Kunci Jawaban pelatihan pintar kemenag 3.5 Pengayaan Merancang Penelitian Tindakan Kelas
Pada Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di laman Pintar Kemenag, peserta akan mempelajari:
3.1 Konsep Penelitian Tindakan Kelas
3.2 Pengayaan Konsep Penelitian Tindakan Kelas
3.3 Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas
3.4 Merancang Penelitian Tindakan Kelas
3.5 Pengayaan Merancang Penelitian Tindakan Kelas
3.6 Perbaikan dalam Pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas
3.7 Menganalisis dan Menginterpretasikan Data serta Menindaklanjuti PTK
3.8 Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas
3.2 Pengayaan Konsep Penelitian Tindakan Kelas
3.3 Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas
3.4 Merancang Penelitian Tindakan Kelas
3.5 Pengayaan Merancang Penelitian Tindakan Kelas
3.6 Perbaikan dalam Pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas
3.7 Menganalisis dan Menginterpretasikan Data serta Menindaklanjuti PTK
3.8 Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas
Berikut Kunci Jawaban pelatihan pintar kemenag 3.5 Pengayaan Merancang Penelitian Tindakan Kelas:
1. Pada saat penetuan latar belakang masalah, hal yang harus dikemukakan adalah
A. Penentu masalah
B. Alasan masalah
C. Data tidak tepat
D. Faktor penunjang masalah
E. Pendukung masalah
Jawaban: B
A. Penentu masalah
B. Alasan masalah
C. Data tidak tepat
D. Faktor penunjang masalah
E. Pendukung masalah
Jawaban: B
2. Jika ada kompetensi guru yang harus ditingkat, maka solusi yang tepat untuk penentuan judul PTK adalah
A. Penentuan mata pelajaran/tema
B. Penentuan waktu penelitian
C. Penentuan siklus 1 dan siklus 2
D. Penentuan model/metode
E. Penentuan topik/materi/submateri
Jawaban: E
A. Penentuan mata pelajaran/tema
B. Penentuan waktu penelitian
C. Penentuan siklus 1 dan siklus 2
D. Penentuan model/metode
E. Penentuan topik/materi/submateri
Jawaban: E
3. Penyusunan latar belakang yang tepat, maka yang tidak perlu didukung oleh hal-hal berikut, adalah
A. Bukti
B. Kasus
C. Laporan kajian
D. Hasil penelitian
E. Data
Jawaban: B
A. Bukti
B. Kasus
C. Laporan kajian
D. Hasil penelitian
E. Data
Jawaban: B
4. Landasan teori adalah mengumpulkan hasil pemikiran secara teoritis yang memiliki hubungan yang erat dengan teori yang diangkat dalam kepentingan mengumpulkan, mengolah data, dan membantu dalam proses analisis demi mengetahui sesuatu yang hendak diteliti. Jadi dalam hal teori, sekurang-kurangnya berisi
A. Kehebatan dan kelemahan melakukan siklus PTK pembelajaran yang baru dengan yang lama
B. Perbedaan dan persamaan antara cara melaksanakan Tindakan yang akan dilakukan dalam PTK dengan Tindakan yang selama ini dilakukan
C. Persamaan antara Tindakan yang akan dilakukan dalam PTK dengan Tindakan yang selama ini dilakukan
D. Perbedaan antara Tindakan yang akan dilakukan dalam PTK dengan Tindakan yang selama ini dilakukan
E. Perbedaan dan persamaan antara Tindakan yang akan dilakukan dalam PTK dengan Tindakan yang selama ini dilakukan
Jawaban: E
A. Kehebatan dan kelemahan melakukan siklus PTK pembelajaran yang baru dengan yang lama
B. Perbedaan dan persamaan antara cara melaksanakan Tindakan yang akan dilakukan dalam PTK dengan Tindakan yang selama ini dilakukan
C. Persamaan antara Tindakan yang akan dilakukan dalam PTK dengan Tindakan yang selama ini dilakukan
D. Perbedaan antara Tindakan yang akan dilakukan dalam PTK dengan Tindakan yang selama ini dilakukan
E. Perbedaan dan persamaan antara Tindakan yang akan dilakukan dalam PTK dengan Tindakan yang selama ini dilakukan
Jawaban: E
5. Seminar PTK guru minimal dihadiri 15 orang dari 3 madrasah yang berbeda. Berikut yang bukan termasuk persyaratan yang diajukan sebagai kelengkapan seminar untuk kenaikan pangkat guru adalah
A. Berita acara seminar dan undangan
B. SK panitia seminar dan akomodasi/konsumsi
C. Berita acara seminar dan notula kegiatan seminar
D. Bahan seminar dan daftar hadir peserta seminar
E. Bahan seminar dan notula kegiatan seminar
Jawaban: B
A. Berita acara seminar dan undangan
B. SK panitia seminar dan akomodasi/konsumsi
C. Berita acara seminar dan notula kegiatan seminar
D. Bahan seminar dan daftar hadir peserta seminar
E. Bahan seminar dan notula kegiatan seminar
Jawaban: B
6. Ketika membuat judul Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rumus PTK yang tepat adalah
A. 4W2H
B. 5WOH
C. 4W1H
D. 5W2H
E. 5W1H
Jawaban: E
A. 4W2H
B. 5WOH
C. 4W1H
D. 5W2H
E. 5W1H
Jawaban: E
7. Hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan siklus Tindakan adalah
A. Memilih Kompetensi Dasar (KD) yang memiliki materi/submateri dengan pertemuan minimal 4 kali
B. Menentukan Tindakan yang tepat untuk setiap siklus dan setiap siklus minimal 2x pertemuan
C. Menentukan Tindakan yang tepat untuk setiap siklus dan setiap siklus minimal 4x pertemuan
D. Menentukan Tindakan yang tepat untuk setiap siklus dan setiap siklus minimal 1x pertemuan
E. Memilih Kompetensi Dasar (KD) yang memiliki materi/submateri dengan pertemuan minimal 2 kali
Jawaban: A
A. Memilih Kompetensi Dasar (KD) yang memiliki materi/submateri dengan pertemuan minimal 4 kali
B. Menentukan Tindakan yang tepat untuk setiap siklus dan setiap siklus minimal 2x pertemuan
C. Menentukan Tindakan yang tepat untuk setiap siklus dan setiap siklus minimal 4x pertemuan
D. Menentukan Tindakan yang tepat untuk setiap siklus dan setiap siklus minimal 1x pertemuan
E. Memilih Kompetensi Dasar (KD) yang memiliki materi/submateri dengan pertemuan minimal 2 kali
Jawaban: A
8. Rumusan masalah berikut yang paling tepat adalah
A. Apakah dengan model STAD dapat meningkatkan keterampilan praktikum kecepatan reaksi mapel kimia bagi siswa kelas IX MAN 2 Serang Banten tahun 2021/2022?
B. Apakah dengan model STAD dapat meningkatkan keterampilan praktikum kecepatan reaksi mapel kimia bagi siswa kelas IX MAN 2 tahun 2021/2022?
C. Apakah dengan meningkatkan keterampilan praktikum kecepatan reaksi mapel kimia bagi siswa kelas IX MAN 2 Serang Banten tahun 2021/2022?
D. Apakah dengan model STAD dapat meningkatkan keterampilan praktikum kecepatan reaksi mapel kimia bagi siswa kelas IX MAN 2 Serang Banten?
E. Apakah dengan meningkatkan keterampilan praktikum kecepatan reaksi mapel kimia bagi siswa kelas IX MAN 2 tahun 2021/20222
Jawaban: A
A. Apakah dengan model STAD dapat meningkatkan keterampilan praktikum kecepatan reaksi mapel kimia bagi siswa kelas IX MAN 2 Serang Banten tahun 2021/2022?
B. Apakah dengan model STAD dapat meningkatkan keterampilan praktikum kecepatan reaksi mapel kimia bagi siswa kelas IX MAN 2 tahun 2021/2022?
C. Apakah dengan meningkatkan keterampilan praktikum kecepatan reaksi mapel kimia bagi siswa kelas IX MAN 2 Serang Banten tahun 2021/2022?
D. Apakah dengan model STAD dapat meningkatkan keterampilan praktikum kecepatan reaksi mapel kimia bagi siswa kelas IX MAN 2 Serang Banten?
E. Apakah dengan meningkatkan keterampilan praktikum kecepatan reaksi mapel kimia bagi siswa kelas IX MAN 2 tahun 2021/20222
Jawaban: A
9. Berikut ini yang tidak termasuk manfaat hasil PTK guru bagi
A. Madrasah
B. Pengawas
C. Siswa
D. Pemerintah daerah
E. Guru
Jawaban: D
A. Madrasah
B. Pengawas
C. Siswa
D. Pemerintah daerah
E. Guru
Jawaban: D
10. Data yang tidak diperlukan dalam pengumpulan sumber data PTK adalah
A. Aktivitas guru dalam pembelajaran
B. Tes hasil belajar
C. Aktivitas siswa dalam bertanya
D. Aktivitas siswa dalam pembelajaran
E. Aktivitas siswa dalam berdiskusi
Jawaban: E
A. Aktivitas guru dalam pembelajaran
B. Tes hasil belajar
C. Aktivitas siswa dalam bertanya
D. Aktivitas siswa dalam pembelajaran
E. Aktivitas siswa dalam berdiskusi
Jawaban: E