Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Guru memfasilitasi kegiatan pembelajaran yang memberi peran pada semua peserta didik.


Guru memfasilitasi kegiatan pembelajaran yang memberi peran pada semua peserta didik.

Apa Perilaku Guru dan Respon Murid yang Mendukung Penilaian Anda?

Jawaban 1 (250 kata):

Guru memberikan umpan balik yang konstruktif dan objektif, terbuka terhadap pertanyaan, serta konsisten dalam penilaian, siswa menerima umpan balik dengan baik, melakukan refleksi, berpartisipasi aktif, dan terbuka terhadap perbaikan pemahaman mereka

Jawaban 2:

Guru memberikan umpan balik yang membangun dan objektif, bersikap terbuka terhadap pertanyaan, serta menerapkan penilaian secara konsisten, sementara siswa menerima umpan balik dengan positif, melakukan refleksi, berpartisipasi aktif, dan terbuka untuk meningkatkan pemahaman mereka.

Jawaban 3:

Perilaku Guru:

  • Memberikan Umpan Balik Konstruktif: Guru harus memberikan umpan balik yang jelas dan konstruktif kepada siswa. Ini membantu siswa memahami kekuatan dan area yang perlu diperbaiki.
  • Objektivitas: Guru harus menghindari prasangka dan memastikan penilaian berdasarkan kriteria yang obyektif.
  • Keterbukaan: Guru harus terbuka terhadap pertanyaan dan klarifikasi dari siswa terkait penilaian.
  • Konsistensi: Guru harus konsisten dalam penerapan kriteria penilaian.

Respon Murid:

  • Menerima Umpan Balik: Siswa harus menerima umpan balik dengan terbuka dan berusaha memperbaiki diri.
  • Refleksi: Siswa perlu merenung tentang umpan balik yang diberikan dan mengidentifikasi langkah-langkah perbaikan.
  • Partisipasi Aktif: Siswa yang aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran cenderung memiliki respon yang lebih baik terhadap penilaian.
  • Keterbukaan terhadap Perbaikan: Siswa yang terbuka terhadap perbaikan dan berani mengambil risiko dalam mengembangkan pemahaman mereka akan lebih siap menghadapi penilaian.