Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download contoh jurnal pembelajaran modul 2 Pembelajaran Sosial Emosional Piloting PPG Guru Tertentu 2024

Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) tidak hanya bermanfaat bagi siswa, tetapi juga memainkan peran penting bagi guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih positif dan kondusif. Dengan pemahaman mendalam tentang emosi dan kebutuhan sosial siswa, guru dapat membangun hubungan yang lebih baik, mengurangi konflik, dan menciptakan suasana kelas yang harmonis. Pemahaman ini memungkinkan guru merespons tantangan emosional siswa dengan lebih efektif, sekaligus meningkatkan kualitas interaksi di kelas.

Selain itu, PSE membantu guru menyesuaikan metode pengajaran dengan lebih relevan berdasarkan kebutuhan sosial dan emosional siswa. Guru yang kompeten dalam PSE lebih siap menghadapi perubahan suasana hati siswa dan tantangan lainnya yang sering muncul di kelas. Ini berkontribusi pada peningkatan kualitas pengajaran, di mana guru dapat menyesuaikan strategi pengajaran mereka dengan lebih fleksibel.

Lebih jauh, PSE juga penting bagi kesejahteraan guru. Dengan keterampilan mengelola emosi dan stres, guru dapat bekerja dengan lebih baik dan merasa lebih puas dengan pekerjaannya. Ketika guru dapat membangun hubungan yang positif dengan siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, mereka cenderung memiliki tingkat kepuasan kerja yang lebih tinggi, yang pada akhirnya meningkatkan kinerja dan komitmen mereka sebagai pendidik.

Sebagai role model, guru yang menerapkan PSE dapat mengajarkan siswa keterampilan hidup yang esensial, seperti empati, kerjasama, dan kemampuan mengatasi masalah. Melalui PSE, guru membantu siswa mengembangkan karakter yang bertanggung jawab dan peduli terhadap sesama, sekaligus menciptakan sekolah yang lebih inklusif dan harmonis.

Dengan mengembangkan kompetensi PSE, guru tidak hanya memperbaiki kualitas pembelajaran, tetapi juga berinvestasi dalam kesejahteraan pribadi dan lingkungan sekolah yang lebih positif. Kompetensi ini meliputi kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan berhubungan, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab, yang semuanya berperan penting dalam mendukung perkembangan holistik siswa.

Pada Modul 2 (Pembelajaran Sosial Emosional) Piloting PPG Guru Tertentu Tahun 2024, terdapat beberapa topik yang dibahas, yaitu:

1. Pembelajaran Sosial Emosional: Mengapa Penting?:

Pembelajaran sosial emosional (PSE) penting karena membantu murid mengelola emosi, membangun hubungan positif, dan membuat keputusan yang bertanggung jawab. Kematangan sosial emosional anak ditandai oleh pengenalan dan dimilikinya perilaku positif terhadap diri. Hal ini juga mempengaruhi kemampuan mereka dalam pengambilan peran sosial dan memahami pandangan orang lain tentang dirinya.

2. Pembelajaran Sosial Emosional: Apa Dan Bagaimana Menerapkannya?:

PSE mencakup pengajaran keterampilan sosial dan emosional yang memungkinkan murid untuk mengenali dan mengelola emosi mereka, serta membangun hubungan yang sehat. Guru perlu merancang aktivitas yang mendukung perkembangan sosial emosional murid, seperti kegiatan yang mempromosikan kesadaran diri, pengelolaan diri, kesadaran sosial, keterampilan hubungan, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

3. Pembelajaran Sosial Emosional: Bagaimana Mewujudkan Kesejahteraan Psikologis Warga Sekolah?:

Untuk mewujudkan kesejahteraan psikologis warga sekolah, penting untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan sosial emosional. Ini termasuk membangun komunitas sekolah yang inklusif dan peduli, serta menyediakan dukungan yang diperlukan bagi murid untuk mengembangkan keterampilan sosial dan emosional mereka. Kesadaran bahwa diri mereka adalah bagian dari komunitas sekolah juga penting dalam proses ini.

Jurnal Pembelajaran Modul 2 adalah salah satu tugas yang harus diselesaikan oleh guru peserta piloting PPG Guru Tertentu Tahun 2024. Pastikan jurnal tersebut dibuat dalam format word, kemudian disimpan dalam bentuk pdf, dan baru diunggah di PMM.

Berikut adalah panduan untuk menulis pada bagian unggahan Jurnal Pembelajaranku - Pembelajaran Sosial Emosional di aplikasi PMM:

1. Tuliskan Judul Jurnal Pembelajarannya

2. Tuliskan Deskripsi:

Mengapa saya memilih tugas ini sebagai pengalaman belajar yang paling bermakna?

Saya memilih tugas ini karena selaras dengan minat pribadi dalam mengembangkan aspek sosial dan emosional peserta didik. Saya percaya bahwa keterampilan ini merupakan fondasi penting dalam mendukung keberhasilan akademik dan kesejahteraan siswa secara keseluruhan. Pengalaman ini juga memberikan saya kesempatan untuk mengeksplorasi lebih dalam tentang bagaimana menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, hangat, dan mendukung pertumbuhan emosional siswa.

3. Tuliskan Refleksi:

  1. Tantangan yang dihadapi: Tantangan utama yang saya hadapi adalah memahami kebutuhan sosial emosional yang berbeda-beda pada setiap peserta didik. Setiap siswa memiliki latar belakang emosional yang unik, sehingga saya harus menyesuaikan pendekatan agar sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, integrasi Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) ke dalam kurikulum akademik juga memerlukan strategi yang matang agar pembelajaran tetap seimbang antara aspek kognitif dan emosional.

  2. Hal menarik yang ditemukan: Salah satu hal menarik yang saya temukan adalah dampak positif dari penggunaan teknik mindfulness di kelas. Ketika saya menerapkan kegiatan mindfulness pada sesi pembukaan kelas, saya melihat perubahan yang signifikan pada sikap dan fokus siswa. Mereka menjadi lebih tenang, lebih terbuka terhadap materi yang diajarkan, dan lebih mudah berinteraksi dengan teman-teman sekelasnya. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang memperhatikan kesejahteraan emosional dapat secara langsung meningkatkan kualitas pembelajaran.

  3. Perubahan yang dirasakan: Setelah mengerjakan tugas ini, saya merasa lebih yakin dalam menciptakan suasana belajar yang mendukung pengembangan sosial dan emosional siswa. Saya juga menjadi lebih peka terhadap sinyal emosional yang ditunjukkan oleh siswa dan lebih berempati dalam membantu mereka mengelola emosinya. Pengalaman ini memperkuat nilai-nilai pribadi saya sebagai pendidik, bahwa mendidik tidak hanya soal akademis, tetapi juga soal membentuk karakter dan kesejahteraan emosional siswa.

ISI JURNAL PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL

Yang mana isi dari Jurnal Pembelajaran Sosial Emosional terdiri dari: Ada tiga topik, diminta menerapkan pembelajaran sosial emosional, misalnya pilih teknik PSE, seperti stock, mindfullness, dll, buatkan catatan pembelajaran bermakna, kemudian, tulis momen AHA yang besar (kegiatan atau momen yang membuat bapak/ibu terkesan,) Refleksinya peran sebagai seorang pendidik (terdiri dari 300 kata). Selanjutnya tuliskan Umpan Balik rekan sejawat, Terakhir dokumentasi penerapan PSE.

Adapun Contoh File Jurnal Pembelajaranku modul Pembelajaran Sosial Emosional bisa di download dan silakan di ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). 

Berikut untuk download contoh jurnal pembelajaran modul 2 Pembelajaran Sosial Emosional Piloting PPG Guru Tertentu 2024 silakan klik di bawah ini:

  • Contoh 1 Jurnal Pembelajaran Modul 2 Pembelajaran Sosial Emosional klik (Disini). 
  • Contoh 2 Jurnal Pembelajaran Modul 2 Pembelajaran Sosial Emosional klik (Disini).
  • Contoh 3 Jurnal Pembelajaran Modul 2 Pembelajaran Sosial Emosional klik (Disini).
  • Contoh 4 Jurnal Pembelajaran Modul 2 Pembelajaran Sosial Emosional klik (Disini).
  • Contoh 5 Jurnal Pembelajaran Modul 2 Pembelajaran Sosial Emosional klik (Disini).
  • Contoh 6 Jurnal Pembelajaran Modul 2 Pembelajaran Sosial Emosional klik (Disini).
  • Contoh 7 Jurnal Pembelajaran Modul 2 Pembelajaran Sosial Emosional klik (Disini).
  • Contoh 8 Jurnal Pembelajaran Modul 2 Pembelajaran Sosial Emosional klik (Disini).
  • Contoh 9 Jurnal Pembelajaran Modul 2 Pembelajaran Sosial Emosional klik (Disini).
  • Contoh 10 Jurnal Pembelajaran Modul 2 Pembelajaran Sosial Emosional klik (Disini).