Teaching Grammar with Guided Discovery
Biasanyang untuk lebih memudahkan guru memahami Grammar menggunakan 3 tahapan:
Tahap 1
Guru menciptakan konteks untuk menunjukkan makna bahasa, menggunakan gambar, bercerita, membaca atau mendengarkan, dll.
Tahap 2
Guru menggunakan pertanyaan dan kegiatan, misalnya. kegiatan mencocokkan, untuk membimbing peserta didik. Peserta didik menganalisis dan bekerja sama saat mereka mengembangkan pemahaman mereka tentang bahasa.
Tahap 3
Guru memperoleh aturan-aturan dari peserta didik dan mungkin meminta mereka mengisi kekosongan tentang aturan-aturan tersebut.
Contoh:
Tugas Grammar: Mempelajari Present Simple Tense
Tahap 1: Membuat Konteks
Gambarkan dalam sebuah paragraf singkat tentang kegiatan sehari-hari seorang pelajar kelas 8. Gunakan gambar atau ilustrasi untuk membantu memahami konteks.
Contoh:
Siti is a diligent eighth-grade student. Every morning, she wakes up at 6 AM, eats a healthy breakfast, and walks to school. In school, she studies various subjects, participates in extracurricular activities, and enjoys spending time with her friends. In the evening, she completes her homework, has dinner with her family, and goes to bed early.
Tahap 2: Menggunakan Pertanyaan dan Aktivitas Pendukung
Buatlah pertanyaan-pertanyaan yang memandu siswa untuk menganalisis teks dan bekerja sama dalam pengembangan pemahaman mereka tentang Present Simple Tense.
Contoh:
What time does Siti wake up every morning?
How does she go to school?
What activities does she do in school?
When does she complete her homework?
Tahap 3: Membuat Aturan Grammar
Bimbing siswa untuk mengekstrak aturan Present Simple Tense dari teks tersebut. Berikan gap-fill exercises untuk membantu mereka memahami aturan tersebut.
Contoh:
Siti ____________ (wake up) at 6 AM every morning.
She ____________ (study) various subjects in school.
Siti ____________ (go) to bed early in the evening.
Pertanyaan Tambahan:
Bentuk mana yang tepat untuk kata kerja dalam Present Simple Tense?
Kapan kita menggunakan Present Simple Tense?