Tools asesmen online yang bisa digunakan guru
Tools asesmen online adalah alat yang digunakan untuk menilai kemajuan belajar peserta didik secara online. Tools ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti:
- Melakukan asesmen formatif untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran.
- Melakukan asesmen sumatif untuk mengukur penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran.
- Memberikan umpan balik kepada peserta didik untuk meningkatkan pemahaman mereka.
Ada banyak tools asesmen online yang tersedia, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut adalah beberapa tools asesmen online yang populer dan dapat digunakan pendidik:
Google Forms
Google Forms adalah tools asesmen online yang mudah digunakan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pendidik. Google Forms dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis pertanyaan, seperti pilihan ganda, isian singkat, esai, dan lain-lain.
Quizizz
Quizizz adalah tools asesmen online yang interaktif dan menyenangkan bagi peserta didik. Quizizz menggunakan permainan kuis untuk menilai pemahaman peserta didik.
Kahoot
Kahoot adalah tools asesmen online yang serupa dengan Quizizz. Kahoot juga menggunakan permainan kuis untuk menilai pemahaman peserta didik.
Socrative
Socrative adalah tools asesmen online yang dapat digunakan untuk melakukan asesmen formatif secara real-time. Socrative memungkinkan pendidik untuk mengajukan pertanyaan kepada peserta didik dan mendapatkan umpan balik segera.
Mentimeter
Mentimeter adalah tools asesmen online yang dapat digunakan untuk mengumpulkan umpan balik dari peserta didik secara visual. Mentimeter memungkinkan pendidik untuk membuat kuis, survei, dan presentasi interaktif.
Dalam memilih tools asesmen online, pendidik perlu mempertimbangkan beberapa faktor, seperti:
- Tujuan asesmen
- Tingkat usia peserta didik
- Kemampuan teknis pendidik
Tools asesmen online dapat menjadi alat yang bermanfaat untuk membantu pendidik menilai kemajuan belajar peserta didik. Dengan memilih tools yang tepat dan menggunakannya secara efektif, pendidik dapat memperoleh informasi yang berharga tentang pemahaman peserta didik dan menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan pembelajaran.