Kunci Jawaban pelatihan pintar kemenag 3.2 Pengayaan Konsep Penelitian Tindakan Kelas
Pada Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di laman Pintar Kemenag, peserta akan mempelajari:
3.1 Konsep Penelitian Tindakan Kelas
3.2 Pengayaan Konsep Penelitian Tindakan Kelas
3.3 Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas
3.4 Merancang Penelitian Tindakan Kelas
3.5 Pengayaan Merancang Penelitian Tindakan Kelas
3.6 Perbaikan dalam Pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas
3.7 Menganalisis dan Menginterpretasikan Data serta Menindaklanjuti PTK
3.8 Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas
3.2 Pengayaan Konsep Penelitian Tindakan Kelas
3.3 Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas
3.4 Merancang Penelitian Tindakan Kelas
3.5 Pengayaan Merancang Penelitian Tindakan Kelas
3.6 Perbaikan dalam Pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas
3.7 Menganalisis dan Menginterpretasikan Data serta Menindaklanjuti PTK
3.8 Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas
Berikut Kunci Jawaban pelatihan pintar kemenag 3.2 Pengayaan Konsep Penelitian Tindakan Kelas:
1. Keberhasilan Penelitian Tindakan Kelas dapat diukur dari:
A. Meningkatnya ranking peserta didik
B. Adanya pemanfaatan media sekaligus model pembelajaran
C. Terjadinya perbaikan atau peningkatan mutu pembelajaran
D. Berkurangnya beban tim supervisi
Jawaban: C
A. Meningkatnya ranking peserta didik
B. Adanya pemanfaatan media sekaligus model pembelajaran
C. Terjadinya perbaikan atau peningkatan mutu pembelajaran
D. Berkurangnya beban tim supervisi
Jawaban: C
2. Contoh judul PTK yang tepat adalah:
A. Pengaruh Kumon Method terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika pada materi Bahasan Gerak pada Siswa Kelas XI MAN Mandiri Berprestasi Tahun Pelajaran 2021/2022
B. Evaluasi Pemanfaatan Model Pembelajaran JIGSAW dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X, Mata Pelajaran Biologi Materi Perkembangbiakan, Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022
C. Penggunaan Metode Ceramah dan Tanya Jawab Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VI Semester I MI Tunas Bangsa
D. Peningkatan Kelancaran Membaca dan Keaktifan Siswa dengan Alat Peraga Kartu Huruf Melalui Video Pembelajaran Youtube dan Whassap Grup pada Materi Perkenalan diri Bidang Studi Bahasa Inggris Siswa Kelas VII F MTS X, Kabupaten Kutercinta Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021
Jawaban: C
A. Pengaruh Kumon Method terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika pada materi Bahasan Gerak pada Siswa Kelas XI MAN Mandiri Berprestasi Tahun Pelajaran 2021/2022
B. Evaluasi Pemanfaatan Model Pembelajaran JIGSAW dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X, Mata Pelajaran Biologi Materi Perkembangbiakan, Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022
C. Penggunaan Metode Ceramah dan Tanya Jawab Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VI Semester I MI Tunas Bangsa
D. Peningkatan Kelancaran Membaca dan Keaktifan Siswa dengan Alat Peraga Kartu Huruf Melalui Video Pembelajaran Youtube dan Whassap Grup pada Materi Perkenalan diri Bidang Studi Bahasa Inggris Siswa Kelas VII F MTS X, Kabupaten Kutercinta Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021
Jawaban: C
3. Judul yang tepat untuk PTK Pak Ahmad adalah:
A. Upaya Meningkatan Hasil Belajar Siswa MI Kelas V melalui Project Based Learning pada Materi Jenis-jenis Tanah Semester Genap tahun 2021/2022
B. Pengaruh Penerapan Problem Based Learning pada Materi Jenishenis Tanah terhadap Hasil Belajar Siswa MI Raudhatul Jannah Semester Genap tahun 2021/2022
C. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Project Based Learning pada materi Jenis-jenis Tanah Semester Genap di MI Raudhatul Jannah, tahun 2021/2022
D. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa MI Raudhatul Jannah, melalui Problem Based Learning pada Jenis-jenis
Jawaban: C
4. Salah satu tujuan Penelitian Tindakan Kelas adalah:
A. Guru cepat naik pangkat
B. Menjalin kolaborasi antarguru
C. Guru dapat mengumpulkan angka kredit
D. Meningkatkan mutu pembelajaran
Jawaban: D
A. Guru cepat naik pangkat
B. Menjalin kolaborasi antarguru
C. Guru dapat mengumpulkan angka kredit
D. Meningkatkan mutu pembelajaran
Jawaban: D
5. Aktivitas pada siklus perencanaan PTK adalah:
A. Merumuskan masalah, Menyusun hipotesis tindakan, Mengembangkan Instrumen Evaluasi, Menyusun Instrumen Observasi.
B. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Menyusun LKPD, Mengembangkan Instrumen Evaluasi, Menyusun Instrumen Obselmasi.
C. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Mengembangkan Instrumen Evaluasi, Menyusun Instrumen Observasi, Menilai hasil tindakan dengan menggunakan LKPD.
D. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Menyusun LKPD, Mengembangkan Instrumen Evaluasi, Menyusun Instrumen supervisi kelas.
Jawaban: B
A. Merumuskan masalah, Menyusun hipotesis tindakan, Mengembangkan Instrumen Evaluasi, Menyusun Instrumen Observasi.
B. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Menyusun LKPD, Mengembangkan Instrumen Evaluasi, Menyusun Instrumen Obselmasi.
C. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Mengembangkan Instrumen Evaluasi, Menyusun Instrumen Observasi, Menilai hasil tindakan dengan menggunakan LKPD.
D. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Menyusun LKPD, Mengembangkan Instrumen Evaluasi, Menyusun Instrumen supervisi kelas.
Jawaban: B
6. Sasaran PTK di madrasah adalah:
A. Guru, peserta didik, kolaborator, dan lingkungan
B. Guru, materi ajar, peserta didik, kolaborator
C. Guru, peserta didik, materi ajar, dan lingkungan
D. Guru, materi ajar, kolaborator, dan lingkungan
Jawaban: C
A. Guru, peserta didik, kolaborator, dan lingkungan
B. Guru, materi ajar, peserta didik, kolaborator
C. Guru, peserta didik, materi ajar, dan lingkungan
D. Guru, materi ajar, kolaborator, dan lingkungan
Jawaban: C
7. Sebagai pembeda dengan pembelajaran biasa, maka PTK minimal dilaksanakan 2 siklus kali pertemuan.
A. 2&2
B. 2&1
C. 1&2
D. 1&1
Jawaban: A
A. 2&2
B. 2&1
C. 1&2
D. 1&1
Jawaban: A
8. Alasan mengapa PTK lebih dipilih guru adalah:
A. Guru tidak perlu keluar kelas untuk meneliti
B. Menggunakan analisis lengkap baik kualitatif mupun kualitatif
C. Penggunaan teori dari bermacam referensi ilmiah
D. Sampelnya cukup beberapa orang siswa saja di kelas
Jawaban: A
A. Guru tidak perlu keluar kelas untuk meneliti
B. Menggunakan analisis lengkap baik kualitatif mupun kualitatif
C. Penggunaan teori dari bermacam referensi ilmiah
D. Sampelnya cukup beberapa orang siswa saja di kelas
Jawaban: A
9. Penelitian Tindakan Kelas dapat dimaknai sebagai:
A. Perpuan penelitian kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan di kelas untuk menunjukkan profesionalisme guru
B. Penelitian praktis yang dilakukan oleh guru di kelas untuk memperbaiki pembelajaran dengan cara melakukan refleksi diri pada proses pembelajaran
C. Penelitian praktis yang dilakukan oleh guru di kelas untuk memperbaiki pembelajaran dengan cara sebagaimana lesson study
D. Proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri guru guna pemenuhan standar isi.
Jawaban: B
A. Perpuan penelitian kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan di kelas untuk menunjukkan profesionalisme guru
B. Penelitian praktis yang dilakukan oleh guru di kelas untuk memperbaiki pembelajaran dengan cara melakukan refleksi diri pada proses pembelajaran
C. Penelitian praktis yang dilakukan oleh guru di kelas untuk memperbaiki pembelajaran dengan cara sebagaimana lesson study
D. Proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri guru guna pemenuhan standar isi.
Jawaban: B
10. Siklus pelaksanaan PTK dapat dihentikan guru apabila:
A. Masalah dapat diselesaikan melalui perubahan metode pembelajaran
B. Terjadinya peningkatan hasil pada variabel masalah penelitian
C. Guru merasa puas dengan hasil penelitian yang dilakukannya
D. Telah ditemukannya masalah riil dikelas guru tersebut
Jawaban: B
A. Masalah dapat diselesaikan melalui perubahan metode pembelajaran
B. Terjadinya peningkatan hasil pada variabel masalah penelitian
C. Guru merasa puas dengan hasil penelitian yang dilakukannya
D. Telah ditemukannya masalah riil dikelas guru tersebut
Jawaban: B
Demikianlah Kunci Jawaban pelatihan pintar kemenag 3.2 Pengayaan Konsep Penelitian Tindakan Kelas. Semoga bermanfaat.