SOAL UKPPPG PILOTING PPG GURU TERTENTU UNTUK SEMUA GURU
Berikut Soal SJT UTBK PPG DALJAB untuk semua guru:
1. Rekan guru di sekolah lain telah banyak menggunakan media teknologi dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai dengan konteks saat ini. Sedangkan Anda mengalami kesulitan menyesuaikan metode pembelajaran yang melibatkan teknologi. Upaya yang Anda lakukan dalam menghadapi masalah ini adalah....
- A. Memahami bahwa saya memiliki kebutuhan untuk mengikuti pelatihan metode pembelajaran yang menggunakan teknologi.
- B. Menetapkan tujuan pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan mengajar dengan menggunakan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan.
- C. Menganalisis kendala yang dihadapi dalam upaya penyesuaian metode pembelajaran berbasis teknologi.
- D. Mengajak guru lain dan bersama-sama meningkatkan kemampuan proses pembelajaran berbasis teknologi.
- E. Menjadi ketua tim program peningkatan kemampuan mengajar yang berbasis teknologi.
2. Setelah pulang sekolah, para peserta didik sering berkelahi di halaman. Tindakan yang Anda lakukan adalah....
- A. Menyalurkan kebutuhan kompetitif peserta didik dalam kegiatan perlombaan olahraga antar sekolah.
- B. Mengawasi peserta didik pada jam pulang sekolah.
- C. Bekerjasama dengan pihak keamanan untuk mencegah adanya perkelahian di sekolah.
- D. Menginstruksikan peserta didik untuk langsung pulang dan tidak berkelahi.
- E. Mengusulkan program kerukunan untuk mempererat hubungan antar peserta didik.
3. Anda adalah seorang guru yang baru bergabung di sekolah X. Anda mendapat tugas dari pihak sekolah untuk ikut dalam tim penyusunan rencana pembelajaran. Namun, banyak rekan guru yang meragukan kemampuan Anda. Tindakan yang dapat Anda lakukan agar kerja tim berhasil adalah....
- A. Membangun konsensus dengan seluruh pemangku kepentingan di sekolah dan luar sekolah sehingga tersusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan tujuan bangsa dan negara.
- B. Saling berbagi informasi dengan rekan guru tentang rencana pembelajaran yang baik.
- C. Berpartisipasi aktif sebagai anggota tim dengan menyusun rencana pembelajaran yang baik.
- D. Mengajak seluruh rekan guru untuk membuat rencana pembelajaran yang baik sesuai tugas mengajar masing-masing.
- E. Melakukan pertemuan rutin dengan rekan-rekan guru untuk membahas tentang rencana pembelajaran yang optimal, efektif, dan efisien.
4. Dari hasil audit dan rapat internal, sekolah tempat Anda mengajar mengalami penurunan kinerja guru dan prestasi di tahun ini. Sebagai seorang guru yang mengabdi di sekolah tersebut, pendapat yang bisa Anda sampaikan adalah....
- A. Sekolah perlu mengadakan pembelajaran kolaboratif dengan guru lainnya dengan membuat proyek.
- B. Sekolah perlu membuat komunitas pembelajaran antara guru dan peserta didik sesuai keahliannya.
- C. Sekolah dapat memberikan kebebasan kepada para guru agar berinovasi dan berbagi ilmu.
- D. Sekolah dapat memfasilitasi kegiatan guru dan peserta didik dengan sarana prasarana yang mendukung.
- E. Sekolah perlu memberikan pelatihan kepada guru tentang pembelajaran yang kreatif dan berpusat pada peserta didik.
5. Peserta didik A merasa bahwa ia dikucilkan oleh peserta didik B di sekolah karena berasal dari strata sosial ekonomi yang kurang mampu. Kejadian ini sampai melibatkan orang tua peserta didik. Sebagai seorang guru, upaya yang Anda lakukan adalah....
- A. Menganalisis penyebab konflik dari kedua belah pihak kemudian mencari solusi terbaik dengan mengurangi dampak negatif yang bisa ditimbulkan.
- B. Membantu menjadi penengah kedua belah pihak yang berkonflik agar masalah terselesaikan dengan kekeluargaan.
- C. Mengajak peserta didik dan orang tua yang terlibat untuk saling memahami perbedaan latar belakang sosial.
- D. Fokus pada penyelesaian masalah dengan sikap saling menghargai, menekankan persamaan dan persatuan.
- E. Bersedia menjadi pembimbing dalam menyikapi perbedaan sosial, sehingga mengurangi konflik antar perbedaan status sosial-ekonomi.
6. Saat ini pemerintah sedang gencar menggalakkan perubahan Kurikulum Merdeka sehingga Anda mempelajari metode pembelajaran yang baru sesuai dengan kurikulum tersebut. Di sekolah tempat Anda bekerja memang belum ada kebijakan terkait Kurikulum Merdeka ini, tetapi lambat laun kurikulum tersebut harus segera diterapkan. Upaya Anda terkait hal ini adalah....
- A. Membuat strategi-strategi praktis dalam pengaplikasian Kurikulum Merdeka agar mudah diikuti oleh seluruh tenaga pendidik di sekolah.
- B. Menyampaikan pemahaman mengenai Kurikulum Merdeka kepada kepala sekolah agar dijadikan perhatian dalam rapat penyesuaian kurikulum.
- C. Menyumbangkan gagasan konkret hingga langkah antisipasi jika permasalahan muncul terkait perubahan kurikulum lama dengan Kurikulum Merdeka.
- D. Menyadari bahwa sekolah perlu menyesuaikan kurikulum dengan Kurikulum Merdeka saat ini.
- E. Membantu teman-teman untuk mulai melakukan perubahan proses pengajaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka walaupun belum ada keputusan resmi terkait perubahan.
- A. Mengajak rekan sejawat untuk ikut berpartisipasi dalam pelatihan guna meningkatkan kompetensi secara bersama-sama.
- B. Membuat materi dari hasil pelatihan yang dapat diakses oleh rekan-rekan sejawat agar mereka tetap memperoleh manfaat dari pelatihan tersebut.
- C. Memberikan motivasi kepada rekan sejawat tentang pentingnya peningkatan kompetensi melalui pelatihan secara terus menerus.
- D. Mengadakan diskusi bersama rekan sejawat untuk berbagi ilmu dari hasil pelatihan dan penerapan praktisnya dalam pengajaran.
- E. Mendorong rekan sejawat untuk mencoba menerapkan metode baru yang telah Anda pelajari dalam pelatihan agar lebih percaya diri untuk berinovasi.
- A. Mengakui bahwa mungkin ada kekurangan dalam metode yang diterapkan dan berusaha untuk memperbaiki metode sesuai masukan.
- B. Menganalisis kritik yang disampaikan dan melakukan refleksi apakah memang metode yang diterapkan perlu disesuaikan.
- C. Mengajak rekan sejawat untuk bersama-sama mengevaluasi metode pembelajaran yang efektif untuk peserta didik di sekolah.
- D. Berdiskusi secara terbuka dengan rekan sejawat untuk mendengarkan pendapat dan memberikan penjelasan tentang metode yang Anda gunakan.
- E. Berterima kasih atas kritik yang diberikan dan menyatakan kesediaan untuk melakukan penyesuaian demi kepentingan peserta didik.
- A. Mengarahkan peserta didik agar bisa menerima perbedaan pendapat dan mencari kesepakatan bersama untuk menyelesaikan tugas.
- B. Membimbing kelompok agar dapat bekerja sama dengan membagi peran sesuai kemampuan masing-masing peserta didik.
- C. Mengajak seluruh kelas untuk belajar tentang pentingnya kerjasama tim dalam menyelesaikan masalah dan mencapai tujuan bersama.
- D. Memberikan contoh bagaimana menghadapi perbedaan pendapat dan menemukan solusi bersama melalui diskusi yang baik.
- E. Membangun atmosfer kelas yang mendukung kolaborasi dan mengurangi ketegangan dengan memperhatikan dinamika kelompok.
- A. Menerima kebijakan kepala sekolah baru dengan terbuka dan siap menyesuaikan metode pembelajaran sesuai arahan baru.
- B. Mengikuti arahan kepala sekolah baru, namun tetap memberikan masukan berdasarkan pengalaman Anda terkait metode pembelajaran yang efektif.
- C. Bersikap adaptif dengan perubahan yang ada, sembari tetap mempertahankan nilai-nilai yang sudah baik dari kebijakan kepala sekolah sebelumnya.
- D. Berusaha memahami visi dan misi kepala sekolah baru, lalu berkolaborasi untuk mendukung program pembelajaran di sekolah.
- E. Mengajak rekan sejawat untuk bersama-sama mendiskusikan kebijakan baru dan mencari cara agar penerapannya dapat berjalan baik.
- A. Mencari metode alternatif yang lebih sesuai dengan gaya belajar peserta didik dan menerapkannya dalam proses pembelajaran.
- B. Meminta umpan balik dari peserta didik tentang kesulitan yang mereka hadapi, lalu menyesuaikan strategi pengajaran.
- C. Memberikan bantuan tambahan secara individual bagi peserta didik yang mengalami kesulitan.
- D. Melakukan evaluasi menyeluruh terhadap metode yang telah digunakan dan melakukan penyesuaian yang diperlukan.
- E. Mengadakan pembelajaran remedial untuk memastikan semua peserta didik dapat memahami materi dengan baik.
- A. Menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menarik agar peserta didik lebih terdorong untuk berpartisipasi.
- B. Memberikan contoh konkret dan memfasilitasi diskusi agar peserta didik lebih percaya diri dalam mengungkapkan ide-idenya.
- C. Mengajak peserta didik untuk bekerja secara berkelompok guna saling berbagi ide dan mendukung satu sama lain.
- D. Menerapkan pendekatan yang lebih personal dengan memberikan tugas-tugas yang relevan dengan minat peserta didik.
- E. Memberikan penghargaan bagi peserta didik yang aktif berpartisipasi untuk memotivasi yang lainnya agar ikut terlibat.
- A. Membuat aturan kelas yang jelas tentang disiplin waktu dan memberikan sanksi yang sesuai jika peserta didik melanggar.
- B. Berdiskusi dengan peserta didik untuk mencari tahu alasan keterlambatan mereka dan bersama-sama mencari solusi.
- C. Mengadakan sosialisasi tentang pentingnya disiplin waktu dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam pembelajaran.
- D. Memberikan contoh dengan datang tepat waktu dan menekankan pentingnya kedisiplinan melalui berbagai kegiatan di kelas.
- E. Mengadakan sistem penghargaan bagi peserta didik yang selalu hadir tepat waktu sebagai motivasi bagi peserta didik lainnya.
- A. Menerima tanggung jawab sebagai pembimbing dengan mengatur waktu sebaik mungkin untuk menyeimbangkan tugas mengajar dan pembimbingan.
- B. Meminta waktu lebih fleksibel dari kepala sekolah agar dapat menjalankan tugas sebagai pembimbing tanpa mengabaikan kewajiban mengajar.
- C. Mengajukan solusi untuk bekerja sama dengan guru lain agar tugas mengajar dan pembimbingan dapat berjalan lancar.
- D. Membagi tugas pembimbingan dengan guru lain yang memiliki kompetensi serupa agar tanggung jawab tidak terlalu berat.
- E. Mengusulkan program tambahan di luar jam pelajaran untuk membimbing tim sekolah tanpa mengganggu waktu belajar di kelas.
- A. Membuat kebijakan di kelas tentang penggunaan gadget agar tidak mengganggu proses pembelajaran.
- B. Mengalihkan perhatian peserta didik dengan menggunakan teknologi dan aplikasi pembelajaran yang menarik di gadget mereka.
- C. Memberikan tugas-tugas yang interaktif sehingga peserta didik lebih terlibat dan tidak tergoda untuk bermain gadget.
- D. Berdiskusi dengan peserta didik tentang dampak negatif penggunaan gadget yang berlebihan saat belajar dan mencari solusi bersama.
- E. Memberikan konsekuensi yang tegas jika peserta didik terus menerus menggunakan gadget saat pelajaran berlangsung.
- A. Membagi peserta didik menjadi kelompok berdasarkan kemampuan dan memberikan tugas yang sesuai dengan tingkat mereka.
- B. Menyediakan materi tambahan bagi peserta didik yang lebih cepat agar mereka tetap terlibat tanpa mengganggu proses belajar yang lain.
- C. Memberikan perhatian khusus dan pendampingan kepada peserta didik yang lebih lambat dalam memahami materi.
- D. Menerapkan pembelajaran yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan setiap peserta didik tanpa membedakan mereka secara terbuka.
- E. Mengajak peserta didik yang lebih cepat untuk membantu teman-teman yang memerlukan waktu lebih lama dalam belajar.
- A. Menghubungi peserta didik yang belum melengkapi data dan memberikan waktu tambahan bagi mereka untuk melengkapinya.
- B. Menggunakan data yang sudah ada untuk sementara, sembari menunggu peserta didik melengkapi data yang kurang.
- C. Berdiskusi dengan kepala sekolah untuk mencari solusi agar data bisa lengkap tepat waktu.
- D. Menyusun laporan berdasarkan data yang tersedia, namun tetap mencatat kekurangan dan kendala yang dihadapi dalam proses evaluasi.
- E. Mengingatkan peserta didik secara tegas bahwa mereka harus segera melengkapi data yang diperlukan untuk evaluasi.
- A. Mendekati kedua peserta didik secara personal untuk mencari tahu akar masalah dan membantu mereka menyelesaikannya.
- B. Mengajak kedua peserta didik untuk berbicara bersama di hadapan kelas dan mencari solusi secara terbuka.
- C. Melibatkan konselor sekolah untuk membantu menangani masalah yang terjadi agar tidak semakin membesar.
- D. Mengajarkan kepada peserta didik pentingnya penyelesaian konflik secara damai dan menghargai perbedaan pendapat.
- E. Memberikan peringatan tegas kepada kedua peserta didik agar mereka memahami konsekuensi dari konflik yang mereka sebabkan.
- A. Berdiskusi dengan orang tua peserta didik untuk memahami masalah secara lebih mendalam dan mencari solusi bersama.
- B. Memberikan penjelasan tambahan kepada peserta didik secara individual agar lebih memahami tugas yang diberikan.
- C. Mengatur waktu untuk pertemuan dengan orang tua dan peserta didik guna membahas masalah dan menemukan solusinya.
- D. Meninjau kembali tugas yang diberikan dan memberikan penjelasan lebih rinci untuk membantu peserta didik lebih memahaminya.
- E. Memberikan alternatif tugas yang lebih sesuai dengan kemampuan peserta didik yang mengalami kesulitan.
- A. Mencari tahu lebih lanjut tentang kurikulum baru dan mulai mempelajari konsep-konsep yang akan diterapkan.
- B. Mengikuti pelatihan dan seminar yang berkaitan dengan kurikulum baru agar siap menerapkannya di kelas.
- C. Berdiskusi dengan rekan sejawat tentang tantangan yang mungkin muncul dan mencari cara untuk mengatasinya bersama.
- D. Mengumpulkan materi dan sumber daya yang relevan agar dapat mendukung proses pembelajaran sesuai kurikulum baru.
- E. Menyusun rencana pembelajaran yang fleksibel agar siap menghadapi perubahan kurikulum dengan lebih baik.