Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Pembelajaran Kolaboratif


Aplikasi pembelajaran kolaboratif adalah alat digital yang dirancang untuk memfasilitasi dan meningkatkan kolaborasi antara siswa, guru, dan mungkin juga pihak lain yang terlibat dalam proses pembelajaran. Aplikasi-aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi, berbagi sumber daya, bekerja sama dalam proyek, dan memberikan umpan balik secara real-time. Berikut adalah beberapa contoh aplikasi pembelajaran kolaboratif:

1. Miro

Miro adalah aplikasi kolaboratif berbasis online yang dirancang untuk mendukung kerja tim dalam berbagai jenis proyek. Aplikasi ini menyediakan papan tulis digital (digital whiteboard) yang memungkinkan pengguna untuk bekerja bersama dalam waktu.

2. Microsoft Whiteboard

Microsoft memiliki media yang dapat digunakan untuk pembelajaran kolaboratif, yang juga berupa papan tulis digital yang yaitu Whiteboard. Whiteboard merupakan aplikasi kolaboratif yang menjadikan pengguna merasakan sensasi seolah menulis di satu layar yang sama.

3. Google Docs

Google Docs adalah alat produktivitas berbasis cloud yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, dan berbagi dokumen secara kolaboratif seperti membuat dokumen teks laporan, cerita, atau artikel.

4. Mengenal dan Memanfaatkan Google Sheets

Google Sheets atau Google Spreadsheet adalah fitur aplikasi pengolahan data secara daring. Kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah fitur kolaborasi yang digunakan untuk mengumpulkan, menyortir, menganalisis, dan mengolah data dengan cara yang bermakna untuk berkolaborasi dengan orang lain dalam waktu bersamaan. Hal ini tentunya akan menjadi solusi untuk keterbatasan ruang dan waktu yang kita miliki untuk melakukan kolaborasi dengan tatap muka secara langsung.

5. Mengenal dan Memanfaatkan Google Slides

Google Slides adalah alat presentasi yang membantu membuat slide digital untuk dibagikan di depan kelas saat mengajar  atau audiens lain. Anda dapat menyertakan teks, gambar, dan bahkan video untuk membuat presentasi untuk ditampilkan di layar besar atau diberikan langsung kepada murid saat menjelaskan materi.

6. Mengenal dan Memanfaatkan Google Sites

Apakah anda memiliki websites sendiri? Atau pernah mencoba membuat blog? Google juga memiliki aplikasi serupa dengan pembuat websites atau blog, namanya adalah Google Sites. Apa itu Google Sites? Google Sites adalah cara cepat dan mudah untuk membuat situs web. Google Sites memudahkan untuk menuangkan semua di satu tempat dan situs web Anda akan tampak hebat!

7. Mengenal dan Memanfaatkan Canva for Education secara Kolaboratif

Apakah apakah sudah pernah mendesain menggunakan Canva? Dengan memanfaatkan Akun Belajar.id, Guru, siswa, tenaga pendidik, kita dapat menggunakan Canva for Education secara daring dalam melakukan Praktik Pembelajaran secara kolaboratif.