Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IPAS Kelas 4 Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya


Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya 

A. Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku 

1. Apa yang dimaksud dengan kearifan lokal?

Indonesia merupakan negara dengan berbagai suku bangsa yang mendiami kepulauan. Setiap masyarakat memiliki budaya yang berbeda-beda serta kebiasaan masyarakat yang unik. Kebiasaan, perilaku, dan nilai-nilai baik yang diwariskan dari nenek moyang yang masih diterapkan di masyarakat dapat disebut kearifan lokal.

Kearifan lokal adalah nilai-nilai luhur yang berlaku dalam tata kehidupan masyarakat untuk melindungi dan mengolah lingkungan hidup secara lestari. Dapat berbentuk ritual atau upacara adat, kepercayaan, pengelolaan sumber daya alam, cara menanam, dan lain sebagainya. Bisa juga berupa hukum adat yang disepakati bersama.

Adapun contoh kearifan lokal yang lain di antaranya, yaitu:

  • Produk khas masyarakat setempat yang digunakan sebagai hasil pertanian. Misalnya nasi tumpeng dengan berbagai lauk-pauk yang menjadi simbol ungkapan rasa syukur atas kebahagiaan.
  • “Hutan Larangan Adat Kanagarian Rumbio”, dalam masyarakat di Kecamatan Kampar, Provinsi Riau. Kearifan lokal ini dibuat dengan tujuan untuk masyarakat sekitar bersama-sama melestarikan hutan di sana, di mana ada peraturan untuk tidak boleh menebang pohon di hutan tersebut dan akan dikenakan denda seperti beras 100 kg atau berupa uang sebesar Rp6.000.000,00 jika melanggar.
  • Papua, terdapat kepercayaan te aro neweak lako (alam adalah aku). Gunung Erstberg dan Grasberg dipercaya sebagai kepala mama, tanah dianggap sebagai bagian dari hidup manusia. Pemanfaatan sumber daya alam pun dilakukan secara hati-hati.

2. Bagaimana cara agar warisan budaya tetap lestari?

Agar warisan budaya tetap lestari, dapat dilakukan langkah-langkah sebagai berikut:

a. Pemeliharaan Tradisi: Terus melibatkan generasi muda dalam tradisi dan kegiatan adat untuk memastikan kelangsungan budaya.

b. Inovasi dalam Tradisi: Menggabungkan elemen-elemen tradisional dengan inovasi baru agar tetap relevan dan menarik bagi generasi muda.

c. Pemanfaatan Teknologi: Menggunakan teknologi untuk mendokumentasikan dan menyebarkan informasi terkait warisan budaya.

3. Apakah manfaat adanya warisan budaya di sekitar kalian?

Fungsi dan manfaat kearifan lokal adalah menjaga kelestarian sumber daya alam, pengembangan ilmu pengetahuan, sumber ilmu pengetahuan, mengembangkan sumber daya alam, memiliki aturan-aturan yang mengatur kehidupan masyarakat setempat

Adanya warisan budaya di sekitar kita memiliki berbagai manfaat, antara lain:

a. Identitas dan Jati Diri: Warisan budaya membantu membentuk identitas dan jati diri masyarakat, memperkuat rasa kebersamaan.

b. Pariwisata Budaya: Menjadi daya tarik pariwisata yang dapat memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat setempat.

c. Pembelajaran dan Peningkatan Pengetahuan: Memberikan pembelajaran tentang sejarah, tradisi, dan nilai-nilai yang dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat.

d. Penguatan Hubungan Antar-generasi: Menjaga hubungan yang erat antara generasi tua dan muda melalui transfer pengetahuan dan nilai-nilai leluhur.

B. Kekayaan Budaya Indonesia 

Indonesia memiliki keanekaragaman budaya. Banyak suku bangsa dengan bahasa, pakaian, rumah, makanan, dan kesenian yang berbeda-beda. Keragaman ini salah satunya disebabkan karena tempat tinggal yang berbeda-beda.

Setiap pulau di Indonesia mempunyai perbedaan keadaan alam. Bahkan, kondisi alam dalam satu pulau bisa saja berbeda-beda. Perbedaan kondisi alam ini memengaruhi cara hidup, kebiasaan, serta budaya penduduknya.

Letak Indonesia sangat strategis karena terletak diantara 2 benua yaitu benua Asia dan Australia. Selain itu, Indonesia terletak diantara 2 samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Oleh karenanya, Indonesia mudah dikunjungi para pendatang. Akibatnya budaya yang dibawa bangsa lain yang datang ke negara kita juga ikut memengaruhi keanekaragaman budaya Indonesia. Beberapa pakaian dan makanan tradisional Indonesia dipengaruhi budaya bangsa lain.

Apa saja Keanekaragaman Budaya Indonesia?

Keragaman budaya bisa berupa makanan khas, bahasa, baju adat, rumah tradisional, kesenian daerah, senjata tradisional, dan lain sebagainya.

Mengapa Indonesia memiliki Keanekaragaman Budaya?

Faktor penyebab keragaman di Indonesia adalah sebagai berikut:
  1. kondisi kepulauan indonesia dan letak geografis;
  2. pengaruh budaya yang dibawa bangsa lain;
  3. perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi.

C. Manfaat Keberagaman dan Melestarikan Keberagaman Budaya 

Kita harus bangga terhadap kekayaan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia. Kebudayaan yang kita miliki merupakan identitas bangsa Indonesia dan perlu kita lestarikan. Caranya dengan menjaga persatuan dan kesatuan. Kita dapat saling mengenal satu sama lain walaupun berasal dari daerah yang berbeda. Toleransi dalam keberagaman perlu kita bangun agar bangsa semakin kuat, aman, dan damai.

Manfaat Keberagaman Budaya di Indonesia:

Manfaat keberagaman budaya adalah sebagai berikut:
  1. sumber pengetahuan bagi dunia;
  2. memupuk sikap toleransi dan alat pemersatu bangsa;
  3. menumbuhkan sikap nasionalisme.
Cara Melestarikan Keberagaman Budaya di Indonesia:

Cara melestarikan budaya yang ada di Indonesia adalah:
  1. bangga menggunakan produk-produk lokal;
  2. mempelajari kebudayaan yang ada di Indonesia;
  3. menjadi duta budaya Indonesia di luar negeri;
  4. mengikuti kegiatan budaya yang ada di lingkungan sekitar.
Demikanlah Materi IPAS Kelas 4 Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya.