Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal PPPK Guru 2023 tentang Konsep dan Prinsip Assessment as Learning dan Assessment for Learning


Assessment as Learning dan Assessment for Learning (AaL dan AfL) adalah dua pendekatan penilaian yang menempatkan pembelajaran siswa sebagai fokus utama. Kedua konsep ini tidak hanya membantu siswa untuk mengukur pencapaian mereka, tetapi juga memberikan alat yang kuat untuk meningkatkan pemahaman, motivasi, dan keterampilan berpikir siswa. 

Dalam postingan blog ini, kita akan menjelajahi konsep dan prinsip di balik AaL dan AfL serta bagaimana mereka dapat berperan penting dalam mempersiapkan diri untuk PPPK Guru 2023.

Pengertian Asesmen

Assessment atau asesmen adalah proses pengumpulan, analisis, dan interpretasi informasi yang digunakan untuk mengevaluasi atau mengukur kemampuan, pengetahuan, keterampilan, sikap, atau karakteristik individu atau kelompok. Asesmen digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk mengukur pencapaian belajar siswa, memahami kebutuhan pembelajaran, menginformasikan keputusan pengajaran, dan memberikan umpan balik yang dapat membantu perbaikan dalam proses pembelajaran dan pengajaran

Konsep dan Prinsip Assessment as Learning dan Assessment for Learning

Assessment as learning (AaL) dan assessment for learning (AfL) adalah dua pendekatan penilaian yang berfokus pada pembelajaran siswa. AaL adalah pendekatan penilaian yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses penilaian. Siswa diberi kesempatan untuk menilai diri sendiri dan teman sebayanya. AfL adalah pendekatan penilaian yang digunakan untuk memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pembelajaran mereka.

Perbedaan antara  Assessment as Learning dan Assessment for Learning


Aspek Assessment as Learning (AaL) Assessment for Learning (AfL)
Tujuan Membantu siswa untuk memantau dan memperbaiki pembelajaran mereka sendiri Membantu siswa untuk memahami materi pelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran
Peserta Siswa Guru dan siswa
Waktu Selama proses pembelajaran Pada akhir proses pembelajaran
Fokus Proses pembelajaran Hasil pembelajaran
Teknik Penilaian diri, penilaian antar teman, refleksi Tes, kuis, tugas, proyek

Prinsip Assessment as Learning dan Assessment for Learning

Assessment as Learning (AaL) dan Assessment for Learning (AfL) memiliki prinsip-prinsip yang serupa karena keduanya bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran siswa dan mendorong keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang prinsip-prinsip yang sama:

1. Berfokus pada pembelajaran siswa

Keduanya menempatkan pembelajaran siswa sebagai fokus utama. AaL menggarisbawahi peran aktif siswa dalam mengelola pembelajaran mereka sendiri, sedangkan AfL menekankan pemberian umpan balik yang relevan untuk meningkatkan pemahaman siswa.

2. Menggunakan umpan balik untuk meningkatkan pembelajaran

Baik AaL maupun AfL menggunakan umpan balik sebagai alat untuk membantu siswa memahami di mana mereka berada dalam proses pembelajaran. Umpan balik memberikan informasi yang berguna bagi siswa untuk mengidentifikasi kelemahan, memperbaiki kinerja, dan merencanakan tindakan yang lebih baik.

3. Mengembangkan keterampilan berpikir siswa

Keduanya mendorong pengembangan keterampilan berpikir siswa. AaL melibatkan siswa dalam merencanakan dan mengevaluasi pembelajaran mereka sendiri, yang memerlukan pemikiran kritis. AfL juga mendorong pemikiran kritis dengan memberikan umpan balik yang memerlukan siswa untuk merenungkan dan memperbaiki pemahaman mereka.

4. Mengembangkan tanggung jawab siswa

Siswa diharapkan untuk menjadi lebih bertanggung jawab terhadap pembelajaran mereka dalam kedua pendekatan ini. Dalam AaL, mereka terlibat dalam penilaian diri mereka sendiri dan membuat keputusan tentang tindakan yang akan diambil untuk meningkatkan pembelajaran mereka. Dalam AfL, mereka harus menggunakan umpan balik untuk mengidentifikasi kebutuhan mereka dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan pemahaman mereka.

Prinsip-prinsip ini menekankan pentingnya peran siswa dalam proses pembelajaran dan penilaian, serta peran guru dalam memberikan panduan dan umpan balik yang efektif. Keduanya berusaha menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung pengembangan diri siswa, peningkatan pemahaman, dan keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran.

Penerapan AaL dan AfL

AaL dan AfL dapat diterapkan dalam berbagai kegiatan pembelajaran. Berikut adalah beberapa contoh penerapan AaL dan AfL:
  • Penilaian diri: Siswa diminta untuk menilai diri sendiri berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.
  • Penilaian antar teman: Siswa diminta untuk menilai teman sebayanya berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.
  • Refleksi: Siswa diminta untuk merenungkan pembelajaran mereka sendiri.
  • Tes formatif: Tes yang diberikan selama proses pembelajaran untuk memantau kemajuan siswa.
  • Umpan balik: Guru memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pembelajaran mereka.

Manfaat AaL dan AfL

AaL dan AfL memiliki berbagai manfaat, antara lain:
  • Meningkatkan pemahaman siswa
  • Meningkatkan motivasi siswa
  • Meningkatkan keterampilan berpikir siswa
  • Mengembangkan tanggung jawab siswa

Berikut 10 soal Soal PPPK Guru 2023 tentang Konsep dan Prinsip Assessment as Learning dan Assessment for Learning:

Soal 1: Apa perbedaan utama antara Assessment as Learning (AaL) dan Assessment for Learning (AfL)?
A. AaL berfokus pada hasil pembelajaran, sedangkan AfL berfokus pada proses pembelajaran.
B. AaL melibatkan guru dan siswa, sedangkan AfL hanya melibatkan siswa.
C. AaL dilakukan pada akhir proses pembelajaran, sedangkan AfL dilakukan selama proses pembelajaran.
D. AaL menggunakan teknik seperti tes, kuis, dan tugas, sedangkan AfL menggunakan penilaian diri dan refleksi.

Kunci Jawaban: C. AaL dilakukan pada akhir proses pembelajaran, sedangkan AfL dilakukan selama proses pembelajaran.

Soal 2: Apa tujuan Assessment as Learning (AaL)?
A. Memberikan umpan balik kepada siswa.
B. Meningkatkan pemahaman siswa.
C. Membantu siswa memantau dan memperbaiki pembelajaran mereka sendiri.
D. Menggunakan tes dan kuis untuk mengukur prestasi siswa.

Kunci Jawaban: C. Membantu siswa memantau dan memperbaiki pembelajaran mereka sendiri.

Soal 3: Siapa peserta utama dalam Assessment for Learning (AfL)?
A. Guru
B. Siswa
C. Orang tua
D. Peneliti

Kunci Jawaban: B. Siswa

Soal 4: Kapan Assessment as Learning (AaL) biasanya dilakukan?
A. Pada akhir proses pembelajaran
B. Setiap saat selama proses pembelajaran
C. Sebelum proses pembelajaran dimulai
D. Hanya pada ujian akhir

Kunci Jawaban: B. Setiap saat selama proses pembelajaran

Soal 5: Fokus utama dari Assessment for Learning (AfL) adalah:
A. Proses pembelajaran
B. Hasil pembelajaran
C. Pengembangan tes dan kuis
D. Penilaian diri siswa

Kunci Jawaban: A. Proses pembelajaran

Soal 6: Teknik apa yang digunakan dalam Assessment as Learning (AaL) untuk membantu siswa memantau dan memperbaiki pembelajaran mereka?
A. Tes dan kuis
B. Penilaian diri, penilaian antar teman, refleksi
C. Tugas dan proyek
D. Umpan balik guru

Kunci Jawaban: B. Penilaian diri, penilaian antar teman, refleksi

Soal 7: Prinsip-prinsip yang sama antara Assessment as Learning (AaL) dan Assessment for Learning (AfL) mencakup:
A. Peningkatan pemahaman siswa
B. Penggunaan tes formatif
C. Pemberian umpan balik yang tidak relevan
D. Pengembangan keterampilan guru

Kunci Jawaban: A. Peningkatan pemahaman siswa

Soal 8: Apa yang dimaksud dengan "penilaian diri" dalam Assessment as Learning (AaL)?
A. Guru memberikan umpan balik kepada siswa
B. Siswa menilai diri mereka sendiri berdasarkan kriteria tertentu
C. Siswa menilai guru mereka
D. Siswa menilai tugas dan proyek

Kunci Jawaban: B. Siswa menilai diri mereka sendiri berdasarkan kriteria tertentu

Soal 9: Apa manfaat utama dari Assessment as Learning (AaL) dan Assessment for Learning (AfL)?
A. Mengurangi tanggung jawab siswa dalam pembelajaran
B. Menilai siswa secara objektif
C. Meningkatkan keterampilan berpikir siswa dan pemahaman
D. Mengurangi peran guru dalam proses pembelajaran

Kunci Jawaban: C. Meningkatkan keterampilan berpikir siswa dan pemahaman

Soal 10: Bagaimana Assessment for Learning (AfL) mendukung pengembangan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran?
A. Dengan memberikan tugas yang sulit
B. Dengan memberikan umpan balik yang tidak berguna
C. Dengan mendorong siswa untuk menilai guru
D. Dengan menggunakan umpan balik untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan pemahaman mereka

Kunci Jawaban: D. Dengan menggunakan umpan balik untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan pemahaman mereka.

Untuk download Soal PPPK Guru 2023 tentang Konsep dan Prinsip Assessment as Learning dan Assessment for Learning, ada di bawah ini:



Download Juga Soal PPPK Guru 2023 lainnya di bawah ini:
  • Soal Situational Judgement Test (SJT) PPPK Guru 2023 (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 Teori belajar Gagne, Taksonomi Bloom dan perkembangannya, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 Teori Belajar Piaget, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 Teori Belajar Gagne, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 Teori Belajar Ausubel download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 Profil Pelajar Pancasila download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Karakteristik Murid Berkebutuhan Khusus, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Individualized Education Program (IEP) dan Prinsip-prinsip differentiated learning, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Konsep dan Prinsip Assessment as Learning dan Assessment for Learning, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Active Listening, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Teori Dasar Komunikasi, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Kesepakatan dan Kebiasaan Positif di Lingkungan Belajar, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Konsep dan prinsip-prinsip motivasi dalam pendidikan, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Mengembangkan Motivasi Siswa, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Behavior modification & habit formation, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Prinsip-prinsip rewardpunishment, dan reinforcement dalam pembentukan tingkah laku, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Desain Pembelajaran, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Facilitate learning, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Berfikir Kritis, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Berbagai Teknik Asesmen di Tingkat Kelas (Classroom-based Assessment) Sesuai dengan Tujuan Pembelajaran, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Pemanfaatan Hasil Asesmen untuk Perbaikan Pembelajaran (Feedback), download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Program Remedial dan Program Pengayaan Berdasarkan Hasil Asesmen, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Refleksi, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Kode Etik Guru, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023: Interaksi Guru-Murid, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023: School Safety, download 
    (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Diversity, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Pengertian dan Pengembangan Potensi, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Perencanaan Karir dan Pengembangan Potensi Diri, download (Disini)