Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diskusi 7 Evaluasi Program Pendidikan : Mengevaluasi Program Pelatihan ICT Meningkatkan Kompetensi Guru SD


Diskusi 7 Evaluasi Program Pendidikan

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi informasi yang sangat diperlukan dalam proses pembelajaran saat ini, LPMP di sebuah kota menyelenggarakan program pelatihan ICT terhadap guru-guru sekolah dasar. 

Misalkan Anda ditugaskan untuk mengevaluasi kegiatan pelatihan tersebut, jelaskan:

  • Model evaluasi apa yang paling tepat digunakan untuk mengevaluasi program pelatihan tersebut?
  • Berdasarkan model evaluasi tersebut, buatlah 2-3 pertanyaan evaluasi yang sebaiknya diajukan
  • Kriteria yang sebaiknya digunakan untuk setiap pertanyaan  evaluasi tersebut.

Jawaban:

Menurut Kirkpatrick, D. L., & Kirkpatrick, J. D (2016), salah satu model evaluasi yang sesuai untuk mengevaluasi program pelatihan adalah Model Evaluasi Kirkpatrick atau disebut juga dengan Kirkpatrick Four-Level Evaluation Model. Model ini banyak digunakan untuk mengevaluasi efektivitas program pelatihan yang terdiri dari empat tingkat evaluasi: reaksi, pembelajaran, perilaku, dan hasil. 

Berikut penjelasannya menurut Kirkpatrick, D. L., & Kirkpatrick, J. D (2016):

Level pertama yattu reaksi: Evaluasi pada level ini menilai sejauh mana peserta program pelatihan ICT bagi guru-guru sekolah dasar memberikan responsa tau reaksi terhadap program pelatihan dan kepuasan mereka terhadap program tersebut. Evaluasi pada tingkat ini mencakup pengukuran kepuasan peserta terhadap kualitas program pelatihan, persepsi peserta terhadap manfaat program pelatihan, dan sejauh mana peserta merasa program pelatihan memberikan dampak positif pada pekerjaan mereka.

Level kedua yaitu pembelajaran: Level ini mengevaluasi sejauh mana peserta pelatihan memahami materi dan berhasil menguasai keterampilan baru yang diberikan dalam program pelatihan. Evaluasi pada tingkat ini mencakup pengukuran peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta setelah mengikuti program pelatihan.

Level ketiga yaitu perilaku: Level ini mengevaluasi sejauh mana peserta pelatihan menerapkan pengetahuan dan keterampilan baru yang telah diperoleh dalam penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran di kelas. Evaluasi pada tingkat ini mencakup pengukuran perubahan perilaku peserta setelah mengikuti program pelatihan ICT.

Level keempat yaitu hasil: Pada level terakhir ini mengevaluasi dampak program pelatihan ICT pada sekolah, seperti peningkatan efisiensi dan efektivitas dalam proses pembelajaran, meningkatnya partisipasi siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa. Evaluasi pada tingkat ini mencakup pengukuran dampak positif program pelatihan terhadap pengembangan sekolah dan peningkatan kualitas pendidikan.

Berdasarkan model evaluasi Kirkpatrick, berikut beberapa pertanyaan evaluasi yang sebaiknya diajukan pada setiap tingkat evaluasi untuk mengevaluasi program pelatihan ICT untuk guru-guru sekolah dasar:

Pertanyaan di level Reaksi:

  • Seberapa besar kepuasan guru terhadap program pelatihan ICT yang diselenggarakan oleh LPMP?
  • Bagaimana persepsi guru terhadap fasilitator pelatihan ICT yang memberikan materi pelatihan?
  • Apakah guru merasa program pelatihan ICT yang diselenggarakan LPMP berguna untuk pekerjaannya sebagai pendidik?

Pertanyaan di level Pembelajaran:

  • Seberapa besar peningkatan pengetahuan guru dalam penggunaan teknologi informasi setelah mengikuti program pelatihan ICT?
  • Bagaimana hasil tes atau uji coba yang dilakukan setelah program pelatihan ICT, dan apakah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan teknologi informasi?
  • Apakah guru dapat mengidentifikasi dan mempraktekkan keterampilan yang diperoleh selama program pelatihan ICT dalam pengajaran?

Pertanyaan di Level Perilaku:

  • Apakah guru menerapkan keterampilan baru yang diperoleh selama program pelatihan ICT dalam pembelajaran sehari-hari?
  • Seberapa besar perubahan dalam praktik pengajaran guru setelah mengikuti program pelatihan ICT?
  • Apakah guru telah memanfaatkan teknologi informasi untuk mengembangkan metode pengajaran mereka setelah mengikuti program pelatihan ICT?

Pertanyaan di level Hasil:

  • Apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah program pelatihan ICT bagi guru-guru sekolah dasar?
  • Seberapa besar dampak program pelatihan ICT pada meningkatkan efektivitas proses pembelajaran dan pengembangan sekolah?
  • Apakah program pelatihan ICT membantu guru-guru sekolah dasar dalam meningkatkan partisipasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran?

Berikut adalah kriteria yang sebaiknya digunakan untuk setiap pertanyaan evaluasi pada masing-masing tingkat evaluasi:

Kriteria di level Reaksi:

  • Kepuasan: sebaiknya menggunakan skala pengukuran kepuasan, seperti skala likert, untuk mengetahui seberapa besar kepuasan guru terhadap program pelatihan ICT.
  • Persepsi: sebaiknya menggunakan skala pengukuran persepsi, seperti skala likert, untuk mengetahui bagaimana persepsi guru terhadap fasilitator pelatihan dan materi pelatihan yang diberikan.
  • Manfaat: sebaiknya menggunakan pertanyaan terbuka untuk mengetahui bagaimana program pelatihan ICT dapat memberikan manfaat bagi pekerjaan guru sebagai pendidik.

Kriteria di level Pembelajaran:

  • Pengetahuan: sebaiknya menggunakan tes sebelum dan sesudah program pelatihan ICT untuk mengetahui seberapa besar peningkatan pengetahuan guru dalam penggunaan teknologi informasi.
  • Kemampuan: sebaiknya menggunakan tes atau uji coba untuk mengevaluasi kemampuan guru dalam menggunakan teknologi informasi setelah program pelatihan ICT.
  • Identifikasi keterampilan: sebaiknya menggunakan pertanyaan terbuka atau studi kasus untuk mengetahui apakah guru dapat mengidentifikasi dan mempraktekkan keterampilan yang diperoleh selama program pelatihan ICT dalam pengajaran.

Kriteria di level Perilaku:

  • Penerapan: sebaiknya menggunakan observasi langsung atau pengamatan untuk mengevaluasi sejauh mana guru menerapkan keterampilan baru dalam pengajaran.
  • Perubahan: sebaiknya menggunakan pertanyaan terbuka atau wawancara untuk mengetahui seberapa besar perubahan dalam praktik pengajaran guru setelah mengikuti program pelatihan ICT.
  • Pengembangan metode pengajaran: sebaiknya menggunakan studi kasus atau proyek untuk mengetahui apakah guru telah memanfaatkan teknologi informasi untuk mengembangkan metode pengajaran mereka setelah mengikuti program pelatihan ICT.

Kriteria di level Hasil:

  • Peningkatan hasil belajar siswa: sebaiknya menggunakan tes atau uji coba untuk mengevaluasi seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa setelah program pelatihan ICT bagi guru-guru sekolah dasar.
  • Dampak pada efektivitas pembelajaran dan pengembangan sekolah: sebaiknya menggunakan studi kasus atau wawancara untuk mengetahui seberapa besar dampak program pelatihan ICT pada meningkatkan efektivitas proses pembelajaran dan pengembangan sekolah.
  • Keterlibatan siswa: sebaiknya menggunakan observasi langsung atau pengamatan untuk mengevaluasi apakah program pelatihan ICT membantu guru-guru sekolah dasar dalam meningkatkan partisipasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

Referensi:

Kirkpatrick, D. L., & Kirkpatrick, J. D. 2016. Evaluating training programs: The four levels (4th ed.). Berrett-Koehler Publishers.

Retnawati, Heri and Mulyatiningsih, Endang. 2020. Evaluasi Program Pendidikan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.