25 Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru 2023 Pdf
Kompetensi teknis merujuk pada kemampuan serta pengetahuan spesifik yang diperlukan dalam mengeksekusi tugas atau pekerjaan yang terkait dengan teknologi atau domain teknis tertentu. Untuk mendownloadnya silahkan unduh di bagian paling bawah yang kami bagikan dalam link google drive.
Berikut 25 Contoh Soal Kompetensi Teknis PPPPK Guru Tahun 2023:
1. Pelajaran IPA hari ini tentang pemantulan cahaya. Pak Agung mengajak siswa melakukan kegiatan praktikum pemantulan pada cermin datar. Penilaian yang diterapkan tidak hanya ranah kognitif, tetapi juga psikomotorik. Berikut ini rubik untuk menilai keterampilan siswa menggunakan busur derajat ketika mengukur besarnya Sudut datang dan memiliki skor rendah adalah
A. membaca hasil pengukuran busur derajat dari arah kanan
B. meletakkan posisi nol busur derajat pada garis normal
C. meletakkan titik tengah busur derajat berimpit dengan perpotongan sinar pantul dan garis normal
D. mengukur besar sudut antara garis normal dengan sinar datang
E. menghitung sudut datang
B. meletakkan posisi nol busur derajat pada garis normal
C. meletakkan titik tengah busur derajat berimpit dengan perpotongan sinar pantul dan garis normal
D. mengukur besar sudut antara garis normal dengan sinar datang
E. menghitung sudut datang
Kunci Jawaban E
2. Untuk mengembangkan konsep penjumlahan pecahan, alat peraga matematika yang paling tepat adalah...
A. Gambar beberapa persegi di papan tulis
B. Potongan sama besar model kue pizza
C. Lempengan persegi yang dipotong-potong vertikal dan horizontal
D. Potongan model buah apel
E. Garis bilangan
B. Potongan sama besar model kue pizza
C. Lempengan persegi yang dipotong-potong vertikal dan horizontal
D. Potongan model buah apel
E. Garis bilangan
Kunci Jawaban B
3. Ibu dia adalah guru SD kelas V. Beliau akan mengajarkan materi “Peninggalan Sejarah”. Kegiatan siswa adalah mengamati tayangan video tentang benda-benda peninggalan sejarah. Langkah selanjutnya yang seharusnya dilakukan siswa adalah...
A. membuat karangan tentang peninggalan sejarah yang telah diamati
B. saling bercerita tentang pengalaman dari tayangan video dengan teman semeja
C. setiap siswa menyebutkan berbagai macam benda peninggalan sejarah dalam laporan sederhana
D. menggambar salah satu benda peninggalan sejarah
E. guru membimbing siswa untuk melakukan diskusi kelompok tentang tayangan video
B. saling bercerita tentang pengalaman dari tayangan video dengan teman semeja
C. setiap siswa menyebutkan berbagai macam benda peninggalan sejarah dalam laporan sederhana
D. menggambar salah satu benda peninggalan sejarah
E. guru membimbing siswa untuk melakukan diskusi kelompok tentang tayangan video
Kunci Jawaban E
4. Salah satu contoh rumusan tujuan pembelajaran yang baik adalah....
A. siswa mampu menirukan tulisan yang dicontohkan guru
B. siswa mampu menulis tegak bersambung dengan rapi dan bersih
C. siswa mampu mengungkapkan gagasan dan perasaan dalam bentuk tulisan
D. siswa mampu menjiplak dan menebalkan tulisan yang dicontohkan guru
E. siswa mampu menulis kalimat sederhana sesuai gambar yang diamati
B. siswa mampu menulis tegak bersambung dengan rapi dan bersih
C. siswa mampu mengungkapkan gagasan dan perasaan dalam bentuk tulisan
D. siswa mampu menjiplak dan menebalkan tulisan yang dicontohkan guru
E. siswa mampu menulis kalimat sederhana sesuai gambar yang diamati
Kunci Jawaban C
5. Pak Deni akan mengajar tema “Sumber daya alam” ia berusaha agar siswa aktif maka ia mempunyai rencana kegiatan yang sekiranya dapat dilaksanakan. Ia berusaha menggunakan benda sebenarnya sebagai media pembelajaran ketika menjelaskan tentang sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Oleh karena itu ia membawa benda benda tersebut di depan kelas seperti...
A. minyak tanah, batubara timah dan sayuran
B. emas, timah, batubara dan pasir kuarsa
C. sayuran, buah-buahan, emas dan intan
D. sayuran, bunga, minyak tanah dan pasir
E. batubara, nikel, bauxit dan tumbuhan
B. emas, timah, batubara dan pasir kuarsa
C. sayuran, buah-buahan, emas dan intan
D. sayuran, bunga, minyak tanah dan pasir
E. batubara, nikel, bauxit dan tumbuhan
Kunci Jawaban B
6. Pada suatu pembelajaran di daerah pusat produksi batik, guru menyajikan masalah berikut.
Bu Ani akan membuat selembar batik tulis dengan kain berukuran 120 cm x 250 cm, biaya yang diperlukan untuk pembuatan batik tersebut adalah Rp. 125.000,-/m2. Jika ia mampu membuat batik sebanyak 5 lembar kain tiap minggu dan menjualnya ke penampung dengan laba Rp. 150.000,-perlembar kain berapa harga jual setiap lembar batik? Masalah di atas tepat untuk pmbelajaran matematika dengan pendekatan ...
Bu Ani akan membuat selembar batik tulis dengan kain berukuran 120 cm x 250 cm, biaya yang diperlukan untuk pembuatan batik tersebut adalah Rp. 125.000,-/m2. Jika ia mampu membuat batik sebanyak 5 lembar kain tiap minggu dan menjualnya ke penampung dengan laba Rp. 150.000,-perlembar kain berapa harga jual setiap lembar batik? Masalah di atas tepat untuk pmbelajaran matematika dengan pendekatan ...
A. Penemuan
B. Realistik
C. Open-ended
D. Saintifik
E. Induktif
B. Realistik
C. Open-ended
D. Saintifik
E. Induktif
Kunci Jawaban B
7. Ibu Tiur mengajar di kelas , ketika pelajaran berlangsung, seluruh siswa pasif. Suasana kelas memang tenang, anak-anak tidak gaduh. Tetapi tidak ada siswa yang mau bertanya ataupun menyampaikan pendapat. Akhirnya Ibu Tiur berinisiatif untuk menerapkan suatu model pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk bertanya atau berpendapat. Model tutor sebaya dipilih untuk mengatasi kondisi tersebut, sekaligus melakukan penelitian tindakan kelas PTK. Tujuan penelitian Ibu Tiur adalah...
A. mengukur kemampuan mengajukan pertanyaan
B. menghitung jumlah siswa yang berani mengajukan pertanyaan di setiap siklus PTK
C. memberikan contoh kepada siswa untuk mengemukakan pendapat
D. meningkatkan kemauan siswa dalam mengajukan pertanyaan
E. menerapkan model pembelajaran tutor sebaya
B. menghitung jumlah siswa yang berani mengajukan pertanyaan di setiap siklus PTK
C. memberikan contoh kepada siswa untuk mengemukakan pendapat
D. meningkatkan kemauan siswa dalam mengajukan pertanyaan
E. menerapkan model pembelajaran tutor sebaya
Kunci Jawaban D
8. Sebelum memberikan pembelajaran untuk menemukan rumus luas segitiga, guru sebaiknya memberikan apersepsi tentang...
A. luas trapesium dan jajargenjang
B. sifat-sifat persegi panjang
C. bangun datar dan sifat-sifatnya
D. jenis-jenis segitiga menurut ukuran panjang sisinya
E. jenis-jenis segitiga menurut ukuran sudutnya
B. sifat-sifat persegi panjang
C. bangun datar dan sifat-sifatnya
D. jenis-jenis segitiga menurut ukuran panjang sisinya
E. jenis-jenis segitiga menurut ukuran sudutnya
Kunci Jawaban A
9. Hasil analisis pembelajaran IPS kelas IV SD Butuh menunjukan bahwa: siswa tidak mau bertanya pada waktu guru menjelaskan; siswa tidak mau memberi tanggapan; siswa tidak mau membaca materi; guru dominan menggunakan metode ceramah; dulu belum pernah menerapkan metode inkuiri. Berdasarkan kasus tersebut judul PTK yang cocok adalah...
A. Penerapan metode inkuiri untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS pada siswa kelas IV SD Butuh
B. Pengembangan metode inkuiri untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS pada siswa kelas IV SD Butuh
C. Hubungan antara metode inkuiri dengan keaktifan belajar IPS pada siswa kelas 4 SD Butuh
D. Pengaruh metode inkuiri terhadap keaktifan belajar IPS pada siswa kelas IV SD Butuh
E. Efektivitas penggunaan metode inkuiri untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS pada siswa kelas IV SD Butuh
B. Pengembangan metode inkuiri untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS pada siswa kelas IV SD Butuh
C. Hubungan antara metode inkuiri dengan keaktifan belajar IPS pada siswa kelas 4 SD Butuh
D. Pengaruh metode inkuiri terhadap keaktifan belajar IPS pada siswa kelas IV SD Butuh
E. Efektivitas penggunaan metode inkuiri untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS pada siswa kelas IV SD Butuh
Kunci Jawaban A
10. Bu Lydia guru kelas satu SD, pada saat pembelajaran tema Diri Sendiri, bu Lydia mengawali pembelajaran dengan menyayikan lagu “satu-satu Aku Sayang Ibu” sambil menunjukan bagian-bagian tubuhnya yang terdiri atas mata, hidung, telinga, mulut, tangan dan jari tangan. Bu Lydia menjelaskan bagian bagian tubuh tersebut memeliki fungsinya masing-masing. Setelah itu, siswa diminta berdiskusi dengan teman sebangkunya tentang kegunaan bagian-bagian tubuhnya. Dalam diskusi tersebut, tidak banyak siswa yang aktif dan cenderung bermain sendiri. Bu Lydia merasa bahwa kegiatannya belum berhasil, bahkan siswa tidak berhasil mengungkapkan kegunaan bagian tubuh. Akar masalah pada pembelajaran di atas adalah…..
a. Siswa kurang terlibat aktif sesuai scenario pembelajaran
b. Kegiatan diskusi tidak berhasil
c. Ketidaktepatan dalam memilih media
d. Siswa tidak berhasil mengungkapkan kegunaan bagian tubuh
b. Kegiatan diskusi tidak berhasil
c. Ketidaktepatan dalam memilih media
d. Siswa tidak berhasil mengungkapkan kegunaan bagian tubuh
Kunci Jawaban C
11. Salah satu model pembelajaran inovatif adalah discovery learning. Langkah awal model tersebut siswa diberikan stimulasi atau pemberian rangsangan berpikir. Untuk pembelajaran hubungan antar makhluk hidup dalam suatu ekosistem khususnya rantai makanan dan jarring-jaring makanan, maka kegiatan stimulasi yang paling benar adalah……….
a. Siswa membaca buku dan mengamati media gambar tentang suatu ekosistem
b. Siswa berdiskusi dengan teman sebangku untuk merumuskan hipotesis
c. Siswa menuliskan jawaban pertanyaan di bukunya
d. Siswa menjawab pertanyaan dari guru tentang macam-macam ekosistem
b. Siswa berdiskusi dengan teman sebangku untuk merumuskan hipotesis
c. Siswa menuliskan jawaban pertanyaan di bukunya
d. Siswa menjawab pertanyaan dari guru tentang macam-macam ekosistem
Kunci Jawaban A
12. Rumusan masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas seharusnya esensial. Rumuskan yang dimaksud dengan esensial!
a. Mudah dilaksanakan, murah biaya, kajian teorinya ada, dan disetujui kepala sekolah
b. Mudah dilaksanakan, murah biaya pelaksanaan, mudah mencari kajian teori, mendesak untuk diselesaikan
c. Adanya theory gp dan research gap, mudah mencari kajian teori, bisa diselesaikan, disetujui atasan
d. Mudah dilaksanakan, murah biaya pelaksanaan, mudah mencari kajian teori, mudah mencari sponsor
b. Mudah dilaksanakan, murah biaya pelaksanaan, mudah mencari kajian teori, mendesak untuk diselesaikan
c. Adanya theory gp dan research gap, mudah mencari kajian teori, bisa diselesaikan, disetujui atasan
d. Mudah dilaksanakan, murah biaya pelaksanaan, mudah mencari kajian teori, mudah mencari sponsor
Kunci Jawaban B
13. Bagaimana yang dimaksud prinsip-prinsip penilaian yang baik?
a. Reliabel, transparan, bertanggung jawab dan tertulis rapi
b. Sahih, akuntabel, terstandarisasi, bisa diumumkan ke public
c. Sahih, objektif, adil terpadu, terbuka, menyeluruh dan berkesinambungan
d. Sahih, terpadu, terbuka, menyeluruh dan bersifat demokratis
Kunci Jawaban C
a. Reliabel, transparan, bertanggung jawab dan tertulis rapi
b. Sahih, akuntabel, terstandarisasi, bisa diumumkan ke public
c. Sahih, objektif, adil terpadu, terbuka, menyeluruh dan berkesinambungan
d. Sahih, terpadu, terbuka, menyeluruh dan bersifat demokratis
Kunci Jawaban C
15. Dalam menyusun PTK seharusnya guru memasukan kajian pustaka. Identifikasikan manfaat kajian pustaka dalam PTK!
a. Membentuk kerangka konsep dan kerangka berpikir dalam penelitian
b. Sebagai acuan agar tidak terjadi plagiasi dalam penelitian
c. Mendapatkan data penelitian sebelumnya yang bisa dipertanggung jawabkan
d. Mengkonfimasi hasil penelitian empiris dengan pemikiran teoritis
b. Sebagai acuan agar tidak terjadi plagiasi dalam penelitian
c. Mendapatkan data penelitian sebelumnya yang bisa dipertanggung jawabkan
d. Mengkonfimasi hasil penelitian empiris dengan pemikiran teoritis
Kunci Jawaban A
16. Rumusan indikator aspek pengetahuan Level penerapan (C3) untuk pembelajaran tentang siklus air adalah…..
a. Mendiskripsikan tahap-tahap siklus air
b. Mencermati tahap-tahap siklus air
c. Mengilustrasikan tahap-tahap siklus air
d. Menganalisis tahap-tahap siklus air
b. Mencermati tahap-tahap siklus air
c. Mengilustrasikan tahap-tahap siklus air
d. Menganalisis tahap-tahap siklus air
Kunci Jawaban C
17. Penilaian yang perlu dilakukan terhadap keterampilan menulis siswa ketika mengidentifikasi isi gambar tunggal sederhana adalah….
a. Menyimpulkan dengan lengkap sesuai isi gambar dan menggunakan Bahasa yang mudah dipahami
b. Mengamati dengan teliti dan penuh perhatian serta menemukan isi gambar dengan tepat
c. Menjelaskan dengan lengkap sesuai isi gambar, tutur kata, sopan dan santun
d. Memberikan tanggapan dengan jelas dan tutur kata sopan dan santun
b. Mengamati dengan teliti dan penuh perhatian serta menemukan isi gambar dengan tepat
c. Menjelaskan dengan lengkap sesuai isi gambar, tutur kata, sopan dan santun
d. Memberikan tanggapan dengan jelas dan tutur kata sopan dan santun
Kunci Jawaban A
18. Berdasarkan pendekatan saintifik, siswa melakukan eksperimen untuk menemukan hubungan volume tabung dengan volume kerucut dengan cara ...
a. Memilih alat peraga tabung dan kerucut yang mempunyai alas dan tinggi sama kemudian kerucut diisi pasir dan diisikan pada tabung sebanyak tiga kali
b. Memilih alat peraga tabung dan kerucut, kemudian kerucut diisi pasir dan diisikan pada tabung sebanyak tiga kali
c. Memilih alat peraga tabung dan kerucut yang mempunyai alas dan tinggi sama kemudian tabung diisi pasir dan diisikan pada kerucut sebanyak tiga kali
d. Memilih alat peraga tabung dan kerucut kemudian tabung diisi pasir dan diisikan pada kerucut sebanyak tiga kali
b. Memilih alat peraga tabung dan kerucut, kemudian kerucut diisi pasir dan diisikan pada tabung sebanyak tiga kali
c. Memilih alat peraga tabung dan kerucut yang mempunyai alas dan tinggi sama kemudian tabung diisi pasir dan diisikan pada kerucut sebanyak tiga kali
d. Memilih alat peraga tabung dan kerucut kemudian tabung diisi pasir dan diisikan pada kerucut sebanyak tiga kali
Kunci Jawaban B
19. Pak Ali Kurnia (AK) adalah seorang guru kelas 1 SD di suatu daerah yang mayoritas penduduknya menggunakan bahasa daerah. Pak AK mendapati bahwa kemampuan siswanya untuk berbicara dalam bahasa Indonesia masih rendah. Pak AK khawatir, siswanya tidak akan mampu mendesripsikan benda-benda disekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana. Selama ini, pak AK lebih banyak bercerita kepada siswanya dengan harapan mereka akan giat belajar sesuai hikmah ceritanya. Akar masalah pada pembelajaran diatas adalah ...
a. Kemampuan berbicara bahasa indonesia rendah
b. Penyampaian materi dengan cerita guru tanpa melibatkan siswa
c. Mayoritas penduduk menggunakan bahasa daerah
d. Siswanya tidak akan mampu mendesripsikan benda-benda disekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhanan
Kunci Jawaban B
b. Penyampaian materi dengan cerita guru tanpa melibatkan siswa
c. Mayoritas penduduk menggunakan bahasa daerah
d. Siswanya tidak akan mampu mendesripsikan benda-benda disekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhanan
Kunci Jawaban B
20. Salah satu indikator dalam pembelajaran IPA adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis. Untuk mencapai indikator tersebut, bu Rina melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Kegiatan mengumpulkan data tentang perbedaan tumbuhan yang diletakkan di tempat gelap dan terang dalam pembelajaran tersebut adalah ...
a. Siswa mencatat informasi dari guru
b. Siswa mencatat informasi dari buku
c. Siswa menyajikan tabel hasil pengamatan
d. Siswa mencatat hasil percobaan
b. Siswa mencatat informasi dari buku
c. Siswa menyajikan tabel hasil pengamatan
d. Siswa mencatat hasil percobaan
Kunci Jawaban D
21. Salah satu model pembelajaran yang inovatif adalah discovery learning. Salah satu langkah model tersebut adalah identifikasi masalah. Pada tahap tersebut, siswa diberikan kesempatan mengidentifikasi sebanyak-banyaknya masalah yang relevan dengan bahan pelajaran. Untuk pembelajaran hubungan antar makhluk hidup dalam suatu ekosistem khususnya rantai makanan dan jaring-jaring makanan, maka kegiatan identifikasi masalah yang paling benar adalah . . . .
a. Siswa berdiskusi untuk menentukan rumusan masalah
b. Siswa berdiskusi tentang jawaban masalah
c. Siswa berdiskusi untuk merumuskan hipotesis
d. Siswa berdiskusi untuk membuat pertanyaan
b. Siswa berdiskusi tentang jawaban masalah
c. Siswa berdiskusi untuk merumuskan hipotesis
d. Siswa berdiskusi untuk membuat pertanyaan
Kunci Jawaban C
22. Perhatikan pernyataan berikut ini.
(1) Melakukan tes tertulis pada peserta didik
(2) Mengoreksi jawaban sesuai kunci jawaban
(3) Menentukan siswa-siswa yang sudah mencapai KKM dan yang belum
(4) Menentukan program pengayaan remedial
(5) Menentukan kenaikan kelas siswa
(6) Menentukan kelulusan peserta didik
Pernyataan diatas yang merupakan kegiatan pengukuran adalah . . .
(1) Melakukan tes tertulis pada peserta didik
(2) Mengoreksi jawaban sesuai kunci jawaban
(3) Menentukan siswa-siswa yang sudah mencapai KKM dan yang belum
(4) Menentukan program pengayaan remedial
(5) Menentukan kenaikan kelas siswa
(6) Menentukan kelulusan peserta didik
Pernyataan diatas yang merupakan kegiatan pengukuran adalah . . .
a. 4 dan 5
b. 1 dan 6
c. 1 dan 2
d. 2 dan 3
b. 1 dan 6
c. 1 dan 2
d. 2 dan 3
Kunci Jawaban D
23. Sofyan kelas empat SD secara diam-diam mengambil pensil temannya. Guru mengalami kesulitan mengatasi masalah ini. Tindakan yang tepat dilakukan guru kecuali ...
a. Guru memberi nasihat bahwa mengambil barang orang lain tidak baik
b. Memberikan peluang siswa menjelaskan mengapa dia mengambil pensil temannya
c. Membiasakan siswa berperilaku jujur
d. Guru menjelaskan pada siswa membawa alat tulis sendiri
b. Memberikan peluang siswa menjelaskan mengapa dia mengambil pensil temannya
c. Membiasakan siswa berperilaku jujur
d. Guru menjelaskan pada siswa membawa alat tulis sendiri
Kunci Jawaban B
24. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
A. Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik
C. RPP bersumber dari silabus
D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan
Kunci Jawaban B
B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik
C. RPP bersumber dari silabus
D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan
Kunci Jawaban B
25. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut ......
1) Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah
2) Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah
3) Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar
Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....
1) Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah
2) Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah
3) Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar
Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....
A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
C. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
D. Keterkaitan dan keterpaduan
B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
C. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
D. Keterkaitan dan keterpaduan
Kunci Jawaban D
Untuk Download Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru ini dalam bentuk Pdf, silakan unduh (Disini)/
Download Juga:
- Ketentuan Soal Kompetensi Teknis Tambahan PPPK Guru 2023 (Disini)
- Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru SD klik (Disini).
- Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru SMP semua mapel klik (Disini)
- Soal-Soal PPPK Guru (Teknis, Manajerial, Sosio-Kultural) klik (Disini).
- Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru dan Kunci Jawaban klik (Disini)
- Soal Kompetensi Manajerial PPPK Guru dan Kunci Jawaban klik (Disini)
- Soal Kompetensi Sosiokultural PPPK Guru dan Kunci Jawaban klik (Disini)
- Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru (Klik Disini)
- Soal Kompetensi Manajerial PPPK Guru (Klik Disini)
- Soal Integritas dan Sosiokultural PPPK Guru (Klik Disini)
- Modul Pedagogi PPPK Guru Jenjang SD - SMA (Klik Disini)
- Modul PPPK Guru Paud - TK (Klik Disini)
- Modul PPPK Guru SD Semua Mata Pelajaran (Klik Disini)
- Modul PPPK Guru SMP Semua Mata Pelajaran (Klik Disini)
- Modul PPPK Guru SMA-SMK Semua Mata Pelajaran (Klik Disini)
- Kisi-kisi Soal PPPK Guru Tahun 2023 klik (Disini).
- Kumpulan Soal-Soal PPPK Guru Tahun 2023 klik (Disini).
- Soal PPPK Guru 2023 Teori belajar Gagne, Taksonomi Bloom dan perkembangannya, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 Teori Belajar Piaget, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 Teori Belajar Ausubel download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 Profil Pelajar Pancasila download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Karakteristik Murid Berkebutuhan Khusus, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Individualized Education Program (IEP) dan Prinsip-prinsip differentiated learning, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Konsep dan Prinsip Assessment as Learning dan Assessment for Learning, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Active Listening, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Teori Dasar Komunikasi, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Kesepakatan dan Kebiasaan Positif di Lingkungan Belajar, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Konsep dan prinsip-prinsip motivasi dalam pendidikan, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Mengembangkan Motivasi Siswa, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Behavior modification & habit formation, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Prinsip-prinsip reward, punishment, dan reinforcement dalam pembentukan tingkah laku, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Desain Pembelajaran, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Facilitate learning, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Berfikir Kritis, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Berbagai Teknik Asesmen di Tingkat Kelas (Classroom-based Assessment) Sesuai dengan Tujuan Pembelajaran, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Pemanfaatan Hasil Asesmen untuk Perbaikan Pembelajaran (Feedback), download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Program Remedial dan Program Pengayaan Berdasarkan Hasil Asesmen, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Refleksi, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Kode Etik Guru, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023: Interaksi Guru-Murid, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023: School Safety, download(Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Diversity, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Pengertian dan Pengembangan Potensi, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Perencanaan Karir dan Pengembangan Potensi Diri, download (Disini)