Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru 2023
40 SOAL KOMPETENSI TEKNIS PPPK GURU 2023 DAN KUNCI JAWABAN
1. Media pembelajaran yang cocok untuk menjelaskan materi tentang Kenarok dan Kendedes adalah....A. Sejarah tokoh masyarakat Jawa
B. Sumber buku paket
C. Gambar peta dan globe
D. Video kisah Kenarok dan Ken Dedes
E. Gambar candi
Jawaban: D
2. Pemberian umpan balik jika siswa heterogen adalah....
A. Representative feedback
B. Cumulative feedback
C. Quantitative feedback
D. Institutionalized feedback
E. External feedback
Jawaban: A
3. Pemberian umpan balik kepada peserta didik penting dilakukan untuk meningkatkan keberhasilan, memperbaiki kesalahan, membantu mengungkap kesalahpahaman, dan menyarankan perbaikan tertentu. Jenis umpan balik jika siswa homogen adalah....
A. Representative feedback
B. Cumulative feedback
C. Quantitative feedback
D. Institutionalized feedback
E. External feedback
A. Representative feedback
B. Cumulative feedback
C. Quantitative feedback
D. Institutionalized feedback
E. External feedback
Jawaban: B
4. Pengamatan pertumbuhan pohon singkong merupakan penilaian....
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. Proyek
E. Praktik
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. Proyek
E. Praktik
Jawaban: D
5. Menyanyikan lagu Indonesia Raya merupakan penilaian....
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. Proyek
E. Praktik
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. Proyek
E. Praktik
Jawaban: E
6. Membuat anyaman merupakan penilaian....
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. Proyek
E. Praktik
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. Proyek
E. Praktik
Jawaban: B
7. Siswa membuat laporan hasil pengamatan proses fotosintesis termasuk penilaian....
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. Proyek
E. Praktik
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. Proyek
E. Praktik
Jawaban: B
8. Siswa menyajikan laporan hasil pengamatan proses fotosintesis termasuk penilaian....
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. Proyek
E. Praktik
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. Proyek
E. Praktik
Jawaban: E
9. Siswa diminta mengamati proses fotosintesis termasuk penilaian....
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. Proyek
E. Praktik
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. Proyek
E. Praktik
Jawaban: D
10. Dalam pembelajaran di kelas Anda terdapat 2 siswa yang berkebutuhan khusus, pembelajaran apa yang tepat dilakukan dalam menghadapi kondisi ini…
A. Menyuruh anak itu mengerjakan soal kedepan dan membimbingnya
B. Membagi kelompok diskusi
C. Melakukan pembimbingan di tempat duduk mereka
D. Mengelompokkan dengan siswa pintar agar bisa ikut terimbas
E. Memisahkan kedua siswa dengan siswa normal lainnya dengan perlakuan berbeda
A. Menyuruh anak itu mengerjakan soal kedepan dan membimbingnya
B. Membagi kelompok diskusi
C. Melakukan pembimbingan di tempat duduk mereka
D. Mengelompokkan dengan siswa pintar agar bisa ikut terimbas
E. Memisahkan kedua siswa dengan siswa normal lainnya dengan perlakuan berbeda
Jawaban: C
11. Jika ingin membangkitkan rasa ingin tahu dan gemar membaca, maka cara efektif yang akan Anda lakukan adalah....
A. Diajak ke perpustakaan rutin dan membuat mading poster
B. Diajak ke laboratorium sains dan mencari literatur tentang sains
C. Kegiatan membaca rutin setiap pagi sebelum masuk ruangan dan membuat majalah di dinding
D. Memajang hasil karya puisi siswa
E. Lomba menulis naskah drama
A. Diajak ke perpustakaan rutin dan membuat mading poster
B. Diajak ke laboratorium sains dan mencari literatur tentang sains
C. Kegiatan membaca rutin setiap pagi sebelum masuk ruangan dan membuat majalah di dinding
D. Memajang hasil karya puisi siswa
E. Lomba menulis naskah drama
Jawaban: B
12. Penilaian harus mampu menelusuri dan melacak kemajuan siswa sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini prinsip penilaian sebagai....
A. Keeping track
B. Checking up
C. Finding out
D. Summing up
E. Finding in
A. Keeping track
B. Checking up
C. Finding out
D. Summing up
E. Finding in
Jawaban: A
13. Penilaian harus mampu mengecek ketercapaian kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran. Ini adalah prinsip penilaian otentik sebagai...
A. Keeping track
B. Checking up
C. Finding out
D. Summing up
E. Finding in
A. Keeping track
B. Checking up
C. Finding out
D. Summing up
E. Finding in
Jawaban: B
14. Guru menguasai bidang keilmuan lain yang menunjang proses pembelajaran. Adalah kompetensi...
A. Pedagogik
B. Profesional
C. Kepribadian
D. Sosial
E. Budaya
A. Pedagogik
B. Profesional
C. Kepribadian
D. Sosial
E. Budaya
Jawaban: A
15. Dalam mengawali pelajarannya, Pak Mamaz Nendar menyampaikan suatu permasalahan guna menggugah dan menimbulkan kepenasaran para siswanya. Langkah tersebut bertujuan untuk mendorong para siswa agar mau mengembangkan kreativitasnya. Langkah yang dilakukan Pak Mamaz Nendar itu merupakan bagian dari model pembelajaran…
A. Portofolio
B. Saintifik
C. Penemuan
D. Autentik
E. Kontekstual Teaching and Learning
A. Portofolio
B. Saintifik
C. Penemuan
D. Autentik
E. Kontekstual Teaching and Learning
Jawaban: C
16. Dalam mengawali pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model pembelajaran…
A. Portofolio
B. Saintifik
C. Penemuan
D. Autentik
E. Kontekstual
A. Portofolio
B. Saintifik
C. Penemuan
D. Autentik
E. Kontekstual
Jawaban: B
17. Manakah cara yang paling efektif dan bermakna dalam mengkomunikasikan hasil penilaian harian atau capaian sementara kepada siswa dan orangtua,
a. Menggunakan angka-angka dan peringkat sementara siswa dalam kelas
b. Menggunakan angka-angka tanpa disertai peringkat
c. Dalam bentuk kategori A: sangat baik, B= baik, C=kurang, D, kurang sekali
d. Dalam bentuk angka, KKM yang dicapai pada mata pelajaran dan kelulusannya
e. Dalam bentuk deskripsi tentang KKM yang sudah dicapai dan belum dicapai
a. Menggunakan angka-angka dan peringkat sementara siswa dalam kelas
b. Menggunakan angka-angka tanpa disertai peringkat
c. Dalam bentuk kategori A: sangat baik, B= baik, C=kurang, D, kurang sekali
d. Dalam bentuk angka, KKM yang dicapai pada mata pelajaran dan kelulusannya
e. Dalam bentuk deskripsi tentang KKM yang sudah dicapai dan belum dicapai
Jawaban: E
18. Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus dapat menilai kemampuan siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum dan meliputi berbagai aspek. Hal ini sesuai dengan prinsip ….
A. Terbuka
B. Menyeluruh
C. Bermakna
D. Adil
E. Sahih
A. Terbuka
B. Menyeluruh
C. Bermakna
D. Adil
E. Sahih
Jawaban: B
19. Salah satu indikator yang dapat menunjukkan kualitas butir tes uraian yang baik adalah ....
A. Menuntut jawaban berupa ungkapan pendapat siswa
B. Menuntut jawaban berupa fakta-fakta yang sebenarnya
C. Ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar
D. Ditulis oleh guru yang mengajar di kelas
E. Pertanyaan tidak berupa kalimat yang panjang
A. Menuntut jawaban berupa ungkapan pendapat siswa
B. Menuntut jawaban berupa fakta-fakta yang sebenarnya
C. Ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar
D. Ditulis oleh guru yang mengajar di kelas
E. Pertanyaan tidak berupa kalimat yang panjang
Jawaban: A
20. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pengembangan kisi-kisi tes uraian, kecuali ....
A. Penentuan alokasi waktu
B. Penentuan pokok bahasan
C. Penentuan indikator/tujuan
D. Pendistribusian butir soal
A. Penentuan alokasi waktu
B. Penentuan pokok bahasan
C. Penentuan indikator/tujuan
D. Pendistribusian butir soal
Jawaban: C
21. Berdasarkan hasil tes, para siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelas sesuai dengan tingkat IQ nya. Dilihat dari fungsinya maka tes tersebut termasuk pada jenis tes ....
A. Seleksi
B. Penempatan
C. Pre Test-pos test
D. Diagnostik
A. Seleksi
B. Penempatan
C. Pre Test-pos test
D. Diagnostik
Jawaban: B
22. Disediakan dua magnet dan paku, siswa melakukan percobaan tarik menarik kutub medan magnet . Komponen tujuan pembelajaran yang kurang dari hal tersebut adalah...
A. Condition
B. Behavior dan degree
C. Condition dan degree
D. Audience
E. Degree
A. Condition
B. Behavior dan degree
C. Condition dan degree
D. Audience
E. Degree
Jawaban: E
23. Media yang cocok untuk menggambarkan tentang banjir adalah..
A. Video
B. Gambar banjir
C. Potongan artikel berita di media cetak
D. Peta persebaran potensi banjir
E. Berita perkiraan cuaca di televisi
A. Video
B. Gambar banjir
C. Potongan artikel berita di media cetak
D. Peta persebaran potensi banjir
E. Berita perkiraan cuaca di televisi
Jawaban: C
24. Media yang tepat untuk mengajarkan kebutuhan ekonomi yang melonjak tinggi adalah
A. Potongan artikel media cetak
B. Video di kanal YouTube
C. Tayangan berita di televisi
D. Daftar harga barang pokok terbaru
E. Buku paket
A. Potongan artikel media cetak
B. Video di kanal YouTube
C. Tayangan berita di televisi
D. Daftar harga barang pokok terbaru
E. Buku paket
Jawaban: C
25. Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai.. Hal ini sesuai dengan prinsip ….
A. Terbuka
B. Menyeluruh
C. Bermakna
D. Adil
E. Obyektif
A. Terbuka
B. Menyeluruh
C. Bermakna
D. Adil
E. Obyektif
Jawaban: E
26. Pak Liman adalah seorang guru olahraga. Pagi ini dia akan mengadakan penilaian praktik berenang. Prinsip penilaian yang dilakukan adalah…
a. Sahih
b. Obyektif
c. Menyeluruh
d. Sistematis
e. Beracuan kriteria
a. Sahih
b. Obyektif
c. Menyeluruh
d. Sistematis
e. Beracuan kriteria
Jawaban: A
27. Bu Linda adalah seorang guru seni. Hari ini dia ingin menilai kemampuan siswa dalam membuat lukisan. Selain hasil lukisan siswa yang dinilai, teknik dalam menggambar, cara menggunakan alat dan perlengkapan, serta sikap siswa dalam menghargai karya temannya juga menjadi acuan dalam penilaian. Dalam hal ini, Bu Linda telah menerapkan prinsip ….
a. Sahih
b. Obyektif
c. Menyeluruh
d. Sistematis
e. Beracuan kriteria
a. Sahih
b. Obyektif
c. Menyeluruh
d. Sistematis
e. Beracuan kriteria
Jawaban: C
28. Pak Bejo adalah guru PKn di sekolah "Mekar Indah". Dia tinggal di desa Mangun Harjo. Siska adalah tetangga dari Pak Bejo. Setiap pembagian hasil evaluasi, Siska selalu diberi nilai 85 oleh Pak Bejo. Sementara Rudi, siswa yang paling pintar di kelasnya, hanya mendapat 80. Dari kasus di atas, artinya Pak Bejo tidak melaksanakan prinsip penilaian….
a. Adil
b. Obyektif
c. Menyeluruh
d. Sistematis
e. Beracuan kriteria
a. Adil
b. Obyektif
c. Menyeluruh
d. Sistematis
e. Beracuan kriteria
Jawaban: B
29. Hari ini diadakan penilaian harian oleh Pak Rendra, guru Fisika. Jumlah nomor soal ada 10. Siswa dengan absen ganjil mengerjakan nomor ganjil, siswa dengan nomor absen genap mengerjakan soal nomor genap. Yang dilakukan Pak Rendra tidak sesuai dengan prinsip penilaian….
a. Adil
b. Obyektif
c. Menyeluruh
d. Sistematis
e. Beracuan kriteria
a. Adil
b. Obyektif
c. Menyeluruh
d. Sistematis
e. Beracuan kriteria
Jawaban: A
30. Hari ini diadakan penilaian harian oleh Pak Bobi, guru Bahasa Jawa. Jumlah nomor soal ada 10. Siswa diminta untuk mengerjakan 7 nomor soal dari 10 soal yang diberikan. Siswa bebas memilih 7 nomor soal dari 10 soal yang diberikan Pak Bobi. Yang dilakukan Pak Bobi tidak sesuai dengan prinsip penilaian….
a. Adil
b. Obyektif
c. Menyeluruh
d. Sistematis
e. Beracuan kriteria
a. Adil
b. Obyektif
c. Menyeluruh
d. Sistematis
e. Beracuan kriteria
Jawaban: A
31. Pagi ini penyerahan Raport untuk siswa "SMP Mekar Sari". Bu Neni adalah Guru Matematika di SMP tersebut. Saat sehabis pembagian raport, tiba-tiba Bu Neni didatangi oleh orang tua murid sambil marah-marah dan menggerutu karena nilai anaknya jelek, padahal menurutnya anaknya adalah siswa yang pintar. Bu Neni kemudian menjelaskan teknik prosedur dan hasil pengolahan nilai dari nilai harian, PTS, dan PAS, serta nilai sikap siswa dengan buku catatan penilaian yang lengkap. Dan akhirnya orang tua siswa tersebut dapat mengerti bahwa nilai anaknya memang sesuai dengan fakta. Dengan demikian, Bu Neni telah melaksanakan prinsip penilaian….
a. Adil
b. Obyektif
c. Menyeluruh
d. Sistematis
e. Akuntabel
a. Adil
b. Obyektif
c. Menyeluruh
d. Sistematis
e. Akuntabel
Jawaban: E
32. Dalam setiap kali penilaian, Pak Joko selalu membuat rubrik penilaian yang berisi kriteria penilaian yang mencerminkan kompetensi yang akan dinilai. Hal ini sesuai dengan prinsip penilaian….
a. Sistematis
b. Beracuan kriteria
c. Menyeluruh
d. Sistematis
e. Akuntabel
a. Sistematis
b. Beracuan kriteria
c. Menyeluruh
d. Sistematis
e. Akuntabel
Jawaban: B
33. Dalam setiap pembelajaran, Pak Candra selalu mengadakan penilaian untuk melihat daya serap siswa terhadap materi yang telah diberikan. Dalam setiap pembelajaran…
a. Sistematis
b. Beracuan kriteria
c. Terpadu
d. Sistematis
e. Akuntabel
a. Sistematis
b. Beracuan kriteria
c. Terpadu
d. Sistematis
e. Akuntabel
Jawaban: C
34. Pada awal semester, Pak Budi sebagai guru IPA selalu menjelaskan penilaian yang akan dilaksanakan selama satu semester dan penentuan nilai akhir IPA yang akan dijadikan dasar untuk pemberian nilai rapor. Hal ini artinya Pak Budi telah menerapkan prinsip penilaian….
a. Sistematis
b. Terbuka
c. Terpadu
d. Sistematis
e. Akuntabel
a. Sistematis
b. Terbuka
c. Terpadu
d. Sistematis
e. Akuntabel
Jawaban: B
35. Perhatikan butir soal uraian berikut. Sebutkan 3 buah sungai di provinsi Jawa Barat yang bermuara di Laut Jawa. Butir soal tersebut ….
A. Cukup bagus karena jumlah sungai yang ditanyakan sudah terukur
B. Cukup bagus karena ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti
C. Jelek karena hanya mengukur tingkat berpikir rendah/ranah ingatan
D. Jelek karena ditulis dalam kalimat yang sangat pendek
A. Cukup bagus karena jumlah sungai yang ditanyakan sudah terukur
B. Cukup bagus karena ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti
C. Jelek karena hanya mengukur tingkat berpikir rendah/ranah ingatan
D. Jelek karena ditulis dalam kalimat yang sangat pendek
Jawaban: C
36. Dari banyaknya definisi/batasan yang dikemukakan oleh para ahli, namun esensi dari pengertian penilaian portofolio adalah ....
A. Kumpulan hasil karya siswa
B. Rekaman hasil karya siswa
C. Rangkaian hasil karya siswa
D. Kumpulan nilai siswa
E. Kumpulan Siswa
A. Kumpulan hasil karya siswa
B. Rekaman hasil karya siswa
C. Rangkaian hasil karya siswa
D. Kumpulan nilai siswa
E. Kumpulan Siswa
Jawaban: A
37. Untuk mencegah terjadinya jawaban siswa yang sangat beragam, jenis tes uraian yang paling tepat digunakan adalah ….
A. Tes uraian bebas
B. Tes uraian terbatas
C. Yang sederhana
D. Yang sangat kompleks
A. Tes uraian bebas
B. Tes uraian terbatas
C. Yang sederhana
D. Yang sangat kompleks
Jawaban: B
38. Dengan melihat hasil pre-test, seorang guru dapat mengetahui bahwa 3 dari 8 soal yang diberikan mampu dijawab hampir seluruh siswa dengan benar. Jika Anda sebagai guru, manfaat apa yang dapat dipetik dari informasi tadi.
A. Mengajarkan seluruh materi sesuai dengan kurikulum agar penguasaan siswa lebih baik
B. 3 dari 8 soal tersebut tidak akan ditanyakan lagi pada saat melakukan post-test
C. Materi yang telah dikuasai siswa tidak perlu diajarkan lagi pada proses kegiatan belajar mengajar
D. Melaksanakan pelajaran remedial untuk materi yang belum dikuasai siswa berdasarkan hasil pre-test
A. Mengajarkan seluruh materi sesuai dengan kurikulum agar penguasaan siswa lebih baik
B. 3 dari 8 soal tersebut tidak akan ditanyakan lagi pada saat melakukan post-test
C. Materi yang telah dikuasai siswa tidak perlu diajarkan lagi pada proses kegiatan belajar mengajar
D. Melaksanakan pelajaran remedial untuk materi yang belum dikuasai siswa berdasarkan hasil pre-test
Jawaban: C
39. Dalam rangka menilai tingkat keberhasilan pembelajaran maka perlu dilakukan penilaian dalam bentuk tes. Dalam penilaian dikenal dengan sitilah tes formatif dan tes sumatif. Perbedaannya adalah...
A. Cakupan materi dan bentuk soal
B. Bentuk soal dan waktu pelaksanaan
C. Cakupan materi dan waktu pelaksanaan
D. Bentuk soal dan kondisi peserta didik
A. Cakupan materi dan bentuk soal
B. Bentuk soal dan waktu pelaksanaan
C. Cakupan materi dan waktu pelaksanaan
D. Bentuk soal dan kondisi peserta didik
Jawaban: C
40. Seorang peserta didik memprotes skor yang diperoleh pada soal nomor 4 dalam ulangan yang telah dilaksanakan. Menurut siswa tersebut, seharusnya mendapat skor 5, akan tetapi guru memberikan skor 3. Guru tersebut menjelaskan pembobotan nilai pada soal tersebut dengan menjelaskan kriteria penilaian yang terdiri dari 0, 1, 2, 3, 4, 5. Peserta didik pun mengerti dan menerima skor tersebut. Prinsip penilaian yang diterapkan guru adalah...
A. Terbuka
B. Akuntabel
C. Obyektif
D. Menyeluruh
E. Adil
A. Terbuka
B. Akuntabel
C. Obyektif
D. Menyeluruh
E. Adil
Jawaban: A
Download Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru 2023 (Disini).
Berikut Link Download Kisi-Kisi Soal PPPK Guru Tahun 2023:
- Ketentuan Soal Kompetensi Teknis Tambahan PPPK Guru 2023 (Disini)
- Kumpulan Soal-Soal PPPK Guru Tahun 2023 semua jenjang download (Disini).
- Soal PPPK Guru 2023 Teori belajar Gagne, Taksonomi Bloom dan perkembangannya, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 Teori Belajar Piaget, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 Teori Belajar Ausubel download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 Profil Pelajar Pancasila download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Karakteristik Murid Berkebutuhan Khusus, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Individualized Education Program (IEP) dan Prinsip-prinsip differentiated learning, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Konsep dan Prinsip Assessment as Learning dan Assessment for Learning, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Active Listening, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Teori Dasar Komunikasi, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Kesepakatan dan Kebiasaan Positif di Lingkungan Belajar, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Konsep dan prinsip-prinsip motivasi dalam pendidikan, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Mengembangkan Motivasi Siswa, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Behavior modification & habit formation, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Prinsip-prinsip reward, punishment, dan reinforcement dalam pembentukan tingkah laku, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Desain Pembelajaran, download (Disini)
- Soal Tes Observasi PPPK Guru 2023 download (Disini)
- Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru SD atau Guru Kelas download (Disini).
- Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru SMP semua mapel download (Disini)
- Soal-Soal PPPK Guru (Teknis, Manajerial, Sosio-Kultural) download (Disini).
- Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru dan Kunci Jawaban download (Disini)
- Soal Kompetensi Manajerial PPPK Guru dan Kunci Jawaban download (Disini)
- Soal Kompetensi Sosiokultural PPPK Guru dan Kunci Jawaban download (Disini)
- Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru download (Disini)
- Soal Kompetensi Manajerial PPPK Guru download (Disini)
- Soal Integritas dan Sosiokultural PPPK Guru download (Disini)
- Modul Pedagogi PPPK Guru Jenjang SD - SMA download (Disini)
- Modul PPPK Guru Paud - TK download (Disini)
- Modul PPPK Guru SD Semua Mata Pelajaran download (Disini)
- Modul PPPK Guru SMP Semua Mata Pelajaran download (Disini)
- Modul PPPK Guru SMA-SMK Semua Mata Pelajaran download (Disini)
- Kisi-kisi Soal PPPK Guru Tahun 2023 download (Disini).