Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal PPPK Guru 2023 mengenai Desain Pembelajaran dan Pembahasannya


Salah satu materi Pokok Seleksi PPPK Guru 2023 adalah Desain Pembelajaran. Materi ini tercantum dalam Surat Edaran Menpan RB Nomor : B/2881/M.SM.01.00/2023  pada tanggal 30 Oktober 2023. Pada postingan kali ini kami akan membahas mengenai Desain Pembelajaran, Macam-macam desain pembelajaran, dan komponennya. Pada akhir tulisan artikel ini, kami bagikan link download Soal PPPK Guru 2023 mengenai Desain Pembelajaran melalui link Google Drive.

Pengertian Desain Pembelajaran

Desain pembelajaran adalah proses yang dirancang untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Proses ini melibatkan perencanaan, pengorganisasian, dan pengolahan materi pembelajaran, serta strategi yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Lingkungan, peserta didik, tujuan pembelajaran, dan teknologi pendukung adalah faktor utama yang perlu dipertimbangkan dalam desain pembelajaran.

Komponen Desain Pembelajaran

Komponen desain pembelajaran mencakup berbagai aspek yang perlu dipertimbangkan dalam merancang pembelajaran:

  1. Tujuan Pembelajaran: Tujuan pembelajaran harus jelas dan spesifik agar peserta didik dapat memahami apa yang diharapkan setelah mengikuti pembelajaran.
  2. Metode Pengajaran: Pemilihan metode pengajaran yang sesuai dengan materi dan peserta didik sangat penting untuk kesuksesan pembelajaran.
  3. Materi Pembelajaran: Materi harus relevan dengan tujuan pembelajaran dan disusun dengan sistematis untuk memudahkan pemahaman peserta didik.
  4. Evaluasi Pembelajaran: Evaluasi harus dilakukan secara berkelanjutan untuk mengukur sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai.
  5. Lingkungan Pembelajaran: Lingkungan pembelajaran yang kondusif dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Desain Pembelajaran Abad 21

Desain pembelajaran abad ke-21 mengacu pada pendekatan-pendekatan pembelajaran yang relevan dengan tuntutan dan perkembangan zaman, serta mengintegrasikan teknologi, keterampilan abad ke-21, dan konteks global. Desain pembelajaran ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam dunia yang terus berubah. 

Berikut adalah beberapa komponen kunci dari desain pembelajaran abad ke-21:

1. Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning - PBL):

PBL adalah metode pembelajaran di mana siswa aktif terlibat dalam proyek-proyek nyata yang memerlukan pemecahan masalah, kolaborasi, dan penerapan pengetahuan dalam konteks dunia nyata. Hal ini membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi.

2. Teknologi dalam Pembelajaran:

Menggunakan teknologi sebagai alat untuk mendukung pembelajaran, seperti penggunaan perangkat lunak pendidikan, sumber daya daring, dan platform pembelajaran online. Teknologi memungkinkan pembelajaran yang disesuaikan, akses ke sumber daya global, dan kolaborasi jarak jauh.

3. Keterampilan Abad ke-21:

Desain pembelajaran abad ke-21 menekankan pengembangan keterampilan seperti pemikiran kritis, pemecahan masalah, komunikasi, kolaborasi, keterampilan digital, literasi informasi, kreativitas, keberagaman, keterampilan adaptasi, dan keterampilan interpersonal.

4. Kolaborasi dan Pembelajaran Aktif:

Mendorong kolaborasi antara siswa, guru, dan lingkungan belajar. Metode pembelajaran yang mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, seperti diskusi kelompok, proyek bersama, dan diskusi kelas.

5. Pengembangan Kemampuan Metakognisi:

Membantu siswa memahami cara mereka belajar, mengatur diri, dan mengevaluasi kemajuan mereka. Ini melibatkan refleksi diri, penyesuaian strategi pembelajaran, dan pengembangan kesadaran metakognitif.

6. Pembelajaran Berkelanjutan:

Mendorong konsep pembelajaran sepanjang hidup, di mana siswa diberdayakan untuk terus belajar, mengembangkan keterampilan baru, dan menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan dan tuntutan pekerjaan.

7. Pengalaman Belajar Kontekstual:

Menghubungkan pembelajaran dengan konteks dunia nyata dan masalah-masalah aktual. Ini membantu siswa melihat relevansi dan signifikansi pembelajaran mereka.

8. Evaluasi Formatif:

Menggunakan evaluasi formatif untuk memberikan umpan balik terus-menerus kepada siswa sehingga mereka dapat mengukur kemajuan mereka dan melakukan perbaikan saat diperlukan.

9. Fleksibilitas dan Diferensiasi:

Merancang pembelajaran yang fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan minat individu siswa. Diferensiasi memungkinkan siswa dengan tingkat kemampuan yang berbeda untuk tetap terlibat.

10. Budaya Keterbukaan dan Inklusi:

Menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif, ramah keragaman, dan menghormati budaya siswa. Ini mendukung pembelajaran yang relevan dan bermakna bagi semua siswa.

Desain pembelajaran abad ke-21 tidak hanya berfokus pada pengetahuan, tetapi juga pada pengembangan keterampilan dan sikap yang memungkinkan siswa untuk berhasil dalam dunia yang terus berubah dan kompleks. Itu mengintegrasikan pendekatan pedagogis modern, teknologi, dan pemahaman mendalam tentang kebutuhan siswa saat ini.

Model ASSURE

Model ini terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Analyze Learners: Analisis karakteristik peserta didik.
  2. State Objectives: Menetapkan tujuan pembelajaran yang jelas.
  3. Select Methods, Media, and Materials: Memilih metode, media, dan materi pembelajaran yang sesuai.
  4. Utilize Media and Materials: Menggunakan media dan materi pembelajaran yang telah dipilih.
  5. Require Learner Participation: Mendorong peserta didik untuk berpartisipasi aktif.
  6. Evaluate and Revise: Mengevaluasi kemajuan peserta didik dan merevisi desain pembelajaran sesuai kebutuhan.

Model Dick & Carey

Model ini berfokus pada analisis dan perencanaan yang matang dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Identify Instructional Goals: Mengidentifikasi tujuan pembelajaran.
  2. Conduct Instructional Analysis: Menganalisis materi pembelajaran dan peserta didik.
  3. Identify Entry Behaviors and Learner Characteristics: Menganalisis karakteristik peserta didik.
  4. Write Performance Objectives: Menyusun tujuan pembelajaran yang spesifik.
  5. Develop Assessment Instruments: Membuat instrumen evaluasi.
  6. Develop Instructional Strategy: Mengembangkan strategi pembelajaran.
  7. Develop and Select Instructional Materials: Menghasilkan dan memilih materi pembelajaran.
  8. Design and Conduct Formative Evaluation of Instruction: Melakukan evaluasi formatif dan revisi.
  9. Conduct Summative Evaluation: Melakukan evaluasi keseluruhan pembelajaran.

Model ADDIE

Model ini terdiri dari lima langkah utama yang berulang:

  1. Analyze: Menganalisis kebutuhan pembelajaran dan karakteristik peserta didik.
  2. Design: Merancang desain instruksional sesuai dengan tujuan pembelajaran.
  3. Develop: Mengembangkan materi pembelajaran.
  4. Implement: Melaksanakan pembelajaran dengan materi dan metode yang telah dikembangkan.
  5. Evaluate: Mengevaluasi hasil pembelajaran dan mencari masukan untuk perbaikan.

Model Smith dan Ragan

Model ini berfokus pada penggunaan teknologi dan pendekatan konstruktivisme. Langkah-langkahnya meliputi:

  1. Learner Analysis: Analisis karakteristik peserta didik.
  2. Context Analysis: Analisis konteks pembelajaran, termasuk lingkungan dan sumber daya.
  3. Task Analysis: Analisis tugas-tugas yang harus diuji peserta didik.
  4. Instructional Objectives: Menetapkan tujuan pembelajaran.
  5. Sequence Instructional Strategies: Mengembangkan strategi pembelajaran.
  6. Evaluation and Assessment: Mengevaluasi hasil pembelajaran dan menentukan instrumen evaluasi yang sesuai.

Kesimpulan: Desain pembelajaran adalah proses penting yang mencakup berbagai komponen, termasuk tujuan pembelajaran, metode pengajaran, materi pembelajaran, evaluasi, dan lingkungan pembelajaran. Di era digital, teknologi menjadi aspek penting dalam desain pembelajaran. Model-model desain pembelajaran seperti ASSURE, Dick & Carey, ADDIE, dan Smith dan Ragan membantu pendidik dalam merancang pembelajaran yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Berikut Soal PPPK Guru 2023 mengenai Desain Pembelajaran dan Kunci Jawabannya:

1. Apa yang dimaksud dengan desain pembelajaran?
a. Proses mencapai tujuan pembelajaran
b. Metode pengajaran
c. Materi pembelajaran
d. Tujuan pembelajaran

Jawaban: a

2. Komponen desain pembelajaran meliputi apa?
a. Metode pengajaran, materi pembelajaran, dan tujuan pembelajaran
b. Tujuan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan lingkungan pembelajaran
c. Peserta didik, teknologi, dan strategi pengajaran
d. Materi pembelajaran, metode evaluasi, dan pengorganisasian

Jawaban: a

3. Apa yang dimaksud dengan desain pembelajaran abad 21?
a. Desain pembelajaran yang terkait dengan era digital
b. Desain pembelajaran tradisional
c. Desain pembelajaran berbasis teori behaviorisme
d. Desain pembelajaran berbasis konstruktivisme

Jawaban: a

4. Apa singkatan dari model desain pembelajaran "ASSURE"?
a. Analysis, Selection, System, Utilization, Review, and Evaluation
b. Assessment, Selection, Support, Usage, Review, and Examination
c. Analyze, State, Select, Utilize, Require, and Evaluate
d. Approach, Strategy, Support, Understanding, Retention, and Examination

Jawaban: c

5. Model Dick dan Carey adalah model desain instruksional yang fokus pada apa?
a. Analisis dan perencanaan
b. Penggunaan teknologi
c. Evaluasi formatif
d. Evaluasi summative

Jawaban: a

6. Model ADDIE terdiri dari berapa langkah utama?
a. 3
b. 4
c. 5
d. 6

Jawaban: c

7. Apa yang dimaksud dengan tahap "Analyze" dalam model ADDIE?
a. Tahap merancang instruksi
b. Tahap mengidentifikasi tujuan pembelajaran
c. Tahap analisis kebutuhan dan karakteristik peserta didik
d. Tahap implementasi pembelajaran

Jawaban: c

8. Apa tujuan dari tahap "Design" dalam model ADDIE?
a. Merancang materi pembelajaran
b. Menganalisis peserta didik
c. Menetapkan tujuan pembelajaran
d. Mengembangkan instrumen evaluasi

Jawaban: a

9. Model Smith dan Ragan fokus pada penggunaan apa dalam desain pembelajaran?
a. Metode pengajaran tradisional
b. Penggunaan teknologi
c. Model ADDIE
d. Analisis kebutuhan peserta didik

Jawaban: b

10. Apa yang termasuk dalam langkah "Learner Analysis" dalam model Smith dan Ragan?
a. Menganalisis karakteristik peserta didik
b. Mengembangkan instrumen evaluasi
c. Merancang materi pembelajaran
d. Menetapkan tujuan pembelajaran

Jawaban: a

11. Dalam model ADDIE, tahap apa yang mengacu pada evaluasi hasil pembelajaran?
a. Analyze
b. Design
c. Develop
d. Evaluate

Jawaban: d

12. Apa yang dimaksud dengan "Evaluasi Summative" dalam model ADDIE?
a. Evaluasi yang dilakukan selama proses pembelajaran
b. Evaluasi untuk menilai efektivitas keseluruhan desain pembelajaran
c. Evaluasi untuk memeriksa ketercapaian tujuan pembelajaran
d. Evaluasi oleh peserta didik

Jawaban: b

13. Tujuan utama dari model Dick dan Carey adalah apa?
a. Menggunakan teknologi dalam pembelajaran
b. Mengidentifikasi tujuan pembelajaran
c. Merancang strategi pembelajaran
d. Menganalisis peserta didik

Jawaban: c

14. Model ADDIE adalah singkatan dari apa?
a. Analysis, Design, Development, Instruction, Evaluation
b. Assessment, Development, Design, Implementation, Examination
c. Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate
d. Approve, Disapprove, Deliver, Implement, Evaluate

Jawaban: c

15. Apa yang perlu dianalisis dalam tahap "Context Analysis" dalam model Smith dan Ragan?
a. Kebutuhan peserta didik
b. Karakteristik peserta didik
c. Lingkungan pembelajaran
d. Tujuan pembelajaran

Jawaban: c

Download Soal PPPK Guru 2023 mengenai Desain Pembelajaran dan kunci jawaban di bawah ini:


Berikut Link Download Kisi-Kisi Soal PPPK Guru Tahun 2023:

  • Ketentuan Soal Kompetensi Teknis Tambahan PPPK Guru 2023 (Disini)
  • Kumpulan Soal-Soal PPPK Guru Tahun 2023 semua jenjang download (Disini).
  • Soal Situational Judgement Test (SJT) PPPK Guru 2023 (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 Teori Belajar Piaget dan Empat Tahap Perkembangan Kognitif, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 Teori belajar Gagne, Taksonomi Bloom dan perkembangannya, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 Teori Belajar Piaget, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 Teori Belajar Gagne, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 Teori Belajar Ausubel download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 Profil Pelajar Pancasila download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Karakteristik Murid Berkebutuhan Khusus, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Individualized Education Program (IEP) dan Prinsip-prinsip differentiated learning, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Konsep dan Prinsip Assessment as Learning dan Assessment for Learning, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Active Listening, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Teori Dasar Komunikasi, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Kesepakatan dan Kebiasaan Positif di Lingkungan Belajar, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Konsep dan prinsip-prinsip motivasi dalam pendidikan, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Mengembangkan Motivasi Siswa, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Behavior modification & habit formation, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Prinsip-prinsip rewardpunishment, dan reinforcement dalam pembentukan tingkah laku, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Desain Pembelajaran, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Facilitate learning, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Berfikir Kritis, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Berbagai Teknik Asesmen di Tingkat Kelas (Classroom-based Assessment) Sesuai dengan Tujuan Pembelajaran, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Pemanfaatan Hasil Asesmen untuk Perbaikan Pembelajaran (Feedback), download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Program Remedial dan Program Pengayaan Berdasarkan Hasil Asesmen, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Refleksi, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Kode Etik Guru, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023: Interaksi Guru-Murid, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023: School Safety, download 
    (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Diversity, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Pengertian dan Pengembangan Potensi, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Perencanaan Karir dan Pengembangan Potensi Diri, download (Disini)
  • Soal Tes Observasi PPPK Guru 2023 download (Disini)
  • Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru SD atau Guru Kelas download (Disini).
  • Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru SMP semua mapel download (Disini)
  • Soal PPPK Guru PAI, download (Disini)
  • Soal-Soal PPPK Guru (Teknis, Manajerial, Sosio-Kultural) download (Disini).
  • Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru dan Kunci Jawaban download (Disini)
  • Soal Kompetensi Manajerial PPPK Guru dan Kunci Jawaban download (Disini)
  • Soal Kompetensi Sosiokultural PPPK Guru dan Kunci Jawaban download (Disini)
  • Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru download (Disini)
  • Soal Kompetensi Manajerial PPPK Guru download (Disini)
  • Soal Integritas dan Sosiokultural PPPK Guru download (Disini)
  • Modul Pedagogi PPPK Guru Jenjang SD - SMA download (Disini)
  • Modul PPPK Guru Paud - TK download (Disini)
  • Modul PPPK Guru SD Semua Mata Pelajaran download (Disini)
  • Modul PPPK Guru SMP Semua Mata Pelajaran download (Disini)
  • Modul PPPK Guru SMA-SMK Semua Mata Pelajaran download (Disini) 
  • Kisi-kisi Soal PPPK Guru Tahun 2023 download (Disini).