembaTIK 2023 level 3 yang dapat digunakan sebagai referensi.
a. Game Based Learning
b. Crossover Learning
c. Project Based Learning
d. Discovery Inquiry Learning
Jawaban : C
a. Pembelajaran Bermakna
b. Pembelajaran Berkonsep
c. Pembelajaran Terpusat Siswa
d. Pembelajaran Terdiferensiasi
Jawaban : D
a. Ide Praktik
b. Bukti Karya
c. Pelatihan Mandiri
d. Komunitas
Jawaban : A
a. Asesmen Murid
b. Perangkat Ajar
c. Pelatihan Mandiri
d. Video Inspirasi
Jawaban : B
Soal 5
Langkah pertama dalam perencanaan audio pembelajaran adalah ....
A. pencarian ide
B. rembuk naskah
C. telaah materi
D. penyusunan JM
Jawaban: C
Soal 6
Unsur-unsur program audio yang tepat adalah ...
A. tutur kata, musik dan sound efek
B. bahasa, musik, dan lagu
C. tutur kata, musik, dan naskah
D. bahasa, naskah, dan lagu
Jawaban : A
Soal 7
Format program audio yang tepat, kecuali ....
A. uraian
B. isian
C. diskusi
D. dialog
Jawaban : B
Soal 8
Salah satu kriteria pengkaji bahasa adalah ....
A. pernah membuat naskah audio
B. memiliki latar belakang pendidikan apapun
C. pernah menyutradarai produksi audio dan layak siar
D. mempunyai pengetahuan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Jawaban : D
Soal 9
GBIM dan JM adalah penjabaran materi atau tujuan pembelajaran yang sebelumnya sudah ditentukan dalam ....
A. Naskah
B. Latihan
C. Modul Ajar
D. Capaian Pembelajaran
Jawaban: C
A. Kumpulan klip video dan suara yang siap diedit
B. Storyboard
C. Video pembelajaran yang siap dimanfaatkan
D. Naskah video pembelajaran yang telah disetujui oleh pengkaji
E. GBIM
Jawaban : D
A. Satu kolom
B. Dua kolom
C. Wide margin
D. Kombinasi antara wide margin dengan dua kolom
Jawaban : C
A. Dapat menggambarkan proses secara tepat dan dapat dilihat secara berulangulang
B. Mampu menunjukkan objek yang secara normal tidak dapat dilihat peserta didik
C. Mampu mendorong dan meningkatkan motivasi peserta didik untuk tetap melihatnya
D. Mampu menggantikan fungsi guru di kelas dalam proses pembelajaran
Jawaban : D
Soal 13
A. Teknik zoom
B. Teknik extreme close up
C. Teknik out of focus
D. Mengatur proporsi iguana dan pepohonan secara berimbang
Jawaban : C
A. GBIM berisi gambaran atau deskripsi tentang pesan atau informasi yang akan disampaikan
B. Gagasan video pembelajaran bersumber pada kurikulum, karena didalamnya terdapat tujuan pembelajaran yang akan dicapai
C. JM disusun sebagai penjabaran kompetensi dan indikator hasil belajar yang akan dicapai
D. Penulisan GBIM dapat menggunakan format satu kolom, dua kolom, maupun wide margin
Jawaban : B
A. Merangkai dan menggunakan alat uji elektrolit
B. Proses meletusnya gunung berapi
C. Perkembangbiakan mamalia laut
D. Daur hidup kupu-kupu
Jawaban: A
Soal 16
Pada tahapan pasca produksi, hal yang tidak dilakukan pada tahap ini diantaranya ...
A. Preview
B. Mixing
C. Rembuk naskah
D. Distribusi
Jawaban : C
Soal 17
Komponen multimedia pembelajaran interaktif yang harus ada adalah, kecuali ....
A. judul
B. tujuan
C. materi
D. simulasi
E. latihan / soal
Jawaban : D
Soal 18
A. Articulate Storyline
B. Kinemaster
C. Google Site
D. Canva for Education
E. Ispring
Jawaban : B
Soal 19
Berikut adalah tahapan pengembangan MPI:
1. Pra produksi
2. Pasca produksi
3. Produksi
Urutan yang tepat yaitu ...
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 2
C. 2, 3, dan 1
D. 2, 1, dan 3
E. 3, 2, dan 1
Jawaban : B
A. Preview
B. Mixing
C. Rembuk naskah
D. Editing
Jawaban : A
Soal 21
Aplikasi pembuatan Edugame berikut yang dibuat untuk pemula, kecuali..
A. Smart App Creator
B. Adventure Maker Studio
C. Construct
D. Articulate Storyline
E. Cam Studio
Jawaban: E
Soal 22
Edugame adalah permainan yang dibuat dengan tujuan pembelajaran yang bukan hanya bermaksud menghibur sehingga diharapkan bisa menambah wawasan pengetahuan. Pengertian di atas berdasarkan pengertian dari ....
A. Alya
B. Marc Prensky
C. Novia Desta
D. Handriyantini
E. Mark Antony
Jawaban: C
A. pergi ke menu Insert lalu klik Audio.
B. pergi ke menu Insert lalu klik Musik.
C. pergi ke menu Insert lalu klik Open.
D. pergi ke menu Insert lalu klik Interaction.
E. pergi ke menu Insert lalu klik Touch.
Jawaban: A
A. Hofstetter
B. Robin dan Linda
C. Daryanto
D. Mc. Comick
E. Mahmoud & Auoter
Jawaban : B
Soal 25
Referensi background yang bisa anda gunakan dalam pengembangan MPI, kecuali....
A. www.pexels.com
B. www.dafont.com
C. www.freepik.com
D. pngtree.com
E. pngtree.com
Jawaban : B
Soal 26
Media yang tidak dapat dimanfaatkan untuk membuat multimedia pembelajaran interaktif adalah ....
A. Canva for Education
B. Google Slide
C. Google Site
D. Google Doc
E. Smart Apps Creator
Jawaban : D
Soal 27
A. Rendering
B. Editing
C. Mixing
D. Recording
E. Trimming
Jawaban : C
A. GBPM
B. Jabaran Materi
C. Storyboard
D. Naskah video pembelajaran
E. Naskah yang sudah dikaji
Jawaban: C
Soal 29
Bagian yang penting dalam articulate storyline digunakan untuk memisahkan objek (konten) yang satu dengan lainnya adalah ....
A. Slide
B. Layer
C. Scene
D. Trigger
E. Menu
Jawaban : B
Soal 30
Fitur Smart Apps Creator yang digunakan untuk menambahkan website adalah....
A. Timer
B. Counter
C. Hotspot
D. Button
E. Website
Jawaban : D