Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Administrasi Yang Diperlukan Pada Pelaksanaan ANBK Online 2023


ANBK singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau di singkat dengan ANBK. Pelaksanaan ANBK 2023 akan segera dilaksanakan untuk tingkat SD, SMP, dan SMA. Penyelenggaraan ANBK sendiri bisa dilakukan secara mandiri atau menumpang oleh satuan pendidikan. Dan pelaksanaannya bisa dengan moda semi online atau full online.

Program asesmen nasional ini dilakukan oleh Kemdikbudristek untuk menilai secara keseluruhan baik dari sisi kognitif maupun non kognitif siswa serta literasi dan numerasi dan lingkungan belajar peserta didik. Jadwal pelaksanaan ANBK 2023 setiap tingkat sekolah berbeda-beda. 

ANBK 2023 ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen Nasional dilaksanakan dengan tiga instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi dan Numerasi, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Pada hakikatnya cara pelaksanaan Asesmen Nasional atau ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) Online Tahun 2023 baik pada jenjang SD, SMP dan SMA adalah sama, meskipun berbeda jenjang, namun cara akses dan login, dan aktivasi token tetap sama.

Namun, sebaiknya satuan pendidikan menyediakan semua administrasi yang diperlukan pada pelaksanaan ANBK Online maupun Semi Online Tahun 2023 agar pelaksanaan Asesmen Nasional berjalan dengan baik dan dilengkapi dengan administrasinya.

Kemudian untuk tutorialnya baik untuk Gladi ANBK 2023 maupun Cara pelaksanaan ANBK 2023 serta administrasi ANBK lainnya yang diperlukan pada pelaksanaan ANBK Online maupun Semi Online Tahun 2023 silahkan download di bawah ini:

  1. Untuk tutorial pelaksanaan ANBK Online 2023 simak (Disini)
  2. Untuk Tutorial Unggah Foto Peserta ANBK Online 2023 klik (Disini
  3. Untuk Format Laporan Pelaksanaan ANBK 2023 klik (Disini
  4. Untuk SK Panitia ANBK 2023 klik (Disini)
  5. Untuk ID Card atau Name Tag Panitia ABNK 2023 klik (Disini)
  6. Untuk SK Proktor dan Teknisi ANBK 2023 klik (Disini)
  7. Untuk SK Pengawas ANBK 2023 klik  (Disini)