Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Contoh Jurnal Pembelajaran Modul 1, 2, dan 3 Piloting PPG Guru Tertentu


Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk Guru Tertentu (Dalam Jabatan) adalah program pendidikan profesi bagi guru yang menjadi sasaran untuk mendapatkan sertifikat pendidik. Pembelajaran PPG untuk Guru Tertentu dilakukan secara mandiri dan daring yang ditempuh selama kurang dari satu semester.

Sasaran Program PPG untuk Guru Tertentu (Dalam Jabatan) berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2024:
PPG untuk Guru Tertentu (Dalam Jabatan)
  • Guru yang memiliki sertifikat Guru Penggerak.
  • Guru yang belum lulus Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG);
  • Guru-guru yang aktif mengajar pada tahun ajaran 2023/2024
Untuk peserta Piloting PPG bagi Guru Tertentu tahap 2 ini mencakup:
  • PGP: Jika Anda termasuk 'Guru penggerak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang belum memiliki Sertifikat Pendidik'.
  • PLPG: Jika Anda termasuk 'Guru yang telah menyelesaikan pendidikan dan latihan profesi Guru namun belum memiliki Sertifikat Pendidik'.
  • Reguler: Jika Anda termasuk ‘Guru yang terdaftar dalam data pokok pendidikan dengan status aktif mengajar pada tahun ajaran 2023/2024, namun belum memiliki Sertifikat Pendidik, serta tidak termasuk ke dalam PLPG dan PGP’.
Mekanisme pembelajaran Piloting PPG bagi Guru Tertentu tahun 2024 dilakukan melalui penugasan terstruktur dan pembelajaran mandiri secara daring melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Selama masa Piloting PPG bagi Guru Tertentu, peserta diharapkan dapat mengikuti program pembelajaran mandiri yang didesain untuk dapat diselesaikan dalam waktu 6 (enam) minggu. 

Semakin cepat peserta menyelesaikan pembelajaran, peserta bisa lebih awal untuk mendaftar Uji Kompetensi Peserta PPG (UKPPPG). Jika Bapak/Ibu guru tidak dapat menyelesaikan Piloting PPG bagi Guru Tertentu karena berbagai kendala, maka dapat melanjutkan dan menyelesaikan pembelajaran melalui PMM serta mendaftar dan mengikuti UKPPPG pada periode berikutnya.

Jurnal Pembelajaran merupakan salah satu tugas pada piloting PPG Guru Tertentu baik di tahap 1 dan 2 tahun 2024, setiap modul yang dipelajari akan diminta kepada peserta piloting PPG Guru Tertentu untuk mengunggah jurnal pembelajaran sesuai permintaan yang tertera di LMS Piloting PPG. Setelah mengunggah atau mengumpulkan Jurnal Pembelajaran, Anda akan mendapatkan info di PMM "Menunggu hasil validasi".

Adapun ketentuan pengerjaan Jurnal Pembelajaran baik di modul 1, 2 dan 3 adalah sebagai berikut:

  • Mengerjakan Jurnal Pembelajaran sesuai dengan petunjuk.
  • Menuliskan minimal 300 kata pada bagian refleksi.
  • Tidak ada unsur kemiripan yang ditemukan pada Jurnal Pembelajaran Anda.
Ketentuan lainnya dalam mengerjakan jurnal pembelajaran adalah:

  • Untuk menghindari kegagalan validasi, dalam mengerjakan Jurnal Pembelajaran sangat disarankan untuk dibuat dengan menggunakan Ms. Word atau Google Docs dan disimpan menggunakan format .PDF. Selain format tersebut, tidak bisa diterima oleh sistem.
  • Hindari membuat Jurnal Pembelajaran menggunakan aplikasi visual, seperti Canva atau lainnya yang disimpan menggunakan format .PDF.
Di bawah ini merupakan link download contoh jurnal pembelajaran modul 1, 2 dan 3 yang bisa dijadikan contoh atau referensi pengerjaan jurnal pembelajaran bagi peserta piloting PPG Guru Tertentu:
  • Link Download Contoh Jurnal Pembelajaran Modul 1 Prinsip Pengajaran dan Asesmen (Umum) klik (Disini)
  • Link Download Contoh Jurnal Pembelajaran Modul 2 Pembelajaran Sosial Emosional klik (Disini)
  • Link Download Contoh Jurnal Pembelajaran Modul 3 Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus klik (Disini)