Kisi - kisi Soal PPPK Guru 2023 tentang Karakteristik Murid Berkebutuhan Khusus
Karakteristik Murid Berkebutuhan Khusus (MKK)
Murid berkebutuhan khusus (MKK) merupakan sekelompok siswa yang memiliki perbedaan signifikan dalam berbagai aspek seperti fisik, intelektual, sosial-emosional, dan bahasa dibandingkan dengan murid pada umumnya. Perbedaan ini dapat bersifat permanen atau sementara, dan dalam banyak kasus, perbedaan ini dapat mengganggu proses belajar mereka. Karakteristik MKK sangat bervariasi tergantung pada jenis kebutuhan khusus yang dimiliki oleh setiap individu.
Berikut adalah beberapa kategori utama MKK berdasarkan jenis kebutuhan khusus mereka:
1. MKK dengan hambatan fisik: MKK dalam kategori ini memiliki hambatan fisik yang dapat berupa tunanetra (ketidakmampuan melihat), tunarungu (ketidakmampuan mendengar), tunadaksa (gangguan gerakan tubuh), atau tunalaras (gangguan fungsi otot dan koordinasi gerakan).
2. MKK dengan hambatan intelektual: MKK dengan hambatan intelektual, seperti tunagrahita, mengalami keterbatasan dalam perkembangan kecerdasan. Mereka mungkin memiliki kesulitan dalam memahami konsep abstrak, mengevaluasi informasi, atau mengikuti kurikulum yang sama dengan rekan-rekan sebaya mereka.
3. MKK dengan hambatan sosial-emosional: MKK dalam kategori ini mungkin mengalami gangguan dalam aspek sosial dan emosional. Contoh-contoh gangguan ini meliputi autisme spectrum disorder (ASD), attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), dan kesulitan belajar spesifik. MKK dengan hambatan sosial-emosional dapat mengalami kesulitan dalam berinteraksi sosial, mengatur emosi, atau mempertahankan perhatian.
Karakteristik Murid Kebutuhan Khusus sangat bervariasi, tetapi beberapa karakteristik umum yang mungkin dimiliki oleh MKK adalah:
1. Kesulitan dalam belajar: MKK sering menghadapi kesulitan dalam memahami konsep, membaca, menulis, dan berhitung. Mereka mungkin memerlukan pendekatan belajar yang berbeda atau modifikasi kurikulum.
2. Gangguan perilaku: Beberapa MKK mungkin menunjukkan gangguan perilaku seperti hiperaktivitas, agresivitas, atau penarikan diri dari interaksi sosial. Ini dapat mempengaruhi interaksi mereka dengan rekan-rekan sebaya dan lingkungan sekolah.
3. Kurang percaya diri: MKK seringkali mengalami kurangnya kepercayaan diri dalam kemampuan mereka, terutama jika mereka merasa terjauh dari rekan-rekan sebaya mereka dalam hal prestasi akademik atau sosial.
4. Kebutuhan khusus dalam alat bantu, lingkungan belajar, dan dukungan sosial: MKK sering memerlukan akses terhadap alat bantu seperti teknologi assistive, modifikasi lingkungan belajar, dan dukungan ekstra baik dari guru maupun staf pendukung khusus.
Pentingnya Memahami Karakteristik MKK
Memahami karakteristik MKK sangat penting, baik bagi guru, orang tua, maupun tenaga pendidik lainnya. Hal ini memungkinkan pihak-pihak yang terlibat untuk memberikan dukungan yang sesuai dan efektif kepada MKK dalam proses belajar mereka.
Berikut adalah beberapa alasan mengapa pemahaman karakteristik MKK penting:
1. Mengidentifikasi kebutuhan individu: Dengan memahami karakteristik MKK, pendidik dapat mengidentifikasi kebutuhan unik setiap MKK. Ini memungkinkan mereka untuk menyusun program pendidikan yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan individu, yang dapat meningkatkan peluang sukses belajar mereka.
2. Mengurangi stigmatisme: Pemahaman yang lebih baik tentang karakteristik MKK dapat membantu mengurangi stigmatisme dan prasangka terhadap mereka. Ini dapat menciptakan lingkungan sekolah yang lebih inklusif dan ramah bagi semua siswa.
3. Meningkatkan efektivitas pengajaran: Guru yang memahami karakteristik MKK dapat mengembangkan strategi pengajaran yang lebih efektif. Mereka dapat menggunakan metode dan materi yang sesuai untuk mengakomodasi kebutuhan khusus MKK dan membantu mereka mencapai potensi terbaik mereka.
4. Mendukung perkembangan sosial dan emosional: Dengan memahami gangguan sosial-emosional yang mungkin dialami oleh MKK, pendidik dan orang tua dapat memberikan dukungan yang diperlukan untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan sosial dan emosional yang diperlukan untuk sukses dalam kehidupan sehari-hari.
Cara untuk memahami karakteristik MKK termasuk melakukan asesmen individu, berkonsultasi dengan ahli yang berkaitan seperti psikolog, terapis, atau guru pendidikan khusus, dan membaca literatur tentang MKK. Pendekatan holistik yang melibatkan kerjasama antara guru, orang tua, dan profesional kesehatan dan pendidikan dapat membantu menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan mendukung perkembangan maksimal setiap MKK.
Tentu, berikut ini adalah 10 soal pilihan ganda beserta kunci jawabannya dari materi di atas tentang karakteristik murid berkebutuhan khusus:
Berikut Kisi - kisi Soal PPPK Guru 2023 tentang Karakteristik Murid Berkebutuhan Khusus:
a. Murid yang memiliki prestasi akademik tinggi
b. Murid dengan kecerdasan di atas rata-rata
c. Murid yang memiliki perbedaan dalam fisik, intelektual, sosial-emosional, dan/atau bahasa
d. Murid yang sangat populer di sekolah
Jawaban: c. Murid yang memiliki perbedaan dalam fisik, intelektual, sosial-emosional, dan/atau bahasa
a. Gangguan perilaku
b. Kesulitan belajar
c. Hambatan fisik seperti tunanetra dan tunarungu
d. Hambatan intelektual
Jawaban: c. Hambatan fisik seperti tunanetra dan tunarungu
a. MKK dengan hambatan fisik
b. MKK yang memiliki masalah perilaku
c. MKK yang mengalami keterbatasan dalam perkembangan kecerdasan
d. MKK dengan hambatan sosial-emosional
Jawaban: c. MKK yang mengalami keterbatasan dalam perkembangan kecerdasan
a. Kemampuan belajar yang sangat cepat
b. Kesulitan memahami konsep dan belajar membaca
c. Kesulitan berbicara
d. Tidak memiliki gangguan perilaku
Jawaban: b. Kesulitan memahami konsep dan belajar membaca
a. Hiperaktivitas, agresivitas, atau penarikan diri dari interaksi sosial
b. Kemampuan sosial yang sangat baik
c. Tidak memiliki teman di sekolah
d. Prestasi akademik yang sangat tinggi
Jawaban: a. Hiperaktivitas, agresivitas, atau penarikan diri dari interaksi sosial
a. Hanya untuk mengidentifikasi mereka secara fisik
b. Untuk mengisolasi mereka dari lingkungan sekolah
c. Untuk memberikan dukungan yang sesuai dan efektif
d. Agar mereka tidak merasa berbeda dengan teman-teman sekelas
Jawaban: c. Untuk memberikan dukungan yang sesuai dan efektif
a. Membiarkan mereka belajar sendiri
b. Berkonsultasi dengan ahli seperti psikolog dan terapis
c. Mengabaikan perbedaan mereka
d. Tidak memerhatikan kebutuhan khusus mereka
Jawaban: b. Berkonsultasi dengan ahli seperti psikolog dan terapis
a. Memisahkan MKK dari teman sekelas mereka
b. Mengukur tingkat kecerdasan mereka
c. Mengidentifikasi kebutuhan unik setiap MKK
d. Memberikan tekanan lebih pada mereka
Jawaban: c. Mengidentifikasi kebutuhan unik setiap MKK
a. Karena tidak ada hubungannya dengan stigmatisme
b. Karena stigmatisme tidak pernah terjadi
c. Karena pemahaman dapat menghapus perbedaan
d. Karena pemahaman dapat menciptakan lingkungan yang lebih inklusif
Jawaban: d. Karena pemahaman dapat menciptakan lingkungan yang lebih inklusif
a. Meningkatkan stigmatisme
b. Mengabaikan kebutuhan MKK
c. Mengembangkan strategi pengajaran yang lebih efektif
d. Memberikan tugas yang sama kepada semua siswa tanpa memodifikasinya
Jawaban: c. Mengembangkan strategi pengajaran yang lebih efektif
- Soal Situational Judgement Test (SJT) PPPK Guru 2023 (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 Teori belajar Gagne, Taksonomi Bloom dan perkembangannya, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 Teori Belajar Piaget, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 Teori Belajar Ausubel download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 Profil Pelajar Pancasila download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Karakteristik Murid Berkebutuhan Khusus, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Individualized Education Program (IEP) dan Prinsip-prinsip differentiated learning, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Konsep dan Prinsip Assessment as Learning dan Assessment for Learning, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Active Listening, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Teori Dasar Komunikasi, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Kesepakatan dan Kebiasaan Positif di Lingkungan Belajar, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Konsep dan prinsip-prinsip motivasi dalam pendidikan, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Mengembangkan Motivasi Siswa, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Behavior modification & habit formation, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Prinsip-prinsip reward, punishment, dan reinforcement dalam pembentukan tingkah laku, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Desain Pembelajaran, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Facilitate learning, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Berfikir Kritis, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Berbagai Teknik Asesmen di Tingkat Kelas (Classroom-based Assessment) Sesuai dengan Tujuan Pembelajaran, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Pemanfaatan Hasil Asesmen untuk Perbaikan Pembelajaran (Feedback), download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Program Remedial dan Program Pengayaan Berdasarkan Hasil Asesmen, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Refleksi, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Kode Etik Guru, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023: Interaksi Guru-Murid, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023: School Safety, download(Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Diversity, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Pengertian dan Pengembangan Potensi, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Perencanaan Karir dan Pengembangan Potensi Diri, download (Disini)