Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Tryout Soal UKPPPG IPA Piloting PPG Guru Tertentu 2024


Berikut Kunci Jawaban Soal Tryout UKPPPG IPA piloting PPG Guru tertentu:

Untuk mendownload materi ini silakan klik (Disini).

1. Perhatikan alat dan bahan berikut!



        
 


(Sumber: https://www.tokopedia.com) 

Ibu Sayuti menginginkan siswanya melakukan praktikum dengan peralatan di atas secara berkelompok. Strategi pengelolaan kegiatan yang tepat supaya siswa mencapai tujuan pembelajaran "dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi laju fotosintesis" adalah ....

A. mendemonstrasikan pembuatan rangkaian Ingenhouze dan meletakkannya di beberapa tempat yang intensitas cahayanya berbeda
B. membagi tugas untuk membuat rangkaian Ingenhouze dan meletakkannya di beberapa tempat yang intensitas cahayanya berbeda
C. membagi tugas melakukan uji amilum sesuai tahapan uji Sach dari sampel daun yang berfotosintesis pada intensitas cahaya berbeda
D. mendemonstrasikan pelaksanaan uji amilum sesuai tahapan uji Sach dari sampel daun yang berfotosintesis pada intensitas cahaya berbeda
E. membagi tugas untuk membuat rangkaian Ingenhouze dan meletakkannya di satu tempat yang cahayanya paling kuat

2. Perhatikan gambar berikut!
 









(Sumber: https://roboguru.ruangguru.com)

Bapak guru Rahman menginginkan siswanya melakukan praktikum dengan peralatan di atas secara berkelompok. Rumusan indikator yang tepat yang mencerminkan siswa dapat menyelidiki bahwa warna cahaya adalah faktor yang mempengaruhi kecepatan fotosintesis tanpa terjadi kecelakaan kerja yang berarti adalah ....

A. mendemonstrasikan pelaksanaan uji amilum sesuai tahapan uji Sach dari sampel daun yang berfotosintesis pada warna cahaya sama, hanya dilakukan guru dan para siswa supaya aman hanya melihat dan mengamati saja
B. membagi tugas melakukan uji amilum sesuai tahapan uji Sach dari sampel daun yang berfotosintesis pada warna cahaya sama, dipandu lembar kerja siswa yang memberikan panduan penggunaan peralatan secara tepat
C. membagi tugas melakukan uji amilum sesuai tahapan uji Sach dari sampel daun yang berfotosintesis pada warna cahaya berbeda, dipandu lembar kerja siswa yang memberikan panduan penggunaan peralatan secara tepat
D. mendemonstrasikan pelaksanaan uji amilum sesuai tahapan uji Sach dari sampel daun yang berfotosintesis pada warna cahaya berbeda, hanya dilakukan guru dan para siswa supaya aman hanya melihat dan mengamati saja
E. membagi tugas melakukan uji amilum sesuai tahapan uji Sach dari sampel daun yang berfotosintesis pada intensitas cahaya berbeda, dipandu lembar kerja siswa yang memberikan panduan penggunaan peralatan secara tepat

3. Salah satu capaian pembelajaran IPA fase D adalah “Peserta didik memiliki keteguhan dalam mengambil keputusan yang benar untuk menghindari zat aditif dan adiktif yang membahayakan dirinya dan lingkungan”.

Pak Edi akan mengajar di kelas 9A dimana beberapa orang peserta didik cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran. Mereka jarang berpartisipasi dalam diskusi, malas-malasan ketika mengerjakan prosedur eksperimen dan terlihat tidak fokus selama pembelajaran berlangsung. Untuk memfasilitasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, Pak Edi menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dimana peserta didik bekerja dalam kelompok yang terdiri dari 4 orang. Manakah pernyataan berikut yang benar berdasarkan kasus di atas?

A. Pembelajaran berbasis masalah tidak tepat diterapkan untuk peserta didik yang pasif.
B. Peserta didik sebaiknya dikelompokkan secara heterogen berdasarkan keaktifannya.
C. Peserta didik yang pasif sebaiknya diberi tugas khusus dalam kelompok.
D. Peserta didik sebaiknya dikelompokkan secara homogen berdasarkan minat belajar.
E. Peserta didik yang aktif dibatasi dalam menyampaikan pendapatnya saat diskusi.

4. Bu Etty mengajar di kelas 7D dengan karakteristik siswa yang beragam termasuk beberapa siswa yang sangat aktif dan impulsif dan beberapa orang siswa yang sangat pasif. Rumusan tujuan pembelajaran yang telah dibuat Bu Etty adalah sebagai berikut: 

"Setelah melakukan percobaan, siswa dapat menganalisis komponen penyusun campuran sederhana dengan benar." 

Bu Etty ingin melangsungkan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa di atas. Berikut adalah langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan Bu Etty:
1. Melakukan ice breaking untuk menarik perhatian siswa.
2. Memotivasi siswa tentang pentingnya mempelajari konsep pemisahan campuran
3. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
4. Mengelompokkan siswa ke dalam kelompok kecil yang heterogen
5. Memberikan penjelasan singkat tentang campuran dan komponennya
6. Membagikan LKPD dan menjelaskan langkah-langkah percobaan 

Klik pilihan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan yang sesuai! 

Pernyataan

Benar

Salah

Siswa dibagi ke dalam kelompok kecil yang heterogen.

v

 

Siswa impulsif dimasukkan dalam kelompok yang sama.

 

v

Siswa impulsif tidak dilibatkan dalam kegiatan yang bersifat motorik.

 

v

Setiap siswa dipastikan terlibat dalam kegiatan percobaan.

v

 

Siswa yang pasif diberi tugas memimpin diskusi kelompok.

 

v


5. Aktivitas peserta didik pada pembelajaran IPA dituntut dalam menyampaikan ide atau gagasan untuk melakukan efisiensi pemakaian energi listrik dalam kehidupan sehari-hari, sebagai solusi dari kebutuhan dan penghematan energi listrik. Pembelajaran IPA tersebut sangat diperlukan di abad ke-21 ini. Tujuan pembelajaran IPA yang relevan untuk melatihkan kecakapan tersebut adalah… 

A. mengomunikasikan hasil pemikiran tentang sumber energi dan penghematan energi listrik 
B. menghitung daya listrik total untuk solusi penghematan energi yang ada di rumah 
C. mengidentifikasi besaran listrik untuk penghematan energi yang ada di rumah 
D. menjelaskan jenis-jenis sumber listrik untuk efisiensi energi listrik 
E. membedakan arti daya dan energi listrik dalam perhitungan rekening listrik di rumah

6. Pak Rendy sedang membuat rencana pembelajaran tentang pembuatan magnet dengan cara induksi elektromagnetik. Apersepsi yang paling tepat dilakukan Pak Rendy adalah menggali pengetahuan awal siswa terkait .... 

A. rangkaian lisrik dan sifat-sifat magnet 
B. rangkaian listrik dan medan magnet 
C. rangkaian listrik dan medan listrik 
D. medan listrik dan medan magnet 
E. medan listrik dan kuat arus Listrik

7. Bu Alya seorang guru IPA merencanakan pembelajaran discovery pada materi pencemaran udara yang disesuaikan dengan lingkungan sekolah gersang. Ia harus merumuskan konsep capaian pembelajaran yang paling sesuai dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran ini. Berikut ini beberapa langkah kerja ilmiah pada penerapan model pembelajaran tersebut : 
1). Pemberian rangsangan 
2). Identifikasi masalah 
3). Pengelompokkan peserta didik 
4). Pengumpulan data 
5). Pengolahan data 
6). Penentuan tema 
7). Pembuktian data 
8). Trianggulasi data 
9). Menarik simpulan 

Langkah kerja yang BUKAN merupakan bagian dari pembelajaran discovery adalah .... 
A. 1), 2) dan 3) 
B. 1), 3) dan 4) 
C. 3), 6) dan 8) 
D. 2), 3) dan 6) 
E. 6), 8) dan 9)

8. Sekolah Pak Sulaiman berada di dekat lokasi persawahan. Pada pertemuan awal bulan Juni Pak Sulaiman ingin membelajarkan siswanya tentang konsep individu, populasi dan komunitas. Pernyataan berikut yang tepat menggambarkan kepiawaian pemilihan sumber belajar oleh Pak Sulaiman adalah mengajak siswa mengamati ...

A. seekor tikus menggambarkan individu, sekumpulan rumpun padi menggambarkan komunitas, kumpulan beberapa tikus dan rumpun padi di sawah adalah contoh populasi
B. seekor tikus menggambarkan populasi, sekumpulan ilalang menggambarkan individu, kumpulan beberapa ekor tikus yang sedang menyantap kelapa adalah contoh komunitas.
C. tikus menggambarkan individu, sekumpulan rumput ilalang menggambarkan komunitas, kumpulan beberapa ular yang sedang menyantap tikus adalah contoh komunitas.
D. seekor tikus menggambarkan individu, sekumpulan rumpun padi menggambarkan populasi, kumpulan beberapa tikus dan rumpun padi di sawah adalah contoh komunitas.
E. seekor tikus menggambarkan individu, sekumpulan rumpun padi menggambarkan populasi, kumpulan beberapa tikus di lumbung dan rumpun padi di sawah adalah contoh komunitas.

9. Tujuan pembelajaran IPA yang dituliskan guru pada awal kegiatan pembelajaran sebagai berikut "Melalui eksperimen, peserta didik dapat menyelidiki pengaruh besar gaya dan luas penampang benda pada besarnya tekanan

Sumber belajar yang relevan digunakan guru adalah ... 

A. bahan ajar materi tekanan sebagai bahan bacaan peserta didik 
B. artikel ilmiah tentang tekanan sebagai bahan informasi peserta didik 
C. video fenomena alam sebagai bahan observasi peserta didik 
D. LKPD tentang materi tekanan yang berorientasi model pembelajaran inkuiri 
E. LKPD tentang materi tekanan yang berorientasi model pembelajaran langsung

10. Perhatikan rumusan tujuan pembelajaran berikut: 

Setelah melakukan diskusi kelompok, peserta didik dapat menjelaskan gangguan kesehatan yang diakibatkan konsumsi zat aditif pada makanan yang berlebihan. 

Sumber belajar yang ditugaskan kepada siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran di atas adalah:
  1. Video youtube tentang kasus keracunan makanan akibat penggunaan zat pengawet yang berlebihan
  2. Buku teks IPA kelas 9 bab tentang zat aditif pada makanan 
Berdasarkan relevansi dan aksesibilitasnya, apakah kedua sumber belajar di tersebut sudah tepat? 
A. Ya karena keduanya sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 
B. Ya karena keduanya sesuai dengan metode diskusi dan mudah diperoleh siswa. 
C. Ya untuk video Youtube, tidak untuk buku siswa karena tidak kontekstual. 
D. Ya untuk buku siswa, tidak untuk video youtube karena tidak dapat dipercaya. 
E. Ya untuk buku siswa, tidak untuk video youtube karena bersifat tidak resmi.

11. Dalam proses pembelajaran IPA materi perubahan energi listrik menjadi panas pada eksperimen mendidihkan air dengan elemen pemanas, peserta didik dituntut dapat berpikir kritis dengan kemampuan berhipotesis, menganalisis dan membuat kesimpulan. Jika guru dalam pembelajarannya menggunakan pendekatan keterampilan proses sains terintegrasi, maka variabel yang sesuai adalah ... 

A. variabel bebas: tegangan listrik, variabel terikat: perubahan suhu air 
B. variabel bebas: hambatan listrik, variabel terikat: perubahan suhu air 
C. variabel bebas: daya listrik, variabel terikat: perubahan suhu air 
D. variabel bebas: tegangan listrik, variabel terikat: perubahan massa air 
E. variabel bebas: tegangan listrik, variabel terikat : perubahan volume air

12. Pak Andi ingin membelajarkan siswanya tentang konsep makanan sehat dan seimbang. Pak Andi merasa bingung dalam memilih media yang dapat menyampaikan konsep secara tepat sekaligus menumbuhkan kreativitas pada siswa. Hal yang tepat untuk Anda sarankan pada Pak Andi adalah

A. menampilkan video cara pengolahan makanan sehat dan berimbang dan menuliskan resumenya.
B. menggunakan gambar bahan-bahan makanan dan meminta siswa menyusunnya menjadi menu makanan sehat dan berimbang.
C. menyajikan sejumlah menu makanan olahan untuk dianalisis para siswa terkait kandungan gizinya.
D. melakukan praktikum analisis kandungan gizi pada berbagai jenis bahan makanan yang lazim dikonsumsi.
E. melakukan identifikasi kandungan gizi yang tertulis pada kemasan pembungkus bahan makanan.

13. Bu Endang merancang pembelajaran zat adiktif dan psikotropika di kelas 7 dengan integrasi teknologi model substitusi. Ia menyusun prosedur pembelajaran sebagai berikut:
  1. Siswa diberikan bahan bacaan tentang jenis-jenis zat adiktif dan psikotropika melalui link penyimpanan file daring untuk mengakses file pdf.
  2. Pada platform quiz Siswa diminta untuk menjawab soal-soal latihan terkait bahan bacaan yang telah diberikan.
  3. Dalam kelompok, siswa diminta untuk membuat poster persuatif untuk menghindari penggunaan zat adiktif dan psikotropika menggunakan platform canva. 
Jika Bu Endang ingin mengembangkan kemampuan siswa dalam bernalar kritis, perbaikan apa saja yang perlu ia lakukan? 
Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (√)! 
Jawaban benar dapat lebih dari satu. 

A. Bahan bacaan elektronik sebaiknya tidak berupa file pdf melainkan video yang menarik. 
B. Bahan elektronik pertama sebaiknya bukan paparan materi melainkan masalah/kasus kecanduan narkoba.
C. Siswa sebaiknya diberi kesempatan untuk merumuskan masalah/mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi yang bersifat kontekstual. 
D. Media yang digunakan untuk membuat poster sebaiknya merupakan media yang lebih bersifat manual agar kreativitas siswa terlatih. 
E. Poster yang telah dibuat sebaiknya dibagikan oleh siswa melalui media sosial.

14. Pak Erwin mengajar materi asam dan basa di kelas 9 dengan rumusan tujuan pembelajaran sebagai berikut: 
"Melalui kegiatan praktikum, siswa dapat mengencerkan larutan asam dan larutan basa dengan konsentrasi 0.05 M dari larutan asam dan larutan basa 0.1 M dengan ketepatan ±0.01M." 
Manakah deskripsi kerja yang TIDAK perlu diukur Pak Erwin untuk mengevaluasi pencapaian tujuan di atas? 

A. Persiapan alat dan bahan. 
B. Ketepatan dalam mengukur volume larutan. 
C. Teknik mencampur larutan. 
D. Ketepatan dalam menimbang larutan. 
E. Ketepatan penggunaan alat.

15. Kompetensi dalam pembelajaran IPA materi sifat bahan konduktor yang harus dicapai pada dasarnya ada tiga komponen di antaranya sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dalam pembelajarannya Bu Dina menginginkan siswanya mencapai kompetensi sikap: dengan melakukan kerjasama dalam percobaan; komponen pengetahuan: menjelaskan sifat bahan konduktor listrik yang baik; dan komponen keterampilan: dapat melakukan penyelidikan sifat bahan konduktor listrik yang baik. Berikut ini adalah teknik penilaian yang sesuai untuk tiga kompetensi di atas secara berurutan adalah... 

A. observasi, tes kinerja, tes kinerja 
B. tes tertulis, observasi, tes kinerja 
C. observasi, tes tertulis, observasi 
D. observasi, tes tertulis, tes tertulis 
E. observasi, tes tertulis, tes kinerja

16. Bu Agni mengajar materi pemisahan campuran sederhana di kelas 7. Ia menggunakan model pembelaiaran berbasis provek nembuatan alat filtrasi air. Berikut rubrik evaluasi berbasis proyek yang dibuat Bu Agni. 
Berdasarkan rubrik evaluasi tersebut, adakah bagian yang kurang memadai? Jika ada, bagaimana meningkatkan kualitas rubrik evaluasi tersebut? 

A. Tidak. Rubrik di atas sudah sesuai dengan kaidah evaluasi yang berpusat pada peserta didik, serta secara detail menampilkan tingkat capaian prestasi untuk setiap kriteria. 
B. Ya. Rubrik di atas belum memuat penilaian untuk presentasi proyek yang merupakan bagian yang penting dalam pembelajaran berbasis proyek. 
C. Ya. Penilaian untuk kriteria pengembangan produk dapat dibuat lebih rinci lagi menjadi beberapa kriteria seperti desain dan kontruksi alat. 
D. Ya. Penskoran atau penilaian sebaiknya tidak menggunakan skala 1-4 melainkan menggunakan skala 0 - 100 agar sesuai dengan penginputan nilai di rapor.
E. Tidak. Rubrik penilaian tersebut sudah bersifat objektif dan mengukur kemampuan siswa dalam pembelajaran berbasis proyek secara komprehensif.

17. Pada pembelajaran materi suhu dan kalor, Bu Hanun menggunakan pendekatan saintifik dengan metode eksperimen dan diskusi. Berikut adalah data hasil ulangan harian, dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70. 

A

55

B

80

C

60

D

65

E

70

F

85


Alternatif tindakan Bu Hanun untuk siswa A, C, dan D yang paling tepat adalah ... 

A. dilakukan tes ulang dengan soal berbeda 
B. diberikan pembelajaran remedial 
C. diberikan tugas-tugas pengayaan 
D. dilakukan tes ulang dengan soal sama 
E. dilakukan tes ulang dengan soal lebih mudah

18. Setelah masa Penilaian Akhir Semester pelajaran IPA berakhir, Ibu Amelia melakukan analisis hasil asesmen para siswanya. Bu Amelia mendapatkan sebagian kecil siswanya mendapatkan nilai di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), pada topik sistem sirkulasi dan sebagian besar mendapatkan nilai di atas KKM. Bu Amelia ingin membuat laporan hasil belajar tersebut. Berikut adalah komponen yang harus ada dalam laporan hasil belajar terkait topik sistem sirkulasi para siswanya.

Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (√)! Jawaban benar lebih dari satu.

A. Informasi ranking siswa yang dinilai dari penguasaan konsep sistem sirkulasi. 
B. Penjelasan lengkap siswa yang dinilai terkait aktivitas pembelajaran sistem sirkulasi yang terdiri dari praktikum dan teori. 
C. Catatan perkembangan siswa hasil belajar siswa pada sub topik sistem sirkulasi. 
D. Rekomendasi untuk peningkatan prestasi yang lebih maksimal pada topik sistem sirkulasi. 
E. Pandangan guru terhadap siswa yang dinilai dalam melakukan praktikum dan belajar sistem sirkulasi.

19. Menjelang kenaikan kelas, Bu Amelia harus mengomunikasikan laporan hasil belajar siswa terkait keterampilan saat melakukan presentasi hasil kerja kelompok berupa poster menjaga kesehatan pernapasan yang telah disusunnya kepada berbagai pihak yang memerlukan. Berikut adalah cara yang dapat ditempuh oleh Bu Amelia. 

Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (√)! 
Jawaban benar dapat lebih dari satu.

A. Pendekatan pribadi dengan siswa karena lebih akrab dan saling terbuka sehingga mudah menyampaikan kekurangan saat presentasi yang harus diperbaiki. 
B. Pertemuan guru penilai dengan orangtua siswa supaya orang tua tahu keterampilan anaknya dalam presentasi. 
C. Pencantuman secara tertulis di media cetak popular supaya dapat diketahui masyarakat umum tentang kemampuan presentasi siswa dan cara menjaga kesehatan pernapasan. 
D. Tertulis sebagai raport hasil belajar siswa yang diberikan ke orangtua/wali karena orangtua ikut bertanggungjawab dalam mengembangkan keterampilan berpresentasi anaknya yang mendukung kehidupan sosialnya. 
E. Saat kenaikan kelas/wisuda siswa karena siswa dan orangtua hadir bersamaan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi terkait kemampuan presentasi para siswa.

20. Dalam pembelajaran IPA pokok bahasan Hukum Archimedes, seorang guru memberikan tugas pada peserta didik menyelidiki fenemona benda terapung, melayang, dan tenggelam. Guru memberikan kesempatan untuk mencari ide pada peserta didik melakukan eksperimen untuk menentukan massa jenis benda, dengan melakukan pengukuran massa dan volume benda. Tujuan pembelajaran IPA yang paling sesuai adalah ...

A. melalui diskusi, peserta didik memberikan usulan kreatif dalam pengukuran massa dan volume benda 
B. setelah melakukan eksperimen, peserta didik dapat menjelaskan cara mengukur massa dan voleme benda 
C. melalui diskusi, peserta didik dapat memberikan usulan kritis dalam melakukan pengukuran massa dan volume benda 
D. setelah melakukan demontrasi, peserta didik dapat melakukan pengukuran massa dan volume benda 
E. setelah eksperimen, peserta didik menghitung ketelitian dalam melakukan pengukuran massa dan volume benda

21. Sistem ekskresi pada manusia termasuk konsep yang kompleks dan sulit diindera. Pada minggu ketiga Bu Ida ingin meningkatkan kreativitas siswanya menggunakan sarana materi sistem ekskresi pada manusia. Tujuan pembelajaran yang relevan yang harus dicapai siswa adalah …

A. Melalui tayangan video proses pembentukan urin pada ginjal, siswa dapat membuat skema proses pembentukan urin yang tepat. 
B. Melalui penggunaan puzzle proses pembentukan urin pada ginjal, siswa terampil menyusun potongan puzzle menjadi gambar utuh yang tepat. 
C. Melalui torso sistem ekskresi pada ginjal, siswa dapat menjelaskan proses pembentukan urin dengan tepat. 
D. Melalui bahan bacaan yang diberikan siswa dapat menjawab pertanyaan tentang proses pembentukan urin dengan tepat. 
E. Melalui tayangan audio tentang proses pembentukan urin, siswa dapat menjawab pertanyaan yang diberikan secara tepat.

22. Materi zat adiktif dan psikotropika memuat konsep-konsep yang erat kaitannya dengan kehidupan siswa. Melalui materi ini siswa dapat dilatih untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis mereka.

Manakah di antara rumusan tujuan pembelajaran berikut yang paling sesuai dengan karakteristik materi zat adiktif dan psikotropika untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa?

A. Setelah mempelajari bahan ajar elektronik tentang jenis-jenis zat adiktif dan psikotropika, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis zat adiktif dan penggolongannya dengan tepat. 
B. Setelah melakukan diskusi kelompok tentang solusi kreatif untuk menanggulangi penyalahgunaan narkoba, peserta didik dapat mengevaluasi efektivitas dari solusi tersebut. 
C. Setelah mempelajari kasus-kasus nyata tentang penyalahgunaan zat adiktif dan psikotropika, peserta didik dapat menuliskan sejumlah bahaya yang diakibatkan penyalahgunaan narkoba. 
D. Setelah membaca teks berita tentang kasus penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah, peserta didik dapat memberikan contoh zat yang bersifat adiktif. 
E. Setelah membaca komik tentang zat adiktif dan psikotropika, peserta didik dapat menjelaskan klasifikasi zat adiktif berdasarkan efeknya.

23. Perhatikan tujuan pembelajaran berikut "menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya gaya listrik statis antarmuatan melalui penyelidikan ilmiah". Pendekatan keterampilan proses sains terintegrasi yang paling tepat dalam pembelajaran supaya para siswa dapat mencapai tujuan tersebut adalah ... 

Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (√)! 
Jawaban benar dapat lebih dari satu. 

A. mengidentifikasi jenis variabel pada konsep gaya listrik statis. 
B. melakukan observasi besaran pada konsep gaya listrik statis. 
C. membuat rumusan masalah pada konsep gaya listrik statis. 
D. mengklasifikasi besaran pada konsep gaya listrik statis. 
E. membuat hipotesis pada konsep gaya listrik statis.

24. Manakah di antara sarana/prasarana berikut yang tepat untuk membelajarkan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan untuk siswa SMP? 

Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (√)! 
Jawaban benar dapat lebih dari satu. 

A. Video pertumbuhan kecambah kacang hijau. 
B. Rangkaian gambar polinasi dan fertilisasi tumbuhan. 
C. Hasil pengukuran panjang tanaman dari percobaan. 
D. Puzzle polinasi dan fertilisasi tumbuhan. 
E. Spesimen asli tumbuhan sejenis pada berbagai umur.

25. Bu Triani mengajar materi asam dan basa di kelas 9B dimana 20% siswa berada pada tingkat pemahaman tinggi, 50% siswa berada pada tingkat pemahaman sedang, dan 30% berada pada tingkat pemahaman rendah. 

Strategi manakah paling tepat untuk membelajarkan konsep asam dan basa yang berdiferensiasi berdasarkan keragaman tingkat pemahaman siswa? 

A. Memberikan tugas yang sama pada semua siswa agar pembelajaran memenuhi prinsip keadilan dan kesetaraan untuk seluruh siswa. 
B. Memberikan kebebasan pada siswa kelompok pemahaman tinggi untuk memilih metode pembelajaran sesuai pilihan dan minat masing-masing siswa. 
C. Memberikan bimbingan tambahan kepada siswa dengan tingkat pemahaman rendah untuk mengatasi kesulitan spesifik yang dialami siswa. 
D. Menambahkan materi yang lebih rumit kepada siswa kelompok rendah untuk melatih kemampuan mereka dalam memahami materi sehingga dapat mengejar ketertinggalan. 
E. Memberikan masalah kontekstual yang relevan untuk siswa kelompok rendah dan kelompok tinggi dalam satu kelompok agar terjadi tutor sebaya.

26. Pak Rahman telah melakukan tes diagnosis terkait gaya belajar para siswanya. Hampir semua siswa Pak Rahman mempunyai gaya belajar kinestetik. Pada saat membelajarkan kandungan gizi pada berbagai ragam bahan makanan, kegiatan yang paling tepat dilakukan oleh Pak Rahman adalah …

A. menyajikan media audio-visual yang menampilkan gambar bahan makanan yang disertai audio yang menceritakan kandungan gizinya. 
B. menyajikan kartu gambar-gambar ragam berbagai bahan makanan dan informasi kandungan gizinya untuk dibaca siswa. 
C. mengajak siswa melakukan percobaan uji kandungan gizi pada berbagai ragam bahan makanan. 
D. memberikan bacaan kepada siswa terkait ragam bahan makanan dengan kandungan gizi masing-masing dan siswa membuat resume. 
E. memberi tugas kepada siswa untuk mendengarkan audio terkait informasi gizi yang dikandung pada berbagai bahan makanan.

27. Pada pembelajaran materi gelombang, mayoritas peserta didik Bu Risma cenderung senang bekerjasama dengan teman dan menganalisis informasi konsep gelombang. Keterampilan yang sesuai pada peserta didik saat proses pembelajaran adalah ....

Klik pilihan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan yang sesuai!

Pernyataan

Benar

Salah

berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA

berkomunikasi dalam pembelajaran IPA

berkolaborasi dalam pembelajaran IPA

berdiskusi dalam pembelajaran IPA

berpikir kritis dalam pembelajaran IPA


28. Dalam pembelajaran metamorphosis terdapat sejumlah fenomena yang dapat diintegrasikan dengan budaya dan keyakinan siswa. Tentukan benar atau salah pernyataan integrasi berikut ini dengan cara membubuhkan tanda contreng!

Klik pilihan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan yang sesuai!

Pernyataan

Benar

Salah

Ulat menyimbolkan bahwa manusia harus banyak mendapatkan asupan gizi supaya cepat tumbuh dan berkembang.

Kepompong menyimbolkan masa bersemedi dan bertobat setelah masa bersenang-senang supaya mendapatkan kebaikan dikemudian hari.

Proses keluarnya kupu-kupu dari kepompong yang sulit menggambarkan perjuangan yang keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Matinya kupu-kupu setelah melakukan reproduksi menggambarkan bahwa tugas dalam kehidupan adalah menjaga kelestarian keturunannya.

 

Perubahan bentuk yang drastis pada metamorphosis kupu-kupu menggambarkan bahwa seiring dengan perkembangan waktu manusia harus berubah sesuai situasi dan kondisi.

 


29. Kelas 9D adalah kelas unggulan yang terdiri dari sebagian besar siswa cerdas dan berprestasi. Namun, siswa-siswa tersebut memiliki minat belajar yang beragam. Sebanyak 30% siswa memiliki minat pada pembelajaran interaktif yang melibatkan diskusi dan curah pendapat. 30% siswa lainnya memiliki minat pada pembelajaran yang melibatkan pemikiran analitis, kritis dan mendalam. Sedangkan sisanya, 60% siswa memiliki minat pada pembelajaran yang bersifat kreatif, melibatkan imajinasi dan ide-ide yang unik. 

Klik pilihan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan yang sesuai!

Pernyataan

Benar

Salah

Siswa pada kelas tersebut tidak dikatakan berdiferensiasi karena semuanya merupakan siswa cerdas dan berprestasi.

Siswa yang memiliki minat pada pembelajaran analitis tidak bisa dikelompokkan bersama dengan siswa dengan minat kreatif.

Ketiga kelompok siswa dengan minat berbeda dapat bekerja sama dalam grup yang sama untuk saling melengkapi.

Pembelajaran berbasis proyek dapat diterapkan dalam kelas tersebut untuk mengakomodasi ketiga minat yang berbeda.

Siswa dengan minat pada pembelajaran interaktif tidak dapat diberi tugas yang menuntut kemampuan analitis kritis.


30. Sekolah tempat anda mengajar menerapkan prinsip pendidikan inklusif. Pada salah satu kelas terdapat seorang siswa tuna netra dengan kebutaan total. Berikut adalah pernyataan yang benar jika anda mengajar konsep dasar atom di kelas tersebut.

Klik pilihan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan yang sesuai!

Pernyataan

Benar

Salah

Anda memperlakukan siswa tuna netra sama dengan perlakuan terhadap siswa lainnya untuk menjaga perasaan siswa tersebut.

Anda selalu melibatkan siswa tuna netra dalam setiap tahap kegiatan pembelajaran yang telah disusun dalam modul ajar.

Anda menggunakan buku teks dengan huruf braile khusus untuk siswa tuna Netra tersebut sedangkan siswa lain buku teks biasa.

Anda memberikan rekaman audio penjelasan tentang konsep dasar atom agar siswa memahami deskripsi konsep.

Anda memberikan model tiga dimensi yang dapat diraba agar siswa tersebut menggunakan indra peraba untuk memahami materi.


31. Jumlah siswa di kelas Bu Rahmi sebanyak 25 orang, 5 diantara mereka merupakan siswa berkebutuhan khusus. Pada pertemuan minggu ke-5 Bu Rahmi membelajarkan siswanya terkait keragaman hayati. Strategi pembelajaran yang tepat oleh Bu Rahmi supaya semua kebutuhan siswa termasuk siswa inklusif terpenuhi adalah melakukan pembelajaran secara ...

A. klasikal menggunakan model hewan dan tumbuhan, supaya semua siswa mendapatkan perlakuan yang sama, adil dan merata
B. berkelompok homogen mempelajari model hewan dan tumbuhan, supaya kemampuan akademik dalam kelompok berimbang
C. klasikal dengan menampilkan model hewan dan tumbuhan supaya kemampuan akademik dan emosional siswa di kelas berimbang
D. berkelompok heterogen mempelajari model hewan dan tumbuhan, supaya kemampuan akademik dalam kelompok berimbang
E. berkelompok heterogen mempelajari model hewan dan tumbuhan, supaya terjadi transfer pengetahuan keterampilan dan sikap yang tepat

32. Pak Armanto sedang melakukan pembelajaran IPA materi perubahan energi dengan mengimplementasikan model pembelajaran Project Based Learning/PjBL di kelas. Kegiatan yang harus dilakukan Pak Armanto pada dua fase awal model pembelajaran tersebut adalah... 

Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (√)! 
Jawaban benar dapat lebih dari satu. 

A. meminta kelompok untuk presentasi hasil, guru memberikan umpan balik dan penguatan. 
B. meminta kelompok untuk presentasi hasil, guru memberikan umpan balik dan penguatan. 
C. guru memberikan umpan balik, memberi kesempatan kelompok lain untuk mendengarkan saja. 
D. meminta kelompok untuk menetapkan tema proyek yang relevan. 
E. meminta kelompok untuk menetapkan konteks belajar dan menyiapkan alat serta membuat jadwal proyek.

33. Berikut adalah pernyataan indikator asesmen "menjelaskan proses beredarnya darah di tubuh manusia". Konten materi ajar yang relevan dengan indikator tersebut adalah ... 

Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (√)! 
Jawaban benar lebih dari satu. 

A. penyakit dan gangguan sistem sirkulasi. 
B. organ-organ sistem sirkulasi. 
C. fungsi masing-masing organ sistem sirkulasi. 
D. pencegahan dan pengobatan gangguan dan penyakit sistem sirkulasi. 
E. teknologi baru pengobatan gangguan dan penyakit sistem sirkulasi.

34. Bu Aliyah sebagai guru IPA akan menetapkan pembelajaran berbasis masalah pada materi gelombang bunyi agar peserta didik kemampuan kinestetiknya meningkat. Pernyataan benar yang mendukung terhadap pencapaian tersebut adalah ... 

Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (√)! 
Jawaban benar dapat lebih dari satu. 

A. dengan memberikan tugas pemecahan masalah yang melibatkan eksperimen langsung dengan gelombang bunyi. 
B. dengan memberikan tugas mendengarkan presentasi guru tentang gelombang bunyi. 
C. dengan memberikan tugas tertulis yang mendalam tentang teori gelombang bunyi. 
D. dengan memberikan tugas memahami konsep gelombang bunyi melalui diskusi kelas. 
E. dengan memberikan tugas mempelajari teori gelombang bunyi secara mandiri.

35. Salah satu kompetensi literasi sains yang harus dimiliki siswa adalah menafsirkan data dan bukti secara ilmiah. Kompetensi ini dapat dicapai salah satunya melalui kemampuan siswa dalam mengubah data dari satu representasi ke representasi lainnya. Anda mengajarkan konsep perubahan fisika dan perubahan kimia melalui metode eksperimen seperti pada gambar berikut.


Data hasil eksperimen menjadi bahan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam mengubah bentuk representasi data. Jika hasil eksperimen direkam siswa seperti pada gambar di atas, manakah representasi yang anda harapkan kemudian? 

A. Tabel ciri-ciri perubahan yang terjadi pada kertas yang dibakar dan es yang dipanaskan. 
B. Grafik jumlah gas CO, dari pembakaran kertas dan volume es yang mencair. 
C. Gambar molekul kertas yang mengalami pembakaran dan molekul air yang mencair. 
D. Persamaan reaksi kimia pembakaran kertas dan proses es menjadi air. 
E. Diagram perubahan fasa pada es mencair dan perubahan struktur kimia kertas.

36.  Anda adalah seorang guru IPS SMP yang memiliki 1 orang anak yang bersekolah di PAUD. Hari ini Anda memiliki jam mengajar pada pukul 07.00 sampai dengan pukul 09.30. Selain itu, Anda juga diundang mengikuti pertemuan koordinasi di Dinas Pendidikan yang waktu tempuhnya 10 menit dari sekolah, mulai pukul 09.00. Anak Anda akan mengikuti lomba menari hari ini pada pukul 08.00, sedangkan pasangan Anda sedang dinas luar kota. Terdapat beberapa alternatif keputusan yang akan Anda rangkai sebagai berikut:

  1. mempersiapkan segala sesuatu untuk anak Anda dan mendampinginya saat lomba
  2. mempersiapkan segala sesuatu untuk anak Anda dan mengantar sampai ke sekolah
  3. melakukan pembelajaran IPS mulai 07.00 sampai dengan 09.30
  4. melakukan pembelajaran IPS mulai pukul 07.00 sampai dengan 08.50 dilanjutkan pembimbingan oleh guru piket
  5. meminta guru piket untuk mengganti pembelajaran IPS oleh guru piket
  6. mengikuti pertemuan koordinasi di Dinas Pendidikan mulai pukul 09.00
  7. mengikuti pertemuan koordinasi di Dinas Pendidikan mulai pukul 09.40 dengan ijin terlambat
Rangkaian keputusan yang akan Anda ambil adalah ....
  • 2, 4, 6
  • 2, 3, 7
  • 1, 5, 7
  • 2, 4, 7
  • 1, 5, 6

37. Seorang peserta didik di kelas Anda tertangkap menyontek saat ujian. Peserta didik tersebut mengaku melakukannya karena khawatir jika mendapatkan nilai jelek maka orang tuanya akan memberi hukuman. Tindakan yang harus Anda ambil untuk menangani situasi ini adalah...

  • memberikan nilai nol pada ujian tersebut dan tidak membahas lebih lanjut.
  • memberikan hukuman kepada peserta didik tersebut agar dia jera.
  • memanggil orang tua dan memberikan teguran atas tekanan berlebih yang diberikan kepada anaknya.
  • mengabaikan kejadian ini dan memberikan kesempatan kedua tanpa konsekuensi.
  • mengajak peserta didik tersebut berdiskusi secara pribadi, memberikan nasihat dan konsekuensi.

38. Beberapa siswa di kelas Anda tampak kesulitan mengikuti pelajaran dan sering kali tidak mengerjakan tugas dengan benar. Anda ingin mengetahui penyebab utama dari masalah ini dan mencari solusi yang efektif. Tindakan yang harus Anda ambil adalah

  • memberikan nilai rendah kepada siswa yang tidak mengerjakan tugas dengan benar sebagai peringatan.
  • memotivasi siswa untuk lebih keras belajar dan menyelesaikan tugas.
  • memberikan lebih banyak tugas untuk mengukur kemampuan siswa secara teratur.
  • mengamati perilaku siswa selama pelajaran untuk mencari pola kesulitan yang mereka hadapi.
  • menyampaikan penjelasan yang lebih panjang dan rinci tentang materi pelajaran dan tugasnya.

39. Saat Anda sedang melakukan pembelajaran geografi, seorang peserta didik tiba-tiba menginterupsi dengan mengatakan bahwa pembelajaran Anda membosankan dan membuatnya mengantuk. Peserta didik yang lainnya tampak terpengaruh oleh pernyataan ini dan mulai terlihat gelisah. Respon Anda terkait hal ini adalah ...

  • menggunakan kesempatan ini untuk membuka diskusi kelas sejenak tentang metode pembelajaran geografi yang mereka sukai.
  • menghentikan pelajaran sejenak dan meminta peserta didik tersebut untuk menjelaskan apa yang menurutnya lebih menarik dan efektif.
  • mengabaikan komentar peserta didik tersebut dan Pak Arbes melanjutkan pembelajaran geografi sesuai Modul Ajar yang telah dibuatnya.
  • meminta peserta didik tersebut untuk berbicara dengan Pak Arbes tentang keluhannya setelah pembelajaran geografi.
  • menegur peserta didik tersebut di depan kelas agar tidak mengganggu proses pembelajaran dan seharusnya bisa lebih sopan dalam mengemukakan pendapatnya.

40. Bu Enno melakukan pembelajaran Fisika kelas XI SMA. Pada saat bu Enno dan siswa sedang fokus pada penjelasan guru, Bu Enno melihat beberapa peserta didik tidak fokus dan mulai saling berbisik-bisik. Bu Enno tahu bahwa ini adalah materi yang penting dan membutuhkan konsentrasi penuh peserta didik agar dapat memahaminya. Tindakan paling tepat yang dapat dilakukan Bu Enno yaitu...

  • berjalan mendekati peserta didik tersebut sambil terus menjelaskan, setelah dekat Bu Enno berbisik kepada mereka untuk mengikuti penjelasan guru
  • Bu Enno fokus pada penjelasan, kemudian memberikan waktu senyap, lalu Bu Enno memperingatkan kepada mereka untuk mengikuti penjelasan guru
  • berjalan mendekati peserta didik tersebut sambil tetap terus menjelaskan, lalu kepada mereka menggunakan isyarat nonverbal untuk mengikuti penjelasan bu Enno
  • berjalan mendekati peserta didik tersebut sambil terus menjelaskan, setelah dekat Bu Enno memperingatkan kepada mereka untuk mengikuti penjelasan guru
  • berjalan mendekati peserta didik tersebut sambil terus menjelaskan, setelah dekat Bu Enno menegur halus kepada mereka untuk mengikuti penjelasan guru

41. Anda memiliki seorang peserta didik yang selalu berjuang dengan kepercayaan dirinya. Peserta didik ini sering merasa ragu dan takut untuk berbicara di depan kelas. sebagai seorang guru Bimbingan dan Konseling tentu Anda ingin membantu siswa ini. Namun Anda tidak memiliki jadwal tatap muka sebagaimana guru mapel lainnya. Dan ketika Anda mendapat kesempatan untuk membantu peserta didik tersebut, Anda juga diminta menjadi perwakilan sekolah pada Sosialisasi Pembentukan Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di tingkat kabupaten. Apa yang Anda lakukan untuk menjalankan dua tugas tersebut dengan optimal?

  • mengikuti pengasan dari sekolah dan meminta guru lain untuk memberikan tugas tambahan presentasi agar siswa tersebut dapat meningkatkan diri.
  • meminta guru lain mewakili sekolah dan fokus memberi kesempatan presentasi sederhana pada siswa tersebut, diberi pujian, lalu pada sesi berikutnya makin kompleks.
  • menunaikan tugas sekolah sebagai TPPK dan menghubungi orang tua siswa dan memintanya untuk menangani masalah ini.
  • mendahulukan penugasan dari sekolah dan mengabaikan hal tersebut, karena itu wajar sebagai bagian dari perkembangan siswa tersebut.
  • menunaikan tugas dari sekolah dan menjadwalkan untuk mengadakan percakapan pribadi dengan siswa tersebut agar memahami penyebab masalah yang dihadapinya dan mencari jalan keluarnya.

42. Sekolah Anda baru saja meluncurkan program kokurikuler baru yang bertujuan meningkatkan keterampilan literasi digital siswa. Namun, beberapa orang tua merasa program ini terlalu menuntut dan tidak sesuai dengan kurikulum utama. Yang akan Anda lakukan untuk mengatasi kekhawatiran orang tua dan memastikan program berjalan lancar adalah

  • mengabaikan kekhawatiran orang tua dan tetap melaksanakan program sesuai rencana
  • mengurangi beban tugas dalam program untuk mengakomodasi keluhan orang tua
  • memberikan pilihan tugas dalam program untuk mengakomodasi keluhan orang tua
  • mengadakan pertemuan dengan orang tua untuk mendiskusikan dan mendapatkan masukan mereka
  • menghapus program tersebut agar tidak menimbulkan konflik lebih lanjut

43. Anda merencanakan kegiatan kelompok dengan menggunakan teknologi komputer untuk mengerjakan proyek mata pelajaran Bahasa Indonesia. Namun, pada hari pelaksanaan, listrik di sekolah mati sehingga komputer sekolah tidak dapat digunakan. Respon Anda terkait hal ini adalah ...

  • meniadakan pembelajaran bahasa Indonesia
  • menggunakan waktu tersebut untuk mengajarkan materi lain
  • membatalkan proyek dan memberikan tugas membaca secara berkelompok
  • mengubah peralatan penyelesaian proyek menjadi menggunakan alat tulis dan kertas
  • menunda proyek hingga listrik kembali menyala

44. Anda diundang sebagai peserta dalam sebuah saresehan yang diadakan oleh organisasi profesi guru. Saresehan tersebut membahas masalah rendahnya minat baca siswa di sekolah. Sebagai peserta, Anda diminta memberikan kontribusi untuk mengatasi masalah ini. Yang akan Anda lakukan untuk memberikan kontribusi yang efektif dalam seminar tersebut adalah

  • menyampaikan pandangan tentang teori-teori yang bertentangan dengan yang disampaikan narasumber terkait peningkatan minat baca
  • menyampaikan hasil observasi Anda terkait strategi yang telah diterapkan teman-teman guru untuk meningkatkan minat baca
  • menyampaikan upaya meningkatkan minat baca berdasarkan kajian pustaka
  • menyampaikan pandangan tentang pembelajaran yang menurunkan minat baca yang dilakukan rekan guru
  • menyampaikan pengalaman pribadi terkait strategi yang telah Anda terapkan untuk meningkatkan minat baca

45.  Bu Mince adalah guru Bahasa Inggris. Bu Mince bekerja sama dengan guru Matematika dan IPA untuk merancang pembelajaran (intrakurikuler) berbasis proyek terpadu yang menggabungkan ketiga mata pelajaran. Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan analisis data dan pemahaman ilmiah siswa. Namun, Bu Mince khawatir bahwa fokus pada tujuan bersama ini akan membuat tujuan mata pelajaran Bahasa Inggris menjadi kurang jelas. Apabila Anda adalah Bu Mince, yang akan Anda lakukan adalah ...

  • menyampaikan kekhawatirannya kepada rekan guru dan meminta mereka untuk menyesuaikan tujuan proyek agar lebih seimbang
  • mengusulkan proyek yang sepenuhnya terpisah dari tujuan bersama, agar tujuan Bahasa Inggris tetap jelas
  • berkolaborasi untuk merancang proyek yang mengintegrasikan keterampilan analisis data dengan penulisan laporan ilmiah dalam Bahasa Inggris
  • fokus pada tujuan bersama dan tidak terlalu memikirkan tujuan Bahasa Inggris, karena proyek ini bersifat terpadu
  • menyusun proyek dengan fokus utama pada keterampilan analisis data dan pemahaman ilmiah, aspek Bahasa Inggris sebagai tambahan

46.  Sekolah Anda menerima laporan bahwa salah satu guru terlibat dalam tindakan yang tidak etis dan mencemarkan nama baik sekolah. Kepala sekolah meminta Anda untuk menangani situasi ini. Yang akan Anda lakukan adalah

  • fokus pada nama baik sekolah dalam investigasi dan tindak lanjut hasil investigasi
  • melakukan investigasi serta tindak lanjut berdasarkan hasil investigasi
  • menutup-nutupi kejadian dan berharap masalahnya hilang dengan sendirinya
  • fokus pada pemulihan dan pengatasan trauma pada pihak-pihak yang dirugikan
  • fokus pada penyebab mengapa hal itu terjadi agar peristiwa serupa tidak terjadi di kemudian hari

47.  Di sekolah TNB, terdapat ketegangan antara Bu Mirna guru bahasa Indonesia dengan Pak Salim guru IPS terkait pelaksanaan pentas seni. Bu Mirna merasa bahwa Pak Salim dan beberapa guru muda lainnya tidak mengikuti saran atau instruksi yang diberikan. Sebaliknya, Pak Salim dan guru muda lainnya merasa bahwa Bu Mirna terlalu otoriter dan tidak mau menerima ide-ide baru yang mereka usulkan. Ketegangan ini menyebabkan suasana kerja menjadi tidak kondusif, dan komunikasi antara dua kelompok guru tersebut menjadi terhambat. Jika Anda sebagai bagian dari guru muda lainnya, bagaimana Anda akan mengatasi hal tersebut?

  • Melaporkan masalah ini kepada kepala sekolah agar dapat mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengatasi ketegangan.
  • Mengadakan rapat terbuka yang dihadiri oleh seluruh staf pengajar untuk mendiskusikan masalah dan mengambil keputusan bersama.
  • Mengembangkan program mentoring di mana guru senior membimbing guru junior, sekaligus membuka ruang bagi guru junior untuk berbagi ide dan pendekatan baru.
  • Mengadakan pertemuan khusus antara Bu Mirna dan guru-guru muda untuk membahas permasalahan dan mencari solusi bersama.
  • Mengabaikan ketegangan dan tetap fokus pada tugas masing-masing dengan harapan masalah akan mereda dengan sendirinya.

48.  Pak Fadhil merupakan seorang ayah tunggal yang memiliki anak usia 4 tahun yang dititipkan di taman PAUD dekat sekolah tempat Pak Fadhil mengajar. Hari itu, Pak Fadhil memiliki jadwal mengajar mulai pagi hingga menjelang makan siang sementara pada saat yang bersamaan Pak Fadhil mendapat undangan rapat MGMP dan anaknya mengikuti lomba mewarnai yang akan dimulai pagi. Apa yang akan Anda lakukan jika berada di posisi Pak Fadhil?

  • Mengantarkan anak ke sekolah lebih awal, mengajar seperti biasa lalu menghadiri rapat MGMP walau terlambat dan meminta kerabat untuk mendampingi anak di lomba mewarnai.
  • Meminta izin kepada kepala sekolah untuk menghadiri rapat MGMP dan meninggalkan kelas sebentar untuk mendampingi anaknya di lomba mewarnai.
  • Menyusun jadwal pengganti dengan sesama guru untuk mengajar di kelas, sehingga bisa fokus mendampingi anaknya di lomba mewarnai dan menghadiri rapat MGMP.
  • Mengatur jadwal mengajar dengan sesama guru agar bisa menghadiri lomba mewarnai anaknya sebentar, kemudian kembali mengajar dan menghadiri rapat MGMP.
  • Meminta izin kepada kepala sekolah untuk tidak mengikuti rapat MGMP dan fokus mengajar serta mendampingi anaknya di lomba mewarnai.

49. Pak Heri adalah seorang guru yang ramah dan mudah akrab dengan peserta didik. Suatu hari, seorang peserta didik melapor ke ruang BK bahwa ia melihat Pak Heri sedang berbincang berdua dengan seorang siswi perempuan sepulang sekolah. Pak Heri juga terlihat akrab dan tidak menjaga jarak dengan siswi tersebut. Situasi tersebut berkembang menjadi isu yang cepat tersebar di kalangan siswa dan guru. Jika Pak Heri menanyai Anda sebagai sesama guru perihal situasi tersebut, sikap yang sebaiknya Anda lakukan adalah

  • Mengingatkan Pak Heri tentang pentingnya menjaga jarak profesional dengan siswa untuk menghindari situasi serupa di masa depan.
  • Menyarankan Pak Heri untuk berbicara dengan siswa-siswi untuk menjelaskan bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan.
  • Menyampaikan dukungan Anda kepada Pak Heri dan menyarankan agar dia tidak perlu khawatir dengan isu tersebut.
  • Menghindari terlibat dalam masalah tersebut dengan mengatakan kepada Pak Heri bahwa Anda tidak tahu apa-apa tentang situasinya.
  • Memberitahu Pak Heri bahwa sebaiknya dia segera mengadakan pertemuan dengan kepala sekolah untuk memberikan klarifikasi.

50. Bu Vina merupakan guru yang baru dipindahkan ke sekolah lain. Ada peserta didik yang cepat memahami pelajaran, sementara yang lainnya memerlukan waktu lebih lama untuk memahami materi yang sama. Bagaimana sikap yang paling tepat bagi Bu Vina dalam menghadapi situasi ini?

  • Menyampaikan kepada peserta didik bahwa mereka harus belajar lebih keras agar bisa menyamai teman-temannya yang lebih cepat memahami.
  • Mengadakan diskusi dengan seluruh kelas untuk menemukan metode belajar yang paling nyaman untuk semua peserta didik.
  • Mengajak peserta didik yang lebih cepat memahami untuk membantu teman-temannya yang memerlukan lebih banyak waktu.
  • Membagi peserta didik berdasarkan kemampuan mereka dan memberikan materi yang berbeda sesuai tingkat kemampuan masing-masing.
  • Mengabaikan perbedaan tersebut dan memberikan pelajaran dengan cara yang sama untuk semua peserta didik.