Kunci jawaban pelatihan pintar kemenag 3.3 Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas
Pada Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di laman Pintar Kemenag, peserta akan mempelajari:
3.1 Konsep Penelitian Tindakan Kelas
3.2 Pengayaan Konsep Penelitian Tindakan Kelas
3.3 Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas
3.4 Merancang Penelitian Tindakan Kelas
3.5 Pengayaan Merancang Penelitian Tindakan Kelas
3.6 Perbaikan dalam Pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas
3.7 Menganalisis dan Menginterpretasikan Data serta Menindaklanjuti PTK
3.8 Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas
3.2 Pengayaan Konsep Penelitian Tindakan Kelas
3.3 Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas
3.4 Merancang Penelitian Tindakan Kelas
3.5 Pengayaan Merancang Penelitian Tindakan Kelas
3.6 Perbaikan dalam Pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas
3.7 Menganalisis dan Menginterpretasikan Data serta Menindaklanjuti PTK
3.8 Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas
Berikut Kunci Jawaban pelatihan pintar kemenag 3.2 Pengayaan Konsep Penelitian Tindakan Kelas:
1. Perhatikan pernyataan di bawah ini:
(1) Perencanaan tindakan
(2) Pelaksanaan tindakan
(3) Perencanaan/ rumusan masalah
(4) Pengumpulan data
(5) Pengumpulan tindakan
(6) Analisis dan interpretasi
Pernyataan tersebut merupakan cakupan langkah-langkah tindakan, yaitu:
A. (2), (3), (4), (5)
B. (1), (3), (4), (6)
C. (1), (4), (5), (6)
D. (2), (3), (5), (6)
E. (1), (2), (3), (4)
Jawaban: C
(1) Perencanaan tindakan
(2) Pelaksanaan tindakan
(3) Perencanaan/ rumusan masalah
(4) Pengumpulan data
(5) Pengumpulan tindakan
(6) Analisis dan interpretasi
Pernyataan tersebut merupakan cakupan langkah-langkah tindakan, yaitu:
A. (2), (3), (4), (5)
B. (1), (3), (4), (6)
C. (1), (4), (5), (6)
D. (2), (3), (5), (6)
E. (1), (2), (3), (4)
Jawaban: C
2. Kegiatan observasi tindakan menggunakan instrumen pengamatan yang mencakup tiga instrumen yang diantaranya untuk mengamati kondisi kelas yang diamati oleh guru yang bersangkutan. Pengamatan kondisi kelas mencakup beberapa hal diantaranya, sebagai berikut...
A. Penerapan metode oleh guru
B. Kegiatan belajar mengajar
C. Keterampilan guru dalam menciptakan pembelajaran aktif
D. Suasana kelas yang menyenangkan
E. Keaktifan siswa, penugasan, suasana belajar siswa
Jawaban: E
A. Penerapan metode oleh guru
B. Kegiatan belajar mengajar
C. Keterampilan guru dalam menciptakan pembelajaran aktif
D. Suasana kelas yang menyenangkan
E. Keaktifan siswa, penugasan, suasana belajar siswa
Jawaban: E
3. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian untuk mengatasi permasalahan atau perbaikan pembelajaran di kelas, oleh karena itu diperlukan langkah-langkah yang sistematis, yaitu:
A. Observasi tindakan, merencanakan tindakan, melaksanakan tindakan, dan refleksi
B. Merencanakan, observasi, melaksanakan tindakan, dan refleksi tindakan
C. Merencanakan tindakan, melaksanakan tindakan, dan refleksi tindakan
D. Merencanakan, melaksanakan tindakan, observasi, dan refleksi
E. Observasi, melaksanakan tindakan, refleksi, dan merencanakan ulang
Jawaban: D
A. Observasi tindakan, merencanakan tindakan, melaksanakan tindakan, dan refleksi
B. Merencanakan, observasi, melaksanakan tindakan, dan refleksi tindakan
C. Merencanakan tindakan, melaksanakan tindakan, dan refleksi tindakan
D. Merencanakan, melaksanakan tindakan, observasi, dan refleksi
E. Observasi, melaksanakan tindakan, refleksi, dan merencanakan ulang
Jawaban: D
4. Instrumen hasil tindakan, dapat berupa soal yang berkaitan dengan materi yang diajarkan dan dapat dilaksanakan melalui ulangan harian/postest/atau rubrik penugasan. Instrumen ini dilakukan oleh guru yang bersangkutan adalah untuk mengukur...
A. Keberhasilan pengamatan
B. Keberhasilan tindakan
C. Keberhasilan perencanaan
D. Keberhasilan guru mengajar
E. Hasil refleksi
Jawaban: B
A. Keberhasilan pengamatan
B. Keberhasilan tindakan
C. Keberhasilan perencanaan
D. Keberhasilan guru mengajar
E. Hasil refleksi
Jawaban: B
5. Upaya untuk mengkaji apa yang telah terjadi dan/atau tidak terjadi, apa yang telah dihasilkan atau yang belum berhasil dituntaskan dengan tindakan perbaikan yang telah dilakukan, disebut
A. Tindak lanjut
B. Observasi
C. Perencanaan
D. Tindakan
E. Refleksi
Jawaban: E
A. Tindak lanjut
B. Observasi
C. Perencanaan
D. Tindakan
E. Refleksi
Jawaban: E
6. Pelaksanaan pengamatan (observasi) tindakan ada beberapa hal yang wajib dicatat, yaitu...
A. Proses tindakan, proses aktivitas peserta didik
B. Proses pembelajaran aktif dan dampak positif pembelajaran
C. Proses dari tindakan, efek-efek tindakan, lingkungan, dan hambatan yang muncul
D. Proses pembelajaran, dampak pembelajaran, dan kendala yang harus diatasi
E. Proses dari pembelajaran, kegiatan guru, kegiatan peserta didik, dan hasil belajar
Jawaban: C
A. Proses tindakan, proses aktivitas peserta didik
B. Proses pembelajaran aktif dan dampak positif pembelajaran
C. Proses dari tindakan, efek-efek tindakan, lingkungan, dan hambatan yang muncul
D. Proses pembelajaran, dampak pembelajaran, dan kendala yang harus diatasi
E. Proses dari pembelajaran, kegiatan guru, kegiatan peserta didik, dan hasil belajar
Jawaban: C
7. Teknik pengumpulan data dalam PTK menggunakan observasi, wawancara, angket, dan catatan harian, kemudian dia yang dikelompokan menjadi dua, yaitu...
A. Data berupa angka dan prosentase
B. Data kualitatif
C. Data kuantitatif dan kualitatif
D. Data kuantitatif
E. Data naratif/deskriptif
Jawaban: C
A. Data berupa angka dan prosentase
B. Data kualitatif
C. Data kuantitatif dan kualitatif
D. Data kuantitatif
E. Data naratif/deskriptif
Jawaban: C
8. Di bawah ini yang bukan termasuk langkah-langkah persiapan tindakan adalah:
A. Membuat perangkat dan skenario pembelajaran
B. Menentukan media yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan
C. Menentukan metode yang akan diterapkan yang sesuai kebutuhan setiap peserta didik
D. Bentuk-bentuk kegiatan yang dilakukan siswa dalam rangka implementasi tindakan perbaikan yang telah direncanakan
E. Langkah-langkah yang dilakukan guru
Jawaban: C
A. Membuat perangkat dan skenario pembelajaran
B. Menentukan media yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan
C. Menentukan metode yang akan diterapkan yang sesuai kebutuhan setiap peserta didik
D. Bentuk-bentuk kegiatan yang dilakukan siswa dalam rangka implementasi tindakan perbaikan yang telah direncanakan
E. Langkah-langkah yang dilakukan guru
Jawaban: C
9. Merencanakan tindakan perbaikan, guru perlu membuat rencana tindakan yang didasarkan pada hal-hal yang akan dilaksanakan, dibawah ini yang bukan termasuk cakupan merencanakan tindakan adalah
A. Fokus/rumusan masalah
B. Latar belakang masalah
C. Rencana tindakan
D. Hipotesis tindakan jika diperlukan
E. Perencanaan pembelajaran
Jawaban: B
A. Fokus/rumusan masalah
B. Latar belakang masalah
C. Rencana tindakan
D. Hipotesis tindakan jika diperlukan
E. Perencanaan pembelajaran
Jawaban: B
10. Kegiatan refleksi mencakup beberapa hal, dibawah ini merupakan salah satu kegiatan refleksi, yaitu...
A. Menguji hipotesis statistik
B. Analisis, sintesis, penafsiran (penginterpretasian) data
C. Menganalisis tindakan yang belum berhasil saja
D. Merekap data hasil wawancara
E. Merekap data hasil observasi
Jawaban: B
A. Menguji hipotesis statistik
B. Analisis, sintesis, penafsiran (penginterpretasian) data
C. Menganalisis tindakan yang belum berhasil saja
D. Merekap data hasil wawancara
E. Merekap data hasil observasi
Jawaban: B
Demikianlah Kunci jawaban pelatihan pintar kemenag 3.3 Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas. Semoga bermanfaat.