Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal PPPK Guru 2023 tentang Teori Belajar Ausubel dan Pembahasan


Teori Belajar Bermakna Ausubel

David Ausubel dikenal dengan teori belajar bermakna (meaningful learning). Ia membedakan antara belajar menemukan dengan belajar menerima. Belajar menerima adalah ketika siswa hanya menerima informasi tanpa mengaitkannya dengan pengetahuan yang ada, sementara belajar menemukan melibatkan siswa dalam proses menemukan konsep sendiri. Menurut Ausubel (Burhanuddin, 1996), pembelajaran bermakna terjadi saat seseorang mengaitkan informasi baru dengan konsep-konsep yang relevan dalam struktur kognitif mereka. Struktur kognitif mencakup fakta-fakta, konsep-konsep, dan generalisasi yang telah dipelajari dan diingat siswa.

Faktor-faktor utama yang memengaruhi belajar bermakna menurut Ausubel (Bruhanuuddin, 1996) melibatkan struktur kognitif yang ada, stabilitas pengetahuan dalam suatu bidang studi tertentu, dan kaitannya dengan waktu tertentu. Pembelajaran bermakna terjadi ketika seseorang mengasosiasikan informasi baru ke dalam struktur pengetahuan mereka.

Tipe Belajar Menurut Ausubel

Menurut Ausubel (Burhanuddin, 1996), terdapat beberapa jenis pendekatan pembelajaran, antara lain:

1. Pendekatan pembelajaran dengan penemuan berarti siswa mengaitkan pengetahuan yang sudah dimilikinya dengan materi pelajaran yang sedang dipelajari. Atau sebaliknya, siswa pertama-tama menemukan pengetahuannya dari materi yang dipelajari, lalu menghubungkannya dengan pengetahuan yang sudah ada sebelumnya.

2. Pendekatan pembelajaran dengan penemuan yang tidak berarti adalah ketika siswa belajar sendiri tanpa mengaitkan pengetahuan yang sudah dimiliki, kemudian menghafalkan materi pelajaran tersebut.

3. Pendekatan pembelajaran menerima (ekspositori) berarti materi pelajaran disampaikan secara logis kepada siswa hingga mencapai bentuk akhir, setelah itu pengetahuan baru yang diperoleh siswa dikaitkan dengan pengetahuan yang sudah dimilikinya.

Kebaikan Belajar Bermakna Teori Belajar Ausubel

Menurut Ausubel dan Novak (seperti yang dikutip dalam Burhanuddin, 1996), terdapat tiga manfaat dalam pembelajaran yang memiliki makna, yakni:
  1. Pengetahuan yang dipelajari dengan makna akan lebih lama diingat.
  2. Informasi baru yang terkait dengan konsep-konsep relevan sebelumnya dapat memperkuat pemahaman yang sudah ada sebelumnya, sehingga memudahkan proses belajar dan pengajaran berikutnya yang memiliki kesamaan konten.
  3. Pengetahuan yang pernah dilupakan setelah pernah dikuasai sebelumnya tetap meninggalkan bekas, memudahkan proses belajar dan pengajaran untuk materi pelajaran serupa, meskipun sudah terlupakan.
Untuk mencapai pembelajaran yang bermakna, Ausubel menentukan beberapa prasyarat, yaitu:
  1. Pembelajaran yang bermakna hanya terjadi ketika siswa memiliki strategi belajar yang memiliki makna.
  2. Tugas pembelajaran yang diberikan kepada siswa harus sesuai dengan pengetahuan yang mereka miliki sebelumnya.
  3. Tugas-tugas pembelajaran yang diberikan harus sesuai dengan tingkat perkembangan intelektual siswa.

Hubungan antara Teori Belajar Bermakna Ausubel dan Konstruktivisme

Hubungan antara Teori Belajar Bermakna Ausubel dan Konstruktivisme sangat erat. Kedua teori ini menitikberatkan pada pentingnya siswa mengaitkan pengalaman, fenomena, dan informasi baru ke dalam kerangka pemahaman yang telah ada. Mereka menekankan perlunya proses asimilasi pengalaman baru ke dalam konsep atau pemahaman yang telah dimiliki oleh siswa. Keduanya juga memandang bahwa siswa harus aktif dalam proses pembelajaran.

Ausubel berpendapat bahwa guru perlu memfasilitasi pengembangan potensi kognitif siswa melalui pembelajaran yang memiliki makna. Seperti halnya Bruner dan Gagne, Ausubel percaya bahwa siswa, terutama di tingkat pendidikan dasar, akan mendapat manfaat dari partisipasi aktif dalam kegiatan langsung. Namun, untuk siswa di tingkat pendidikan yang lebih tinggi, menurut Ausubel, lebih efektif jika guru menggunakan penjelasan, peta konsep, demonstrasi, diagram, dan ilustrasi, karena kegiatan langsung mungkin memakan banyak waktu.

Langkah-langkah Belajar Bermakna Menurut Ausubel

Langkah-langkah untuk menerapkan pendekatan pembelajaran yang bermakna menurut Ausubel adalah sebagai berikut:
  1. Menetapkan tujuan pembelajaran.
  2. Mengidentifikasi karakteristik siswa, seperti kemampuan awal, motivasi, gaya belajar, dan sebagainya.
  3. Memilih materi pelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan mengorganisasikannya menjadi konsep-konsep inti.
  4. Menyusun topik-topik pembelajaran dan menyajikannya dalam bentuk pengantar maju (advance organizer) yang akan dipelajari oleh siswa.
  5. Mempelajari konsep-konsep inti ini dan menerapkannya dalam konteks yang konkret dan nyata.
  6. Melakukan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar siswa.
Teori belajar Ausubel, yang dikembangkan oleh David Ausubel, menekankan pentingnya pembelajaran yang bermakna. Dalam teori ini, pembelajaran yang bermakna terjadi ketika siswa mengaitkan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang sudah dimiliki, sehingga informasi baru dapat diintegrasikan ke dalam kerangka pemahaman yang ada

Referensi:

Burhanuddin; Nur Wahyuni, Esa. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Penerbit Ar-Ruzz Media.

Berikut Soal PPPK Guru 2023 tentang Teori Belajar Ausubel dan Kunci Jawaban:

Siapakah tokoh yang dikenal dengan teori belajar bermakna?
a) Piaget
b) Skinner
c) Vygotsky
d) Ausubel
Jawaban: d) Ausubel

Apa perbedaan utama antara belajar menemukan dan belajar menerima menurut Ausubel?
a) Belajar menemukan lebih efektif
b) Belajar menerima melibatkan asosiasi informasi
c) Belajar menemukan melibatkan guru
d) Belajar menerima lebih aktif
Jawaban: b) Belajar menerima melibatkan asosiasi informasi

Apa yang dimaksud dengan pembelajaran bermakna menurut Ausubel?
a) Memahami konsep-konsep baru
b) Menerima informasi tanpa pengaitan
c) Belajar melalui eksperimen
d) Memahami informasi baru dengan mengaitkannya dengan konsep yang sudah ada
Jawaban: d) Memahami informasi baru dengan mengaitkannya dengan konsep yang sudah ada

Apa yang memengaruhi belajar bermakna menurut Ausubel?
a) Struktur kognitif, stabilitas pengetahuan, dan waktu
b) Motivasi, belajar aktif, dan pengalaman
c) Materi pelajaran, guru, dan teman sebaya
d) Kualitas buku teks
Jawaban: a) Struktur kognitif, stabilitas pengetahuan, dan waktu

Apa yang dimaksud dengan tipe belajar "penemuan yang tidak bermakna" menurut Ausubel?
a) Siswa menemukan konsep baru dan mengaitkannya dengan pengetahuan yang ada
b) Siswa belajar sendiri tanpa mengaitkan pengetahuan yang sudah dimiliki
c) Siswa menggali informasi dari guru
d) Siswa memahami materi pelajaran dengan mudah
Jawaban: b) Siswa belajar sendiri tanpa mengaitkan pengetahuan yang sudah dimiliki

Apa manfaat utama dari pembelajaran yang bermakna menurut Ausubel?
a) Pengingatan informasi dalam jangka panjang
b) Keterampilan menghafal yang kuat
c) Memahami konsep yang sulit
d) Peningkatan kemampuan belajar tanpa guru
Jawaban: a) Pengingatan informasi dalam jangka panjang

Apa prasyarat yang harus ada untuk pembelajaran yang bermakna menurut Ausubel?
a) Penggunaan teknologi dalam pembelajaran
b) Guru yang berpengalaman
c) Strategi belajar yang bermakna, tugas sesuai dengan pengetahuan siswa, dan sesuai dengan perkembangan intelektual siswa
d) Banyaknya tugas rumah
Jawaban: c) Strategi belajar yang bermakna, tugas sesuai dengan pengetahuan siswa, dan sesuai dengan perkembangan intelektual siswa

Bagaimana hubungan antara Teori Belajar Bermakna Ausubel dan Konstruktivisme?
a) Mereka adalah teori yang bertentangan
b) Mereka berfokus pada tugas-tugas belajar
c) Keduanya menekankan pentingnya siswa mengaitkan informasi baru dengan konsep yang sudah ada dalam pemahaman mereka
d) Mereka sama-sama menekankan penggunaan metode eksperimental dalam pembelajaran
Jawaban: c) Keduanya menekankan pentingnya siswa mengaitkan informasi baru dengan konsep yang sudah ada dalam pemahaman mereka

Apa yang dimaksud dengan pengantar maju (advance organizer) dalam pembelajaran bermakna menurut Ausubel?
a) Guru yang memberikan penjelasan awal sebelum materi utama
b) Buku teks yang canggih
c) Siswa yang mengatur materi pembelajaran sendiri
d) Penggunaan teknologi dalam pembelajaran
Jawaban: a) Guru yang memberikan penjelasan awal sebelum materi utama

Apa yang dimaksud dengan tugas pembelajaran yang "sesuai dengan pengetahuan siswa" menurut Ausubel?
a) Tugas yang mudah
b) Tugas yang menantang
c) Tugas yang berhubungan dengan pengetahuan yang sudah dimiliki siswa sebelumnya
d) Tugas yang tidak relevan
Jawaban: c) Tugas yang berhubungan dengan pengetahuan yang sudah dimiliki siswa sebelumnya

Apa manfaat dari tugas pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan intelektual siswa menurut Ausubel?
a) Siswa akan lebih aktif
b) Siswa akan lebih cepat menguasai materi
c) Pembelajaran akan menjadi lebih menyenangkan
d) Pembelajaran akan lebih efektif sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
Jawaban: d) Pembelajaran akan lebih efektif sesuai dengan tingkat perkembangan siswa

Apa yang membedakan belajar menerima dengan belajar menemukan menurut Ausubel?
a) Metode pembelajaran
b) Peran guru
c) Aktivitas siswa
d) Tujuan pembelajaran
Jawaban: c) Aktivitas siswa

Menurut Ausubel, apa yang terjadi ketika seseorang mengaitkan informasi baru dengan konsep-konsep yang relevan dalam struktur kognitif mereka?
a) Pembelajaran bermakna
b) Pembelajaran pasif
c) Pembelajaran ekspositori
d) Pembelajaran menemukan
Jawaban: a) Pembelajaran bermakna

Apa yang dimaksud dengan stabilitas pengetahuan dalam pembelajaran bermakna menurut Ausubel?
a) Pengetahuan yang selalu tetap sama
b) Pengetahuan yang tidak berubah seiring waktu
c) Pengetahuan yang bergantung pada guru
d) Pengetahuan yang selalu berubah
Jawaban: b) Pengetahuan yang tidak berubah seiring waktu

Apa yang dimaksud dengan asimilasi dalam teori Ausubel?
a) Menggabungkan informasi baru dengan konsep yang sudah ada
b) Menghapus konsep yang sudah ada
c) Mengaitkan konsep dengan konsep lain yang tidak relevan
d) Mengisolasi informasi baru dari pengetahuan yang ada
Jawaban: a) Menggabungkan informasi baru dengan konsep yang sudah ada

Download Soal PPPK Guru 2023 tentang Teori Belajar Ausubel dan Kunci Jawaban di bawah ini:



Download Soal PPPK Guru 2023 lainnya di bawah ini:
  • Ketentuan Soal Kompetensi Teknis Tambahan PPPK Guru 2023 (Disini)
  • Kumpulan Soal-Soal PPPK Guru Tahun 2023 semua jenjang download (Disini).
  • Soal PPPK Guru 2023 Teori Belajar Piaget dan Empat Tahap Perkembangan Kognitif, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 Teori belajar Gagne, Taksonomi Bloom dan perkembangannya, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 Teori Belajar Piaget, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 Teori Belajar Gagne, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 Teori Belajar Ausubel download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 Profil Pelajar Pancasila download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Karakteristik Murid Berkebutuhan Khusus, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Individualized Education Program (IEP) dan Prinsip-prinsip differentiated learning, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Konsep dan Prinsip Assessment as Learning dan Assessment for Learning, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Active Listening, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Teori Dasar Komunikasi, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Kesepakatan dan Kebiasaan Positif di Lingkungan Belajar, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Konsep dan prinsip-prinsip motivasi dalam pendidikan, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Mengembangkan Motivasi Siswa, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Behavior modification & habit formation, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Prinsip-prinsip rewardpunishment, dan reinforcement dalam pembentukan tingkah laku, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Desain Pembelajaran, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Facilitate learning, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Berfikir Kritis, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Berbagai Teknik Asesmen di Tingkat Kelas (Classroom-based Assessment) Sesuai dengan Tujuan Pembelajaran, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Pemanfaatan Hasil Asesmen untuk Perbaikan Pembelajaran (Feedback), download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Program Remedial dan Program Pengayaan Berdasarkan Hasil Asesmen, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Refleksi, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Kode Etik Guru, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023: Interaksi Guru-Murid, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023: School Safety, download 
    (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Diversity, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Pengertian dan Pengembangan Potensi, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Perencanaan Karir dan Pengembangan Potensi Diri, download (Disini)
  • Soal Tes Observasi PPPK Guru 2023 download (Disini)
  • Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru SD atau Guru Kelas download (Disini).
  • Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru SMP semua mapel download (Disini)
  • Soal PPPK Guru PAI, download (Disini)
  • Soal-Soal PPPK Guru (Teknis, Manajerial, Sosio-Kultural) download (Disini).
  • Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru dan Kunci Jawaban download (Disini)
  • Soal Kompetensi Manajerial PPPK Guru dan Kunci Jawaban download (Disini)
  • Soal Kompetensi Sosiokultural PPPK Guru dan Kunci Jawaban download (Disini)
  • Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru download (Disini)
  • Soal Kompetensi Manajerial PPPK Guru download (Disini)
  • Soal Integritas dan Sosiokultural PPPK Guru download (Disini)
  • Modul Pedagogi PPPK Guru Jenjang SD - SMA download (Disini)
  • Modul PPPK Guru Paud - TK download (Disini)
  • Modul PPPK Guru SD Semua Mata Pelajaran download (Disini)
  • Modul PPPK Guru SMP Semua Mata Pelajaran download (Disini)
  • Modul PPPK Guru SMA-SMK Semua Mata Pelajaran download (Disini) 
  • Kisi-kisi Soal PPPK Guru Tahun 2023 download (Disini).