Soal Situational Judgement Test (SJT) PPPK Guru 2023
Dalam artikel ini, kami akan memberikan wawasan lebih mendalam tentang Soal Situational Judgement Test (SJT) PPPK Guru 2023. Kami akan menjelaskan apa yang diuji dalam SJT, memberikan contoh-contoh soal, dan menjelaskan cara menjawabnya dengan bijak. Ini adalah kesempatan bagi calon guru untuk mempersiapkan diri dengan baik dan menguasai SJT PPPK Guru 2023 sebagai bagian penting dari perjalanan menuju suksesnya seleksi PPPK Guru 2023.
Pengertian Situational Judgement Test (SJT)
Situational Judgement Test (SJT) adalah jenis tes yang mengukur kemampuan seseorang dalam membuat keputusan atau mengambil tindakan dalam situasi tertentu. Dalam seleksi PPPK Guru, SJT digunakan untuk mengukur kemampuan guru dalam menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi di dalam kelas atau di lingkungan sekolah.
SJT terdiri dari beberapa pertanyaan yang menggambarkan situasi yang mungkin terjadi di dalam kelas atau di lingkungan sekolah. Peserta tes diminta untuk memilih salah satu dari beberapa pilihan jawaban yang dianggap paling tepat untuk mengatasi situasi tersebut.
Pertanyaan-pertanyaan dalam SJT biasanya bersifat terbuka dan tidak memiliki jawaban yang benar atau salah secara mutlak. Jawaban yang paling tepat adalah jawaban yang paling sesuai dengan kompetensi guru yang dibutuhkan.
SJT merupakan salah satu jenis tes yang dapat digunakan untuk mengukur kompetensi guru secara komprehensif. Tes ini dapat memberikan gambaran yang lebih akurat tentang kemampuan guru dalam menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi di dalam kelas atau di lingkungan sekolah.
Soal Situational Judgement Test (SJT) PPPK Guru 2023
Berikut adalah 20 soal pilihan ganda dan kunci jawaban untuk soal Situational Judgement Test (SJT) seleksi PPPK Guru 2023:
Soal 1
Anda sedang mengajar di kelas ketika tiba-tiba seorang siswa berteriak dan melemparkan buku ke arah teman sekelasnya. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Menghukum siswa tersebut dengan memberinya hukuman fisik.
B. Menasehati siswa tersebut untuk tidak mengulangi perbuatannya.
C. Membawa siswa tersebut ke ruang BK untuk dibicarakan.
D. Menghubungi orang tua siswa tersebut untuk memberitahukan kejadian tersebut.
Kunci Jawaban: B
Penjelasan:
Jawaban yang paling tepat adalah B, yaitu menasehati siswa tersebut untuk tidak mengulangi perbuatannya. Hal ini karena tindakan siswa tersebut merupakan bentuk pelanggaran disiplin yang dapat mengganggu proses pembelajaran. Menasehati siswa tersebut merupakan cara yang paling tepat untuk mencegah siswa tersebut mengulangi perbuatannya.
Soal 2
Anda sedang mengajar di kelas ketika tiba-tiba seorang siswa bertanya tentang materi yang baru saja Anda ajarkan. Namun, Anda sendiri tidak mengetahui jawabannya. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Mencari jawabannya di internet.
B. Menjawab pertanyaan siswa tersebut dengan jawaban yang asal-asalan.
C. Menyuruh siswa tersebut bertanya kepada siswa lain yang lebih tahu.
D. Mengaku tidak tahu dan menyuruh siswa tersebut bertanya kepada Anda di lain waktu.
Kunci Jawaban: D
Penjelasan:
Jawaban yang paling tepat adalah D, yaitu mengaku tidak tahu dan menyuruh siswa tersebut bertanya kepada Anda di lain waktu. Hal ini karena sebagai guru, Anda harus jujur dan mengakui jika Anda tidak mengetahui sesuatu. Menyuruh siswa tersebut bertanya kepada Anda di lain waktu merupakan cara yang paling tepat untuk memberikan jawaban yang tepat kepada siswa tersebut.
Soal 3
Anda melihat seorang siswa sedang mencontek saat ujian. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Menegur siswa tersebut secara langsung.
B. Menyuruh siswa tersebut keluar dari ruangan ujian.
C. Melaporkan siswa tersebut kepada kepala sekolah.
D. Mengabaikan siswa tersebut karena takut siswa tersebut akan marah.
Kunci Jawaban: A
Penjelasan:
Jawaban yang paling tepat adalah A, yaitu menegur siswa tersebut secara langsung. Hal ini karena menegur siswa tersebut secara langsung merupakan cara yang paling tepat untuk mencegah siswa tersebut mencontek lagi. Menegur siswa tersebut juga merupakan cara untuk mengajarkan siswa tersebut tentang pentingnya kejujuran.
Soal 4
Anda sedang mengajar di kelas ketika tiba-tiba seorang siswa jatuh sakit. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Membawa siswa tersebut ke ruang BK.
B. Membawa siswa tersebut ke ruang UKS.
C. Menghubungi orang tua siswa tersebut.
D. Mengabaikan siswa tersebut karena takut mengganggu proses pembelajaran.
Kunci Jawaban: B
Penjelasan:
Jawaban yang paling tepat adalah B, yaitu membawa siswa tersebut ke ruang UKS. Hal ini karena ruang UKS merupakan tempat yang paling tepat untuk menangani siswa yang sakit. Membawa siswa tersebut ke ruang BK atau menghubungi orang tua siswa tersebut bukanlah tindakan yang tepat karena dapat mengganggu proses pembelajaran.
Soal 5
Anda sedang mengajar di kelas ketika tiba-tiba seorang siswa mengajukan pertanyaan yang sulit. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Menjawab pertanyaan siswa tersebut dengan jawaban yang asal-asalan.
B. Menyuruh siswa tersebut bertanya kepada siswa lain yang lebih tahu.
C. Meminta siswa tersebut untuk mencari jawabannya di internet.
D. Menjelaskan pertanyaan siswa tersebut dengan bahasa yang mudah dipahami.
Kunci Jawaban: D
Penjelasan:
Jawaban yang paling tepat adalah D, yaitu menjelaskan pertanyaan siswa tersebut dengan bahasa yang mudah dipahami. Hal ini karena sebagai guru, Anda harus dapat menjelaskan materi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa.
Soal 6
Anda sedang mengajar di kelas ketika tiba-tiba seorang siswa membuat lelucon yang membuat siswa lain tertawa. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Menegur siswa tersebut karena membuat gaduh.
B. Menertawakan lelucon siswa tersebut.
C. Memberi tahu siswa tersebut bahwa leluconnya tidak pantas.
D. Mengabaikan siswa tersebut karena takut mengganggu proses pembelajaran.
Kunci Jawaban: C
Penjelasan:
Jawaban yang paling tepat adalah C, yaitu memberi tahu siswa tersebut bahwa leluconnya tidak pantas. Hal ini karena lelucon yang membuat siswa lain tertawa dapat mengganggu proses pembelajaran.
Soal 7
Anda sedang mengajar di kelas ketika tiba-tiba seorang siswa datang terlambat. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Menghukum siswa tersebut dengan memberinya hukuman fisik.
B. Menanyakan alasan siswa tersebut terlambat.
C. Membawa siswa tersebut ke ruang BK untuk dibicarakan.
D. Menghubungi orang tua siswa tersebut untuk memberitahukan kejadian tersebut.
Kunci Jawaban: B
Penjelasan:
Jawaban yang paling tepat adalah B, yaitu menanyakan alasan siswa tersebut terlambat. Hal ini karena sebagai guru, Anda harus mengetahui alasan siswa tersebut terlambat. Jika alasan siswa tersebut masuk akal, maka Anda dapat memberikan keringanan. Namun, jika alasan siswa tersebut tidak masuk akal, maka Anda dapat memberikan hukuman yang sesuai.
Soal 8
Anda sedang mengajar di kelas ketika tiba-tiba seorang siswa mengalami kesulitan belajar. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Mengabaikan siswa tersebut karena takut mengganggu proses pembelajaran.
B. Menyuruh siswa tersebut bertanya kepada siswa lain yang lebih tahu.
C. Meminta siswa tersebut untuk mencari jawabannya di internet.
D. Memberikan bimbingan belajar kepada siswa tersebut.
Kunci Jawaban: D
Penjelasan:
Jawaban yang paling tepat adalah D, yaitu memberikan bimbingan belajar kepada siswa tersebut. Hal ini karena sebagai guru, Anda harus dapat membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar. Bimbingan belajar merupakan cara yang paling tepat untuk membantu siswa tersebut mengatasi kesulitan belajarnya.
Soal 9
Anda sedang mengajar di kelas ketika tiba-tiba seorang siswa mengajukan pertanyaan yang bersifat pribadi. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Menjawab pertanyaan siswa tersebut dengan jawaban yang asal-asalan.
B. Menyuruh siswa tersebut bertanya kepada orang tua siswa tersebut.
C. Meminta siswa tersebut untuk mencari jawabannya di internet.
D. Menjawab pertanyaan siswa tersebut dengan cara yang diplomatis.
Kunci Jawaban: D
Penjelasan:
Jawaban yang paling tepat adalah D, yaitu menjawab pertanyaan siswa tersebut dengan cara yang diplomatis. Hal ini karena sebagai guru, Anda harus dapat menjaga privasi siswa. Menjawab pertanyaan siswa tersebut dengan cara yang diplomatis merupakan cara yang paling tepat untuk menghindari konflik dengan siswa tersebut.
Soal 10
Anda sedang mengajar di kelas ketika tiba-tiba seorang siswa mengalami kecelakaan. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Menenangkan siswa tersebut dan memintanya untuk duduk kembali.
B. Membawa siswa tersebut ke ruang BK untuk dibicarakan.
C. Menghubungi orang tua siswa tersebut untuk memberitahukan kejadian tersebut.
D. Membawa siswa tersebut ke rumah sakit.
Kunci Jawaban: D
Penjelasan:
Jawaban yang paling tepat adalah D, yaitu membawa siswa tersebut ke rumah sakit. Hal ini karena kecelakaan yang dialami siswa tersebut merupakan kondisi yang serius dan membutuhkan penanganan medis. Membawa siswa tersebut ke rumah sakit merupakan cara yang paling tepat untuk memberikan pertolongan yang cepat dan tepat.
Soal 11:
Situasi: Anda adalah seorang guru yang baru saja diberi tugas mengajar di kelas yang berisikan siswa dengan tingkat kemampuan beragam. Salah seorang siswa, Ani, tampak kesulitan memahami materi. Siswa lain mulai terganggu oleh kebingungan Ani. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Melanjutkan pelajaran dan berharap Ani akan mengerti nanti.
B. Meminta Ani untuk tetap duduk dan mencoba menjelaskan materi lagi.
C. Meminta siswa yang lebih pintar membantu Ani.
D. Menghentikan pelajaran, memberikan perhatian khusus pada Ani, dan menjelaskan materi secara berbeda.
Kunci Jawaban: D
Penjelasan Jawaban:
Pilihan D adalah tindakan yang paling tepat. Menghentikan pelajaran dan memberikan perhatian khusus pada siswa yang kesulitan adalah cara yang efektif untuk memastikan bahwa semua siswa memahami materi. Ini mencerminkan perhatian pada kesejahteraan siswa dan pengajaran yang inklusif.
Soal 12:
Situasi: Anda mendengar bahwa salah satu siswa dalam kelas Anda sering menjadi korban pelecehan verbal oleh siswa lain di luar jam pelajaran. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Tidak melakukan apa-apa karena itu terjadi di luar jam pelajaran.
B. Menasihati siswa yang menjadi korban untuk mengatasi masalah tersebut sendiri.
C. Mengadakan pertemuan dengan semua siswa untuk membahas isu tersebut.
D. Melibatkan kepala sekolah untuk mengatasi masalah tersebut.
Kunci Jawaban: D
Penjelasan Jawaban:
Pilihan D adalah tindakan yang paling tepat. Kepala sekolah memiliki peran dalam menangani masalah pelecehan di sekolah. Melaporkan masalah ini kepada pihak berwenang akan membantu memastikan keamanan dan kesejahteraan siswa.
Soal 13:
Situasi: Selama pelajaran, Anda melihat seorang siswa yang terlihat stres dan cemas. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Mengabaikan hal tersebut dan fokus pada materi pelajaran.
B. Bertanya kepada siswa tersebut apa yang terjadi setelah pelajaran selesai.
C. Menghentikan pelajaran sejenak untuk berbicara dengan siswa tersebut.
D. Menghubungi orang tua siswa tersebut untuk mengatasi masalahnya.
Kunci Jawaban: C
Penjelasan Jawaban:
Pilihan C adalah tindakan yang paling tepat. Menghentikan pelajaran sejenak untuk berbicara dengan siswa yang terlihat stres adalah cara untuk menunjukkan perhatian dan mendengarkan siswa. Ini dapat membantu siswa merasa didengar dan mungkin mengurangi kecemasannya.
Soal 14:
Situasi: Seorang orang tua siswa menghubungi Anda dan meminta pertemuan untuk membahas kemajuan akademik anaknya. Orang tua tersebut hanya tersedia di waktu yang tidak sesuai dengan jadwal Anda. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Menolak pertemuan tersebut karena jadwal Anda tidak cocok.
B. Mengatur waktu pertemuan di luar jam kerja Anda untuk memenuhi permintaan orang tua.
C. Meminta orang tua untuk menghubungi kepala sekolah.
D. Mengabaikan permintaan orang tua.
Kunci Jawaban: B
Penjelasan Jawaban:
Pilihan B adalah tindakan yang paling tepat. Mengatur waktu pertemuan di luar jam kerja Anda untuk memenuhi permintaan orang tua menunjukkan keterlibatan Anda dalam pendidikan anak mereka. Hal ini dapat membantu membangun hubungan yang positif antara guru dan orang tua.
Soal 15:
Situasi: Selama ujian, Anda melihat seorang siswa mencoba mencontek. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Mengingatkan siswa bahwa mencontek adalah tindakan yang salah.
B. Melaporkan insiden tersebut kepada kepala sekolah.
C. Mengabaikan tindakan siswa tersebut.
D. Memberikan kesempatan kedua pada siswa tersebut.
Kunci Jawaban: A
Penjelasan Jawaban:
Pilihan A adalah tindakan yang paling tepat. Mengingatkan siswa bahwa mencontek adalah tindakan yang salah adalah langkah awal untuk mengatasi masalah kecurangan. Ini juga dapat menjadi pelajaran moral bagi siswa.
Soal 16:
Situasi: Seorang siswa sering terlambat datang ke kelas dan tampaknya tidak peduli dengan aturan waktu. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Menghukum siswa tersebut dengan penurunan nilai.
B. Membicarakan masalah ini dengan siswa dan mencari solusi bersama.
C. Mengabaikan perilaku siswa tersebut.
D. Melaporkan siswa tersebut kepada kepala sekolah.
Kunci Jawaban: B
Penjelasan Jawaban:
Pilihan B adalah tindakan yang paling tepat. Mengatasi masalah keterlambatan dengan berbicara dengan siswa dan mencari solusi bersama adalah cara yang lebih konstruktif daripada hanya memberikan hukuman. Ini membantu siswa untuk lebih memahami pentingnya disiplin waktu.
Soal 17:
Situasi: Seorang orang tua mengeluhkan bahwa tugas rumah yang Anda berikan terlalu sulit bagi anaknya. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Menjelaskan kepada orang tua bahwa tugas tersebut sesuai dengan kurikulum.
B. Mengurangi tingkat kesulitan tugas rumah untuk memenuhi keluhan orang tua.
C. Meminta anak tersebut untuk menyelesaikan tugas tersebut tanpa perubahan.
D. Mencoba menjelaskan materi tugas rumah kepada orang tua.
Kunci Jawaban: A
Penjelasan Jawaban:
Pilihan A adalah tindakan yang paling tepat. Menjelaskan kepada orang tua bahwa tugas rumah sesuai dengan kurikulum adalah cara untuk mengkomunikasikan pentingnya tugas tersebut. Mengurangi tingkat kesulitan tugas hanya karena keluhan orang tua
Soal 18:
Situasi: Seorang siswa sering membolos sekolah dan kinerja akademiknya menurun. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Membiarkan siswa tersebut memutuskan apakah akan datang atau tidak.
B. Mencari cara untuk memotivasi siswa tersebut untuk hadir ke sekolah.
C. Melaporkan siswa tersebut kepada kepala sekolah.
D. Mengurangi persyaratan hadir untuk siswa tersebut.
Kunci Jawaban: B
Penjelasan Jawaban:
Pilihan B adalah tindakan yang paling tepat. Mencari cara untuk memotivasi siswa yang sering membolos adalah upaya untuk meningkatkan kehadiran dan kinerja akademiknya. Ini mencerminkan perhatian pada perkembangan siswa.
Soal 19:
Situasi: Selama rapat guru, ada perdebatan tentang penggunaan metode pengajaran tertentu. Anda memiliki pendapat yang berbeda dengan mayoritas guru lain. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Menyampaikan pendapat Anda secara tegas dan mempertahankannya.
B. Menghindari konfrontasi dan tidak mengungkapkan pendapat Anda.
C. Menerima pendapat mayoritas tanpa pertentangan.
D. Mengakhiri rapat guru sebelum perdebatan semakin panas.
Kunci Jawaban: A
Penjelasan Jawaban:
Pilihan A adalah tindakan yang paling tepat. Mengungkapkan pendapat Anda secara tegas dan mempertahankannya adalah langkah yang penting dalam diskusi yang sehat. Ini membantu menghadirkan beragam pandangan dalam pengambilan keputusan dan pengembangan metode pengajaran yang lebih baik.
Soal 20:
Situasi: Anda mendengar bahwa seorang siswa telah menyebarkan gosip yang salah tentang seorang guru di sekolah. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Mengabaikan gosip tersebut dan tidak ikut campur.
B. Memperingatkan siswa untuk tidak menyebarkan gosip.
C. Melaporkan insiden tersebut kepada kepala sekolah.
D. Bertanya kepada guru yang terkena gosip bagaimana ia ingin menanganinya.
Kunci Jawaban: C
Penjelasan Jawaban:
Pilihan C adalah tindakan yang paling tepat. Melaporkan insiden tersebut kepada kepala sekolah adalah cara untuk mengatasi masalah gosip yang dapat merusak reputasi dan kesejahteraan staf sekolah. Ini juga dapat membantu mencegah penyebaran informasi palsu.
Download Soal Situational Judgement Test (SJT) PPPK Guru 2023 di bawah ini:
=== Download Disini ===
Download Soal PPPK Guru Tahun 2023 lainnya di bawah ini:
- Ketentuan Soal Kompetensi Teknis Tambahan PPPK Guru 2023 (Disini)
- Kumpulan Soal-Soal PPPK Guru Tahun 2023 semua jenjang download (Disini).
- Soal Situational Judgement Test (SJT) PPPK Guru 2023, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 Teori Belajar Piaget dan Empat Tahap Perkembangan Kognitif, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 Teori belajar Gagne, Taksonomi Bloom dan perkembangannya, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 Teori Belajar Piaget, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 Teori Belajar Gagne, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 Teori Belajar Ausubel download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 Profil Pelajar Pancasila download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Karakteristik Murid Berkebutuhan Khusus, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Individualized Education Program (IEP) dan Prinsip-prinsip differentiated learning, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Konsep dan Prinsip Assessment as Learning dan Assessment for Learning, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Active Listening, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Teori Dasar Komunikasi, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Kesepakatan dan Kebiasaan Positif di Lingkungan Belajar, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Konsep dan prinsip-prinsip motivasi dalam pendidikan, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Mengembangkan Motivasi Siswa, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Behavior modification & habit formation, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Prinsip-prinsip reward, punishment, dan reinforcement dalam pembentukan tingkah laku, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Desain Pembelajaran, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Facilitate learning, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Berfikir Kritis, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Berbagai Teknik Asesmen di Tingkat Kelas (Classroom-based Assessment) Sesuai dengan Tujuan Pembelajaran, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Pemanfaatan Hasil Asesmen untuk Perbaikan Pembelajaran (Feedback), download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Program Remedial dan Program Pengayaan Berdasarkan Hasil Asesmen, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Refleksi, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Kode Etik Guru, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023: Interaksi Guru-Murid, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023: School Safety, download(Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Diversity, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Pengertian dan Pengembangan Potensi, download (Disini)
- Soal PPPK Guru 2023 tentang Perencanaan Karir dan Pengembangan Potensi Diri, download (Disini)
- Soal Tes Observasi PPPK Guru 2023 download (Disini)
- Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru SD atau Guru Kelas download (Disini).
- Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru SMP semua mapel download (Disini)
- Soal PPPK Guru PAI, download (Disini)
- Soal-Soal PPPK Guru (Teknis, Manajerial, Sosio-Kultural) download (Disini).
- Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru dan Kunci Jawaban download (Disini)
- Soal Kompetensi Manajerial PPPK Guru dan Kunci Jawaban download (Disini)
- Soal Kompetensi Sosiokultural PPPK Guru dan Kunci Jawaban download (Disini)
- Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru download (Disini)
- Soal Kompetensi Manajerial PPPK Guru download (Disini)
- Soal Integritas dan Sosiokultural PPPK Guru download (Disini)
- Modul Pedagogi PPPK Guru Jenjang SD - SMA download (Disini)
- Modul PPPK Guru Paud - TK download (Disini)
- Modul PPPK Guru SD Semua Mata Pelajaran download (Disini)
- Modul PPPK Guru SMP Semua Mata Pelajaran download (Disini)
- Modul PPPK Guru SMA-SMK Semua Mata Pelajaran download (Disini)
- Kisi-kisi Soal PPPK Guru Tahun 2023 download (Disini).