Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal PPPK Guru 2023 tentang Karakteristik Murid Berkebutuhan Khusus dan Pembahasan


Karakteristik Murid Berkebutuhan Khusus

Murid berkebutuhan khusus (MKK) adalah murid yang memiliki karakteristik khusus yang berbeda dengan murid pada umumnya, baik dalam aspek fisik, intelektual, emosional, sosial, atau bahasa. Karakteristik ini dapat berupa hambatan, keterlambatan, atau kelebihan.

Secara umum, karakteristik MKK dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu:

1. Karakteristik yang bersifat umum, yaitu karakteristik yang dimiliki oleh sebagian besar MKK, seperti:

  1. Kesulitan dalam belajar
  2. Kesulitan dalam beradaptasi
  3. Kesulitan dalam bersosialisasi
  4. Kesulitan dalam mengekspresikan diri

2. Karakteristik yang bersifat spesifik, yaitu karakteristik yang hanya dimiliki oleh MKK tertentu, seperti:

  1. Hambatan penglihatan
  2. Hambatan pendengaran
  3. Hambatan gerak
  4. Hambatan intelektual
  5. Hambatan emosional
  6. Hambatan bahasa

Karakteristik Umum Murid Berkebutuhan Khusus

Berikut adalah beberapa karakteristik umum MKK yang dapat diamati, yaitu:

1. Kesulitan dalam belajar: MKK sering mengalami kesulitan dalam belajar, baik dalam hal akademik maupun non-akademik. Kesulitan ini dapat berupa kesulitan dalam memahami materi pelajaran, kesulitan dalam mengerjakan tugas, dan kesulitan dalam mengikuti pelajaran.

2. Kesulitan dalam beradaptasi: MKK sering mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan lingkungan baru, baik lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat. Kesulitan ini dapat berupa kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan aturan dan norma yang berlaku, kesulitan dalam berinteraksi dengan orang lain, dan kesulitan dalam memenuhi kebutuhannya sendiri.

3. Kesulitan dalam bersosialisasi: MKK sering mengalami kesulitan dalam bersosialisasi dengan orang lain. Kesulitan ini dapat berupa kesulitan dalam menjalin hubungan pertemanan, kesulitan dalam mengekspresikan emosi, dan kesulitan dalam memahami perasaan orang lain.

4. Kesulitan dalam mengekspresikan diri: MKK sering mengalami kesulitan dalam mengekspresikan diri, baik secara verbal maupun nonverbal. Kesulitan ini dapat berupa kesulitan dalam berbicara, kesulitan dalam menulis, dan kesulitan dalam mengungkapkan perasaan.

Karakteristik Spesifik Murid Berkebutuhan Khusus

Berikut adalah beberapa karakteristik spesifik MKK yang dapat diamati, yaitu:

1. Hambatan penglihatan: MKK dengan hambatan penglihatan memiliki keterbatasan dalam melihat. Keterbatasan ini dapat berupa kebutaan total atau kebutaan sebagian. MKK dengan hambatan penglihatan sering mengalami kesulitan dalam hal:

  • Membaca
  • Menulis
  • Berorientasi
  • Berperilaku

2. Hambatan pendengaran: MKK dengan hambatan pendengaran memiliki keterbatasan dalam mendengar. Keterbatasan ini dapat berupa tuli total atau tuli sebagian. MKK dengan hambatan pendengaran sering mengalami kesulitan dalam hal:

  • Mendengar
  • Berbicara
  • Berkomunikasi
  • Bersosialisasi

3. Hambatan gerak: MKK dengan hambatan gerak memiliki keterbatasan dalam bergerak. Keterbatasan ini dapat berupa kelumpuhan, kelemahan, atau gangguan pada bagian tubuh tertentu. MKK dengan hambatan gerak sering mengalami kesulitan dalam hal:

  • Mobilitas
  • Bekerja
  • Bersosialisasi

4. Hambatan intelektual: MKK dengan hambatan intelektual memiliki kecerdasan yang di bawah rata-rata. MKK dengan hambatan intelektual sering mengalami kesulitan dalam hal:

  • Belajar
  • Berpikir
  • Beradaptasi
  • Melakukan aktivitas sehari-hari

5. Hambatan emosional: MKK dengan hambatan emosional memiliki kesulitan dalam mengendalikan emosinya. MKK dengan hambatan emosional sering mengalami kesulitan dalam hal:

  • Mengekspresikan emosi
  • Mengontrol emosi
  • Berinteraksi dengan orang lain

6. Hambatan bahasa: MKK dengan hambatan bahasa memiliki kesulitan dalam berkomunikasi. MKK dengan hambatan bahasa sering mengalami kesulitan dalam hal:

  • Berbicara
  • Membaca
  • Menulis
  • Berkomunikasi

Peran Guru dalam Pembelajaran terhadap Murid Berkebutuhan Khusus

Guru memiliki peran yang sangat penting dalam pembelajaran terhadap murid berkebutuhan khusus (MKK). Guru berperan sebagai fasilitator, motivator, dan mediator bagi MKK untuk mencapai tujuan pembelajaran.

  1. Fasilitator: Guru berperan sebagai fasilitator bagi MKK untuk dapat belajar secara optimal. Guru harus mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan ramah bagi MKK. Lingkungan belajar yang kondusif dapat mendukung MKK untuk belajar dengan nyaman dan aman.
  2. Motivator: Guru berperan sebagai motivator bagi MKK untuk tetap semangat belajar. Guru harus mampu memberikan motivasi kepada MKK agar mereka tidak mudah menyerah dalam menghadapi kesulitan belajar.
  3. Mediator: Guru berperan sebagai mediator bagi MKK untuk dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Guru harus mampu membantu MKK untuk memahami dan mengekspresikan diri dengan baik.

Peran Guru dalam Pembelajaran Murid Berkebutuhan Khusus secara Khusus

Selain peran-peran umum di atas, guru juga memiliki peran-peran khusus dalam pembelajaran MKK, yaitu:

1. Mengidentifikasi kebutuhan dan karakteristik MKK

Guru harus mampu mengidentifikasi kebutuhan dan karakteristik MKK. Hal ini penting untuk menentukan strategi pembelajaran yang tepat bagi MKK.

2. Menyusun rencana pembelajaran yang individual

Guru harus menyusun rencana pembelajaran yang individual bagi MKK. Rencana pembelajaran yang individual dapat membantu MKK untuk belajar secara efektif sesuai dengan kemampuannya.

3. Melaksanakan pembelajaran secara individual atau kelompok

Guru dapat melaksanakan pembelajaran secara individual atau kelompok, tergantung pada kebutuhan MKK. Pembelajaran secara individual dapat membantu MKK untuk mendapatkan perhatian penuh dari guru.

4. Memberikan bimbingan dan pendampingan

Guru harus memberikan bimbingan dan pendampingan kepada MKK dalam proses pembelajaran. Bimbingan dan pendampingan dapat membantu MKK untuk memahami materi pelajaran dan mengerjakan tugas.

5. Mengembangkan potensi Murid Berkebutuhan Khusus

Guru harus mampu mengembangkan potensi MKK. Guru harus mampu mengenali potensi MKK dan memberikan kesempatan kepada MKK untuk mengembangkan potensinya.

Pentingnya Memahami Karakteristik Murid Berkebutuhan Khusus

Memahami karakteristik MKK merupakan hal yang penting bagi semua pihak, baik guru, orang tua, maupun masyarakat. Dengan memahami karakteristik MKK, kita dapat memberikan layanan pendidikan dan dukungan yang tepat bagi MKK.

Layanan pendidikan dan dukungan yang tepat bagi MKK dapat membantu MKK untuk berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Peran guru dalam pembelajaran MKK sangatlah penting. Dengan peran yang tepat, guru dapat membantu MKK untuk berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

Berikut Soal PPPK Guru 2023 tentang Karakteristik Murid Berkebutuhan Khusus dan kunci jawaban:

Soal 1: Apa yang dimaksud dengan MKK?
A. Murid Khusus Kelebihan
B. Murid Kepala Sekolah Keren
C. Murid Berkebutuhan Khusus
D. Murid Berkepribadian Kuat
Kunci Jawaban: C. Murid Berkebutuhan Khusus

Soal 2: Karakteristik MKK dapat mencakup hambatan, keterlambatan, atau apa lagi?
A. Kelebihan
B. Kemampuan tinggi
C. Kemampuan sosial
D. Keahlian komunikasi
Kunci Jawaban: A. Kelebihan

Soal 3: Karakteristik MKK dapat dikelompokkan menjadi berapa jenis?
A. 1 jenis
B. 2 jenis
C. 3 jenis
D. 4 jenis
Kunci Jawaban: B. 2 jenis

Soal 4: Karakteristik yang bersifat umum pada MKK mencakup kesulitan dalam belajar, beradaptasi, bersosialisasi, dan apa lagi?
A. Mengekspresikan diri
B. Berolahraga
C. Berkendara
D. Berbicara
Kunci Jawaban: A. Mengekspresikan diri

Soal 5: Hambatan penglihatan pada MKK dapat mencakup apa?
A. Kesulitan dalam mendengar
B. Kesulitan dalam berbicara
C. Kesulitan dalam melihat
D. Kesulitan dalam berpikir
Kunci Jawaban: C. Kesulitan dalam melihat

Soal 6: Karakteristik yang bersifat spesifik pada MKK mencakup hambatan penglihatan, pendengaran, gerak, intelektual, emosional, dan apa lagi?
A. Hambatan komunikasi
B. Hambatan fisik
C. Hambatan sosial
D. Hambatan fisik
Kunci Jawaban: A. Hambatan komunikasi

Soal 7: MKK dengan hambatan penglihatan sering mengalami kesulitan dalam hal apa?
A. Membaca
B. Mendengar
C. Berbicara
D. Menulis
Kunci Jawaban: A. Membaca

Soal 8: MKK dengan hambatan pendengaran sering mengalami kesulitan dalam hal apa?
A. Membaca
B. Mendengar
C. Berbicara
D. Menulis
Kunci Jawaban: B. Mendengar

Soal 9: MKK dengan hambatan gerak sering mengalami kesulitan dalam hal apa?
A. Menulis
B. Berkendara
C. Mobilitas
D. Berbicara
Kunci Jawaban: C. Mobilitas

Soal 10: Apa yang harus guru lakukan dalam peran sebagai fasilitator bagi MKK?
A. Memberikan ujian yang sulit
B. Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif
C. Memberikan banyak PR
D. Menghukum MKK
Kunci Jawaban: B. Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif

Soal 11: Apa yang harus guru lakukan dalam peran sebagai motivator bagi MKK?
A. Memberikan hukuman
B. Memberikan ujian sulit
C. Memberikan motivasi agar MKK tidak mudah menyerah
D. Mengabaikan MKK
Kunci Jawaban: C. Memberikan motivasi agar MKK tidak mudah menyerah

Soal 12: Apa yang harus guru lakukan dalam peran sebagai mediator bagi MKK?
A. Membiarkan MKK berkomunikasi sendiri
B. Membuat MKK merasa tidak nyaman
C. Membantu MKK memahami dan mengekspresikan diri
D. Memarahi MKK
Kunci Jawaban: C. Membantu MKK memahami dan mengekspresikan diri

Soal 13: Apa yang harus guru lakukan dalam mengidentifikasi karakteristik MKK?
A. Menyusun rencana pembelajaran
B. Memberikan banyak PR
C. Menghukum MKK
D. Mengidentifikasi kebutuhan dan karakteristik MKK
Kunci Jawaban: D. Mengidentifikasi kebutuhan dan karakteristik MKK

Soal 14: Apa yang harus guru lakukan dalam menyusun rencana pembelajaran yang individual bagi MKK?
A. Mengabaikan MKK
B. Memberikan tugas yang sulit
C. Menghukum MKK
D. Menyusun rencana pembelajaran yang individual
Kunci Jawaban: D. Menyusun rencana pembelajaran yang individual

Soal 15: Apa yang harus guru lakukan dalam mengembangkan potensi MKK?
A. Menghukum MKK
B. Memberikan tugas yang sulit
C. Mengabaikan MKK
D. Mengenali potensi MKK dan memberikan kesempatan kepada MKK untuk mengembangkan potensinya
Kunci Jawaban: D. Mengenali potensi MKK dan memberikan kesempatan kepada MKK untuk mengembangkan potensinya

Download Soal PPPK Guru 2023 tentang Karakteristik Murid Berkebutuhan Khusus dan kunci jawaban di bawah ini


Berikut Link Download Kisi-Kisi Soal PPPK Guru Tahun 2023:

  • Ketentuan Soal Kompetensi Teknis Tambahan PPPK Guru 2023 (Disini)
  • Kumpulan Soal-Soal PPPK Guru Tahun 2023 semua jenjang download (Disini).
  • Soal PPPK Guru 2023 Teori belajar Gagne, Taksonomi Bloom dan perkembangannya, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 Teori Belajar Piaget, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 Teori Belajar Gagne, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 Teori Belajar Ausubel download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 Profil Pelajar Pancasila download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Karakteristik Murid Berkebutuhan Khusus, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Individualized Education Program (IEP) dan Prinsip-prinsip differentiated learning, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Konsep dan Prinsip Assessment as Learning dan Assessment for Learning, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Active Listening, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Teori Dasar Komunikasi, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Kesepakatan dan Kebiasaan Positif di Lingkungan Belajar, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Konsep dan prinsip-prinsip motivasi dalam pendidikan, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Mengembangkan Motivasi Siswa, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Behavior modification & habit formation, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Prinsip-prinsip rewardpunishment, dan reinforcement dalam pembentukan tingkah laku, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Desain Pembelajaran, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Facilitate learning, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Berfikir Kritis, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Berbagai Teknik Asesmen di Tingkat Kelas (Classroom-based Assessment) Sesuai dengan Tujuan Pembelajaran, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Pemanfaatan Hasil Asesmen untuk Perbaikan Pembelajaran (Feedback), download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Program Remedial dan Program Pengayaan Berdasarkan Hasil Asesmen, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Refleksi, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Kode Etik Guru, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023: Interaksi Guru-Murid, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023: School Safety, download 
    (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Diversity, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Pengertian dan Pengembangan Potensi, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Perencanaan Karir dan Pengembangan Potensi Diri, download (Disini)
  • Soal Tes Observasi PPPK Guru 2023 download (Disini)
  • Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru SD atau Guru Kelas download (Disini).
  • Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru SMP semua mapel download (Disini)
  • Soal PPPK Guru PAI, download (Disini)
  • Soal-Soal PPPK Guru (Teknis, Manajerial, Sosio-Kultural) download (Disini).
  • Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru dan Kunci Jawaban download (Disini)
  • Soal Kompetensi Manajerial PPPK Guru dan Kunci Jawaban download (Disini)
  • Soal Kompetensi Sosiokultural PPPK Guru dan Kunci Jawaban download (Disini)
  • Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru download (Disini)
  • Soal Kompetensi Manajerial PPPK Guru download (Disini)
  • Soal Integritas dan Sosiokultural PPPK Guru download (Disini)
  • Modul Pedagogi PPPK Guru Jenjang SD - SMA download (Disini)
  • Modul PPPK Guru Paud - TK download (Disini)
  • Modul PPPK Guru SD Semua Mata Pelajaran download (Disini)
  • Modul PPPK Guru SMP Semua Mata Pelajaran download (Disini)
  • Modul PPPK Guru SMA-SMK Semua Mata Pelajaran download (Disini) 
  • Kisi-kisi Soal PPPK Guru Tahun 2023 download (Disini).